5 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Dapat Anda Lakukan

5 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Dapat Anda Lakukan

Cara mendapatkan uang dari Tiktok mungkin sudah diketahui sebagian orang. Tidak hanya untuk hiburan saja, namun Tiktok juga ternyata dapat menghasilkan uang.

Saat ini, pengguna Tiktok tidak hanya dari kalangan anak muda ataupun remaja saja. Namun dewasa hingga orang tua pun kini menggunakan Tiktok. Entah hanya untuk melihat video-video atau bahkan juga membuat konten video.

Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Dapat Anda Lakukan
Foto: digitek.id

Begini Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok 

Fenomena penggunaan Tiktok dari remaja hingga orang tua tersebut tidak lepas dari pemanfaatan platform tersebut untuk menghasilkan uang. Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar Tiktok menghasilkan uang.

Aplikasi asal China yang dirilis pada 2016 lalu itu menjadi salah satu aplikasi yang sukses mendapatkan respon dari netizen. Saat ini sudah ada satu miliar pengguna aktif Tiktok dari seluruh dunia.

Ada beberapa cara alternatif yang dapat Anda jadikan sebagai jalan mendapatkan uang dari Tiktok. Baik sebagai pemula, akun personal maupun pemilik brand tertentu.

Sponsored Content Post

Cara mendapatkan uang dari Tiktok yang pertama adalah Anda berperan sebagai influencer Tiktok yang mempromosikan sebuah brand tertentu. Bisanya, brand akan melirik akun Anda dengan melihat jumlah followers, like serta tayangan video. Sehingga mereka dapat mengukur engagement content creator Tiktok.

Dengan cara seperti itu mereka dapat menilai apakah Anda cocok dijadikan sebagai target market dari brand mereka. Oleh sebab itu, agar mendapat tawaran dari sebuah brand, Anda harus menaikkan followers ke angka seribu atau lebih.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan followers Tiktok. Pertama dengan menemukan niche konten, kemudian mengupload video yang menarik, edit video anda sebelum di post secara konsisten dan terjadwal.

Melakukan optimalisasi profile Tiktok dengan mengikuti challenge yang sedang viral. Berkolaborasi dengan pengguna Tiktok lainnya. Mengunggah konten ke media sosial yang lain seperti Instagram atau Facebook. Keemudian, Anda harus mengupload video pada jam-jam prime time.

Payout Coins atau Donasi

Ketika follower Anda sudah tinggi, maka akan dapat menghasilkan uang dari Tiktok dengan donasi yang diberikan fans atau pengikut ketika Anda melakukan live streaming di Tiktok. Pada saat live streaming, para viewer dapat memberikan stiker gift yang dapat Anda tukar dengan uang.

Pada umumnya, stiker tersebut akan dikirimkan viewer sebagai bentuk apresiasi untuk content creator dalam membuat konten Tiktok. Sehingga usahakan membuat konten yang bermanfaat dan disukai banyak orang.

Tiktok Manager

Cara mendapatkan uang dari Tiktok selanjutnya adalah dengan mengelola sebuah akun Tiktok seseorang agar lebih berkembang. Sasarannya juga bukan hanya content creator saja, tapi brand ataupun perusahaan yang menggunakan Tiktok sebagai media promosi bisnis.

Tugas seorang Tiktok Manajer biasanya adalah meningkatkan jumlah followers, like dan juga tayangan video hingga engagement. Kemudian mengatur strategi content marketing dan mengembangkan ide kreatif konten Tiktok. Mengelola tawaran kerjasama dan hal lainnya yang dapat menghasilkan uang.

Cara mendapatkan uang dari Tiktok yang satu ini sangat cocok untuk yang memahami dunia marketing. Aplikasi Tiktok sendiri tidak menutup kemungkinan akan viral hanya dalam waktu satu malam saja. Oleh sebab itu, sebagai seorang Tiktok Manajer, Anda harus memahami betul mengenai viral marketing.

Jual Beli Akun Tiktok

Ketika Anda sudah ahli dalam membangun engagement dengan followers, cara terbaik untuk menghasilan uang adalah dengan jual beli akun Tiktok. Cara kerjanya sangat simpel, yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun yang fokus pada minat serta topik tertentu.

Menumbuhkan jumlah followers, like serta jumlah tayangan dan engagement. Membangun komunitas dengan content creator yang memiliki minat dan topik yang sama. Kemudian setelah akun tersebut menjadi besar, anda dapat menjual kepada brand atau perusahaan dalam bidang yang sama.

Kenapa harus dijual ke brand atau perusahaan dalam bidang yang sama? Sebab target promosi mereka adalah orang-orang dengan minat yang sama dengan bisnis yang mereka kelola. Sedangkan akun Anda membangun sesuai dengan kebutuhan brand. Sehingga membantu brand untuk bertemu dengan target market mereka.

Cara mendapatkan uang dari Tiktok ini cukup efektif mengingat ada banyak brand yang belum dapat menghandle akun Tiktok dari nol. Sehingga dapat membangun akun sebanyak yang Anda bisa. Tentunya hal tersebut mengharuskan Anda untuk bereksperimen dengan membangun community marketing dan mengelola banyak dengan berbagai minat dan topik.

Agensi Influencer

Merupakan salah satu cara yang menghubungkan antara brand yang ingin iklan atau promosi melalui influencer Tiktok. Biasanya agensi ini sebagai perantara, koordinator serta manajemen dari terjadinya perjanjian iklan.

Sebagai contoh dengan mencarikan influencer yang cocok, mengatur konsep iklan dan mengatur kerjasama. Dalam aplikasi Tiktok sendiri sudah memiliki platform khusus untuk Creator Marketplace. Dimana ada fitur spesifik yang memungkinkan Anda bekerja sama dengan influencer.

Namun biaya yang dikeluarkan cukup besar, sebab harus dibagi dengan influencer, pembuat konten serta komisi untuk Tiktok sendiri. Sehingga dalam keadaan inilah Anda dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan penawaran Tiktok dan sebagai inilah cara mendapatkan uang dari Tiktok untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x