Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Avatar
Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Dalam sistem kelistrikan sebuah mobil, koil merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan sangat penting. Berfungsi sebagai komponen yang menaikkan tegangan listrik dari aki menuju busi guna menghasilkan percikan api di ruang bakar, memastikan koil tetap berada dalam kondisi yang baik menjadi hal yang harus diperhatikan guna menunjang kenyamanan penggunaan mobil di keseharian.

Namun sayangnya, koil bukanlah sebuah komponen yang memiliki daya tahan pakai lama(rentan). Seringkali ditemukan permasalahan koil rusak yang berakibat pada kinerja mobil yang tidak dapat maksimal karena ada gangguan pada sistem pengapian.

Jika permasalahan tersebut sedang kamu alami saat ini, jangan panik terlebih dahulu, karena pada artikel kali ini daytekno.com akan menjelaskan bagaimana trik dan cara memperbaiki koil mobil yang rusak.

Ciri-ciri Koil Mobil Mengalami Kerusakan

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Sebagai bahan referensi dan pengetahuan, berikut ini ada beberapa ciri-ciri yang akan kamu temui dan ditunjukan, jika komponen koil pada mobil milikmu mengalami kerusakan:

  1. Koil akan terasa panas ketika dipegang.
  2. Adanya percikan api pada bagian koil.
  3. Bunga api yang keluar dari busi terlihat tidak normal, bisa terlihat lebih kecil atau bahkan terlihat lebih besar.
  4. Mesin mobil tidak dapat dihidupkan.
  5. Kinerja starter mobil menjadi lebih sulit dari biasanya.
  6. Terjadi kematian mendadak pada mesin mobil
  7. Performa mesin menjadi tidak optimal dan tidak stabil

Penyebab Koil Mobil Rusak

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara memperbaiki koil mobil yang rusak, alangkah baiknya kamu juga mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kerusakan pada koil mobil. Berikut ini adalah beberapa hal atau faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada koil mobil:

  1. Masa pakai koil yang sudah terlalu lama.
  2. Pernah melakukan pergantian dengan komponen koil yang memiliki kualitas tidak bagus.
  3. Mesin yang tidak memiliki sistem radiator atau pendingin yang baik, sehingga mengakibatkan suhu mesin menjadi terlalu panas.
  4. Adanya kebocoran pada kabel sistem kelistrikan.
Baca Juga;  Hindari Tsunami, Mobil Bukan Tempat Aman Untuk Berlindung

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Untuk cara memperbaiki koil mobil yang mengalami kerusakan haruslah disesuaikan dengan faktor penyebab terjadinya kerusakan tersebut. Berikut ini ada tiga cara perbaikan yang dapat kamu lakukan jika koil mobilmu mengalami kerusakan, sesuai dengan faktor penyebabnya:

1.Kerusakan akibat suhu panas

Faktor penyebab yang paling umum dan sering terjadi sehingga membuat koil pada sebuah kendaraan mobil menjadi rusak atau tidak berfungsi secara baik adalah adanya suhu panas yang berlebihan pada mesin. Jika hal tersbut terjadi, bunga api yang keluar dari busi tidak dapat muncul akibat adanya gangguan pada sistem kelistrikan.

Cara memperbaiki permasalahan pada koil yang disebabkan oleh faktor tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan pengompresan menggunakan lap basah pada bagian koil, lalu diamkan beberapa saat. Namun ini hanyalah penanganan sementara, langkah baiknya kamu harus tetap membawa mobilmu ke tempat service agar dilakukan perbaikan secara menyeluruh.

2.Kerusakan akibat kebocoran listrik

Pada umumnya, timbulnya kebocoran arus listrik pada sistem kelistrikan mobil sehingga membuat koil tidak dapat berfungsi secara optimal adalah terkelupasnya atau putusnya kabel busi. Jika hal tersebut terjadi, pengapian yang berasal dari koil akan melompat mencari bodi koil. Kenapa demikian? hal tersebut disebabkan oleh aliran listrik yang berasal dari koil akan secara otomatis mencari jalan tercepat untuk dapat menuju massa.

Jika hal tersebut terjadi, langkah perbaikan yang dapat kamu lakukan adalah melakukan penyambungan ulang atau menutup bagian kabel yang terputus dengan menggunakan lem atau perekat yang tentu saja harus memiliki daya ketahanan rekat yang sangat baik. Sangat dianjurkan kamu untuk menggunakan lem besi atau plastic steel sebagai bahan. Setelah itu, pastikan juga cup busi pada kendaraan yang kamu miliki masih dalam keadaan bagus.

Baca Juga;  Kiat Sederhana Memeriksa Kaki Kaki Mobil

Baca Juga : Cara Memperbaiki Dinamo Ampere Mobil Yang Rusak

3.Tidak keluar bunga api pada komponen busi

Kerusakan pada koil yang paling parah akan mengakibatkan komponen busi tidak mengeluarkan bunga api. Hal ini pada umumnya dikarenakan terhalangnya kontak antara busi dengan koil dengan kerak. Jika hal tersebut terjadi, satu-satunya solusi perbaikan yang dapat kamu lakukan adalah melakukan penggantian komponen koil dengan yang baru.

Untuk harga penggantian koil baru, berdasarkan harga yang ditawarkan di beberapa marketplace, koil dengan tipe standar dibandrol dengan harga berkisar antara 200 ribu hingga 750.000, tergantung merk dan jenis dari kendaraan mobil yang kamu miliki

Memastikan koil masih berada dalam keadaan fisik yang sempurna perlu untuk kamu lakukan juga. Jangan menggunakan koil yang sudah mengalami cacat fisik berupa retakkan atau pecah, guna mengantisipasi timbulnya kerusakan di saat mobil digunakan.

Sekian informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Semoga dengan membaca artikel ini, permasalahan koil mobil yang kamu alami dapat segera teratasi. Nantikan terus artikel-artikel dari daytekno.com, karena kami akan menyajikan informasi yang menarik dan tentu saja juga bermanfaat bagimu. Terimakasih telah membaca..