Halo Sobat DayTekno, Google drive merupakan layanan penyimpanan online yang disediakan google secara gratis untuk penggunanya. Google drive atau yang disingkat G-drive memiliki banyak pengguna. Pasalnya setiap hp android pasti sudah dilengkapi dengan aplikasi G-Drive. 
Bahkan google drive memberikan penyimpanan online yang cukup besar yaitu 15GB. Semua jenis file bisa sobat DayTekno simpan di Google drive.
Namun dibalik penyimpanan sebesar itu, Google drive memiliki kelemahan dalam hal menyimpan dokumen dan berkas. Namun sobat DayTekno juga tidak langsung menuduh itu kekurangan G-Drive. Sebab kelemahan itu bisa saja dari perangkat sobat DayTekno, ntah hp, koneksi internet, dan lain sebagainya.
Cek koneksi internet apakah sudah terhubung dengan wifi agar proses mengunggah file berjalan lancar. Untuk pengguna handphone android kelemahan ini bisa terlihat lho. Biasanya jika sobat Day Tekno akan upload berkas ke google drive menggunakan data seluler bisa ditunda sementara dan akan melanjutkan jika ponsel terhubung ke wifi.
Kok bisa begitu min? Intinya Google Drive hanya mengizinkan unggah file melalui jaringan wifi. Jika sobat Day Tekno menggunakan data seluler akan terjadi kendala ditunda sementara sampai hp sobat terhubung ke wifi untuk melanjutkan upload filenya.
Lalu gimana cara memperbaiki google drive tidak bisa upload file min? Santai sob, Day Tekno sudah punya cara memperbaiki dan mengatasinya….

Cara Mengatasi Google Drive Gagal Upload File

Cara Mengatasi Gagal Upload File Ke Google Drive

1. Periksa Status Google Drive

Google Drive sangat baik dalam hal uptime. Mustahil jika Sobat DayTekno menemukan G-Drive tidak berfungsi semestinya. Alangkah baiknya jika sobat memeriksa G Suite Dashboard Status apakah ada error sebelum mengambil tindakan sendiri. Namun jika Sobat DayTekno menemukan Google Dribe sedang down jangan panik dulu sob, itu hanya masalah tunggu saja sampai selesai.

2. Putuskan Lalu Hubungkan Kembali Akun Google

Jika Sobat DayTekno telah mengunduh backup and sync, ada beberap hal yang bisa sobat lakukan agar proses upload file berjalan semestinya. 
• Langkah pertama memutuskan dan menghubungkan kembali akun google sobat ke aplikasi
• Buka Backup and Sync dengan mengkil ikon cloud di pojok kanan bawah.
• Klik ikon menu titik tiga > preferences > setting > diconect akun
Cara memperbaiki google drive gagal upload file
Setelah akun sobat terputus
• Klik ikon Backup and Sync lagi
• Lalu login dengan akun google sobat
Yah meskipun proses sinkronisasi memakan waktu cukup lama, namun unggahan file sobat harus segera diselesaikan.

3. Non Aktifkan Ad Blocker Untuk Google Drive

Cara memperbaiki gagal upload file ke google drive
Pemblokir iklan seperti Ublock Origin dan AdGuard seharusnya berfungsi normal di G-Drive. Umumnya mereka memblokir iklan yang sudah diketahui sebelumnya. 
Namun akhir-akhir ini telah dilaporkan berbagai ekstensi browser seperti AdGuard. Terkadang dapat memblokir dokumen yang akan sobat upload bahkan bisa sampai memblokir akses internet ke akun google sobat.
Jika di browser sobat memiliki pemblokir iklan, coba untuk menonaktifkan di situs Google Drive. 

4. Restart atau Install Ulang Backup and Sync

Cara mengatasi google drive gagal upload file
Klik icon cloud Backup and Sync di notifikasi, lalu klik icon menu jika sudah terbuka pilih quit backup and sync. 
Untuk membuka lagi, ketik backup and sync di pencarian windows pada menu start dan buka aplikasi desktop dari sana.
Untuk menginstall kembali backup and  sync, hapus installasinya dengan klik kanan menu start, klik apps&features lalu copot dari daftar dan pasang kembali.

5. Split File Upload Menjadi Bagian Kecil

Google mampu menangani file dengan ukuran 5TB (dengan catatan, kecuali jika file google drive seperti dokumen, dalam hal ini hanya 50MB). Meskipun google mampu mengunggah file dalam ukuran besar sekaligus. Mungkin internet sobat tidak mampu mencoba mengunggah file ratusan GB sekali unggah. 
Jika hal ini terjadi, cobalah masuk ke folder lalu pilih file dan unggah satu persatu ke google drive sebagai file individual. File-file tersebut akan mengantri upload hingga tiba gilirannya. 
Agar sobat tidak perlu mengatur file satu persatu. Sobat buat folder terlebih dahulu untuk meletakan file google drive yang akan diunggah. 

6. Gunakan Jendela Penyamaran/Tab Samaran

Cukup buka jendela penyamaran baru di browser, masuk ke google drive dan coba untuk upload file kembali.
Untuk membuka jendela pribadi pada hp buka browser chrome, pilih titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih tab samaran baru. Kemudian ketik google drive di tab samaran baru tersebut.
Untuk membuka jendela pribadi di PC klik CTRL+SHIFT+N atau CTRL+SHIFT+P di browser.  Yah meskipun sobat bisa membuka secara manual lewat browser sobat langsung.

7. Bersihkan Data Browser

Cookie dan chace mempermudah dan mempercepat kita saat jelajah suatu website. Namun hal ini bisa menjadi satu penyebab gagal upload file ke google drive. 
Untuk menghapus chace dan cookie di google chrome, klik history lalu pilih hapus data penjelajahan atau clear browsing data.

8. Gunakan Browser yang Berbeda

Sobat DayTekno bisa mencoba menggunakan browser Opera jika Chrome sobat tidak bisa. Kesalahan juga bisa terjadi karena browser yang sobat pakai tidak mendukung google drive. 
Sobat juga bisa memperbarui browser sobat ke versi terbaru. Jika ini tidak membantu tunggu hingga ada pembaruan lagi yang mungkin bisa memperbaiki masalah.

9. File Mungkin Bermasalah

Untuk mengetahui masalah ini, sobat DayTekno bisa menguji dengan upload tiga file berbeda sekaligus. Amati apa ketiga file tersebut berhasil terunggah, jika iya maka file yang akan sobat unggah ada masalah. 
Untuk mengatasinya, coba ganti nama dan format file. Hindari penggunaan karakter pada nama (seperti?<>/). Jika ukuran file lebih dari 2GB coba untuk membagi dan kemudian unggah. 
Nah itu lah cara mengatasi file gagal upload ke google drive. Baca Juga Cara Merubah File PDF menjadi DWG Autocad