Pada artikel kali ini, daytekno.com akan mencoba menyajikan sebuah artikel yang akan membahas mengenai bagaimana cara memperbaiki HP Xiaomi yang mati total akibat kena air, yang dapat  digunakan sebagai sebuah bahan referensi pengetahuan, bagi kamu para pengguna perangkat handphone dengan merk Xiaomi yang mengalami permasalahan tersebut.

Dari sekian banyak faktor penyebab yang membuat sebuah perangkat handphone Xiaomi menjadi mati total adalah karena terkena air. Layaknya sebuah perangkat elektronik pada umumnya, sebuah perangkat handphone juga akan mengalami konsleting jika terkena air dapat mengakibatkan perangkat handphone tersebut tidak dapat dihidupkan kembali atau menjadi mati total (matot).

Apabila sebuah perangkat handphone Xiaomi sudah mengalami konsleting akibat terkena air, langkah perbaikan yang paling tepat dan efektif untuk dilakukan adalah mendatangi gerai service center Xiaomi guna melakukan penggantian beberapa komponen yang mengalami kerusakan akibat konsleting, yang mungkin saja akan memakan biaya perbaikan dan penggantian yang cukup variatif, tergantung seberapa parah tingkat kerusakan yang dialami.

Namun harus kamu ingat. layanan asuransi tidak akan bertanggung jawab untuk melakukan cover pembiayaan perbaikan jika kerusakan yang timbul diakibatkan perangkat yang terkena air, meskipun perangkat handphone tersebut masih berada dalam masa garansi. Oleh sebab itu, mungkin kamu perlu melakukan beberapa tindakan perbaikan secara mandiri, guna memangkas biaya perbaikan yang akan ditanggung.

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total Kena Air

Cara Memperbaiki HP Xiaomi Mati Total Kena Air

Bagi kamu para pengguna perangkat handphone Xiaomi yang mengalami permasalahan berupa perangkat yang mati total yang disebabkan karena terkena air, berikut ini ada beberapa tindakan perbaikan yang dapat kamu lakukan:

Baca Juga;  8 Makanan Ini Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

1. Segera keluarkan dari air

Langkah pertama yang harus segera kamu lakukan apabila perangkat handphone Xiaomi milikmu masuk atau terendam ke dalam air adalah segera mengangkat atau mengeluarkan handphone dari air. Pasalnya, semakin lama sebuah perangkat elektronik terendam air, potensi kerusakan yang akan dialami oleh perangkat tersebut akan menjadi lebih besar.

2. Mematikan handphone

Pada umumnya, sebuah perangkat handphone tidak akan sektika mati apabila terkena air. Namun justru hal tersebut merupakan sebuah kondisi yang berbahaya, karena dapat menimbulkan terjadinya konsleting. Oleh sebab itu, segera mematikan perangkat handphone apabila terkena atau masuk ke dalam air menjadi langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan.

3. Melepaskan baterai

Jika perangkat handphone Xiaomi milikmu yang terkena air masih menggunakan baterai dengan sistem dapat dibongkar pasang, usahakan secepat mungkin untuk mencopot baterai handphone. Tindakan tersebut berujung untuk memutus energi listrik yang masuk, sehingga membantu meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih lanjut.

Namun bagi kamu para pengguna HP Xiaomi dengan model baterai tanam, kamu tidak perlu khawatir. Dengan mematikan perangkat sesegera mungkin setelah perangkat terkena air merupakan tindakan yang sudah cukup untuk dilakukan.

4. Mengeluarkan sim card dan microSD

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ketika perangkat HP Xiaomi milikmu terkena atau masuk ke dalam air adalah segera mengeluarkan sim card dan microSD. Tindakan tersebut bertujuan agar air yang masuk ke dalam handphone dapat keluar melalui lubang slot sim card dan microSD.

5. Mengeringkan perangkat handphone

Setelah beberapa tindakan di atas telah selesai kamu lakukan, jangan pernah untuk langsung menghidupkan kembali HP Xiaomi yang terkena air tersebut. Pastikan terlebih dahulu handphone benar-benar sudah kering sebelum kembali menghidupkannya.

