Hingga saat ini, bootloop memang masih menjadi salah satu permasalahan yang cukup ditakuti oleh para pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan pada HP yang terkena permasalahan bootloop, tampilan layar akan secara otomatis berhenti hingga logo, sehingga HP tidak akan dapat dipergunakan kembali secara normal.

Bootloop merupakan sebuah permasalahan yang terjadi pada sebuah perangkat handphone yang disebabkan oleh adanya proses booting secara terus menerus sehingga mengakibatkan perangkat tidak dapat masuk secara normal ke dalam sistem.

Pada dasarnya, semua merk HP berpotensi untuk mengalami permasalahan bootloop ini. Adanya error pada sistem perangkat lunak yang terinstal dan juga adanya permasalahan driver yang tidak dapat tersambung dengan baik menjadi dua penyebab umum pemicu timbulnya permasalahan bootloop pada HP.

Namun kali ini, daytekno.com akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi HP dengan merk Xiaomi yang mengalami permasalahan Bootloop. Bagi kamu yang penasaran akan topik pembahasan pada artikel kali ini, simaklah artikel ini dengan cermat dan lengkap!

Penyebab Bootloop pada HP Xiaomi

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Setelah sebelumnya sudah diuraikan pada penjelasan di atas tentang dua faktor umum yang dapat menjadi penyebab terjadinya bootloop pada sebuah HP, berikut ini ada 7 faktor lainnya, baik faktor internal maupun eksternal, yang juga dapat memicu terjadinya bootloop pada HP Xiaomi:

  1. Sudah penuh atau rusaknya penyimpanan internal pada perangkat.
  2. Adanya kegagalan dalam melakukan pembaruan sistem sebagai akibat dari rusak atau penuhnya penyimpanan internal perangkat.
  3. Adanya sebuah tindakan yang dilakukan oleh pengguna untuk mencoba menerapkan sebuah perangkat lunak khusus yang tidak benar ( contohnya: tindakan rooting)
  4. Terjadinya kerusakan pada fisik perangkat.
  5. Terinstalnya aplikasi dari pihak ketiga yang berpotensi mengganggu proses booting perangkat.
  6. Adanya kesalahan dalam pengaturan permission pada pengaturan perangkat
  7. Pengguna melakukan tindakan pengubahan pada isi script yang terdapat di dalam folder sistem atau aplikasi.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Setelah mengetahui pengertian dan juga beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya bootloop pada sebuah perangkat Handphone, berikut ini ada beberapa cara yang dpat digunakan untuk mengatasi permasalahan bootloop yang terjadi pada HP Xiaomi:

Baca Juga;  Cara Menghapus Akun Tantan dan Chat di Dalamnya

1. Mencoba  melakukan factory reset

Opsi perbaikan pertama yang dapat dipilih untuk mengatasi terjadinya bootloop pada sebuah HP Xiomi adalah dengan melakukan tindakan factory reset. Factory reset merupakan sebuah tindakan untuk mengembalikan perangkat lunak perangkat elektronik ke kondisi sistem aslinya dengan menghapus semua data, pengaturan, dan aplikasi yang sebelumnya tersimpan di perangkat.

Jika ingin menggunakan tindakan ini, pastikan terlebih dahulu HP Xiaomi yang dimiliki berada dalam kondisi sebagai berikut:

  • Bootloop yang terjadi merupakan bootloop yang ringan, yang ditandai dengan masih dapat menyala dan masuk ke dalam menu home screen.
  • Perangkat telah menggunakan chipset Mediatek dan Snapdragon.
  • Kapasitas daya baterai perangkat minimal masih terisi 70%.

Setelah dirasa beberapa hal diatas dapat dipenuhi oleh perangkat HP Xiaomi yang dimiliki, berikut ini adalah langkah-langkah tindakan factory reset yang dapat dilakukan:

  1. Matikan perangkat dan pastikan perangkat telah benar-benar mati
  2. Lakukan penekanan kombinasi tombol secara bersamaan ( tombol power + volume atas) hingga layar masuk ke dalam mode recovery. Dalam hal ini, mungkin kombinasi tombol yang digunakan untuk dapat masuk ke dalam mode recovery di masing-masing type HP Xiaomi akan berbeda. Maka dari itu, perlunya kamu untuk mencoba mencari bahan referensi terlebih dahulu.
  3. Pada tampilan menu utama, pilih “wipe data” kemudian pilih “wipe data all”
  4. Pilih “confirm” agar proses factory reset dapat segera dilakukan.
  5. Klik “back to main men”
  6. Kemudian  pilih “reboot”, lalu “reboot system”.
  7. Proses factory reset pada HP Xiaomi telah selesai dilakukan. Sistem akan secara otomatis melakukan tindakan reset perangkat, dan tunggu hingga tampilan pada layar utama muncul kembali.

2.Menggunakan Mi PC Suite China

Mi PC Suite atau yang mungkin lebih dikenal dengan Mi Assistant merupakan sebuah software organizer yang berfungsi untuk membantu dalam melakukan penyambungan perangkat HP dengan perangkat komputer, membantu perpindahan data dan juga untuk melakukan flashing smartphone Xiaomi/update ROM MIUI.