Baca Juga;  Oppo Bawa Kesegaran Android 11 ke ColorOS 11, Seperti Apa?

Lalu bagaimana cara mengeringkan perangkat handphone Xiaomi yang terkena air? Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengeringkan perangkat handphone yang terkena air, yang dapat kamu coba praktekan:

  • Masukan ke dalam beras

Memasukan perangkat handphone ke dalam beras apabila terkena air nyatanya bukanlah sebuah mitos belaka. Pasalnya, tindakan ini dinilai cukup efektif untuk mengeringkan handphone, karena dengan dengan memasukkan handphone yang terkena air ke dalam beras dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa kelembaban yang ada di dalam handphone.

Lepaskan terlebih dahulu beberapa komponen yang dapat dilepas seperti, bateri (jika memungkinkan), mikroSD dan sim card. Setelah itu masukan handphone yang basah ke dalam beras selama kurang lebih 48-72 jam, dengan memastikan seluruh bagian perangkat benar-benar terkubur.

  • Sedot menggunakan vacum cleaner

Jika kamu mempunyai alat vacum cleaner, kamu dapat menggunakan alat tersebut untuk membantu mengeluarkan air yang ada di dalam handphone. Kamu dapat melakukan tindakan penyedotan menggunakan alat tersebut melalui lubang USB, slot sim card maupun slot microSD. Metode ini dinilai lebih cepat untuk mengeringkan sebuah perangkat handphone yang basah, dibanding dengan menguburnya di dalam beras.

Tingkat keberhasilan mengeringkan handphone Xiaomi yang basah dengan menggunakan metode ini tergantung dari jumlah air yang masuk ke dalam perangkat. Semakin banyak air yang masuk, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penyedotan tentu lebih lama untuk membuat perangkat menjadi benar-benar kering.

  • Semprot dengan menggunakan kompresor

Cara selanjutnya untuk mengeringkan perangkat handphone yang terkena air adalah dengan melakukan penyemprotan menggunakan kompresor. Namun jika kamu menggunakan cara ini, pastikan tekanan angin yang kamu atur jangan terlalu tinggi (menggunakan PSI rendah), agar tidak merusak komponen yang ada di dalam handphone.

Baca Juga;  TikTok Perketat Aturan, Remaja Muda Dilarang Live Streaming

Setelah mengatur tekanan udara yang tepat, langkah selanjutnya adalah meniupkan udara ke permukaan hp Xiaomi yang terkena air dan ke port yang tersedia, seperti port USB, MicroSD, dan SIM Card. Setelah itu, jangan langsung menghidupkan ponsel pintar tersebut. Biarkan selama sekitar 24 jam, kemudian baru dihidupkan dan periksa apakah ponsel yang terkena air masih dapat menyala atau tidak.

  • Menggunakan kipas angin

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga dapat mencoba mengatasi hp Xiaomi yang terkena air dengan meletakkan smartphone tersebut di atas handuk atau permukaan penyerap lainnya. Setelah itu, nyalakan kipas angin dan arahkan ke arah smartphone.

Namun, kami lebih merekomendasikan metode merendam smartphone ke dalam beras dan menunggu selama 7 hari hingga benar-benar kering sempurna.

Penting untuk kamu ketahui, jangan sekali-sekali untuk mengeringkan perangkat handphone yang terkena air dengan menggunakan hair dryer. Meskipun alat ini cukup efektif untuk mampu mengeringkan sebuah perangkat handphone yang basah dalam waktu yang cepat, namun cara ini justru berbahaya untuk dilakukan. Pasalnya, suhu panas yang dikeluarkan oleh hair dryer dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen handphone.

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika perangkat handphone Xiaomi milikmu mati total karena kena air. Semoga dengan menerapkan beberapa langkah-langkah perbaikan di atas, permasalahan mati total yang dialami oleh handphone Xiaomi milikmu dapat segera teratasi, tanpa harus membawanya ke gerai service center.

Terimakasih telah membaca……

0
Bagikan:
x