Baca Juga;  Penyebab dan Cara Memperbaiki Koneksi Wifi yang Lelet

Memiliki beberapa fungsi yang cukup penting, berikut ini adalah kondisi perangkat HP Xiaomi yang mengalami bootloop dan ingin kamu perbaiki dengan menggunakan Mi PC Suite:

  • Bootloop yang dialami masih dalam kategori ringan atau sedang, dengan ditandai masih dapatnya sistem untuk masuk kedalam menu recovery.
  • Perangkat telah menggunakan chipset MediaTek dan Snapdragon (SOC).
  • Kapasitas daya baterai masih terisi lebih dari 70% .

Untuk mengatasi bootloop pada HP Xiaomi menggunakan Mi PC Suite China, pastikan Anda telah mengunduh Mi PC Suite dan ROM Recovery Xiaomi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan smartphone dalam keadaan mati.
  2. Tekan tombol power + volume atas secara bersamaan hingga masuk opsi mode recovery. Gunakan tombol volume untuk navigasi.
  3. Ikuti semua arahan yang ditunjukan pada tampilan layar handphone
  4. Pilih “Connect with MI assistant”.
  5. Hubungkan perangkat HP Xiaomi yang dimiliki dengan perangkat PC/ laptop dengan menggunakan bantuan kabel USB, dan pastikan kembali dua perangkat tersebut telah benar-benar terhubung.
  6. Refresh MI PC Suite.
  7. Pilih “Select ROM Package”
  8. Klik “Quick Flash”, lalu klik “Flash”. Proses ini akan menghapus data yang ada di smartphone dan membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  9. Setelah proses selesai, layar akan menampilkan jendela File Explorer.
  10. Pilih file ROM Recovery dengan format .zip yang telah Anda unduh sebelumnya.
  11. Klik Open.
  12. Tunggu proses verifying ROM Package hingga selesai dan pastikan perangkat tetap terhubung ke jaringan internet.
  13. Jika melihat tanda centang hijau, artinya proses instalasi telah selesai.
  14. Smartphone Xiaomi akan secara otomatis restart dan masuk ke halaman home screen.

3. Menggunakan Mi Flash Tool

Mi Flash Tools merupakan aplikasi gratis yang dibuat oleh Xiaomi Mobile Inc. yang berguna untuk melakukan flashing ROM Xiaomi pada chipset Qualcomm Snapdragon. Jika ingin menggunakan Mi Flash Tool dalam memperbaiki HP Xiaomi yang mengalami bootloop, berikut ini adalah kondisi yang harus  dimiliki oleh perangkat:

  • Smartphone telah menggunakan Xiaomi Chipset (SOC snapdragon)
  • Kapasitas daya baterai masih terisi lebih dari 70%
Baca Juga;  Panduan Cara Install Windows 10 di Virtualbox untuk Pemula

Siapkan terlebih dahulu sebuah perangkat PC/laptop yang sudah terinstal OS Windows 7, dan menonaktifkan driver signature yang terdapat pada perangkat komputer tersebut, dengan menggunakan kabel USB original. Sebelumnya melakukan tindakan perbaikan, ada beberapa file lain yang juga harus dilengkapi antara lain:  Mi Flash Tool, Android USB driver, Bootloader interface 15 seconds ADB installer, dan ROM Fastboot (.tgz).

Setelah semua kondisi dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan perbaikan pada Xiaomi yang mengalami bootloop  dengan menggunakan bantuan Mi Flashtool telah selesai disiapkan, berikut ini adalah langkah-langkah perbaikannya:

  1. Sebelum memulai flashing, pastikan ROM Fastboot sudah diekstrak terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol power + volume untuk masuk ke mode fastboot.
  3. Pastikan smartphone Xiaomi sudah terhubung ke laptop/PC menggunakan kabel USB.
  4. Jika terdapat notifikasi berupa tanda seru (!) pada Device Manager, cobalah untuk mengganti kabel USB dengan kualitas yang lebih baik.
  5. Untuk menggunakan Mi FlashTools, buka folder XiaoMiFlash dan klik XiamiFlash.exe.
  6. Klik kanan dan pilih “Run as administrator’”.
  7. Kemudian pilih “Select” dan arahkan ke folder hasil ekstrak ROM Fastboot.
  8. Setelah itu, klik “OK” dan refresh.
  9. Jika smartphone sudah terhubung dengan benar, maka akan muncul kombinasi huruf dan angka.
  10. Pilih “clean all” dan klik “flash” untuk memulai proses flashing.
  11. Tunggu sampai proses selesai. Setelah proses sudah selesai, smartphone akan restart secara otomatis.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah bootloop pada ponsel Xiaomi. Dari mulai melakukan tindakan factory reset, menggunakan Mi PC Suite China untuk melakukan flashing ROM Xiaomi. dan juga menggunakan Mi Flash Tools untuk flashing ROM Fastboot pada chipset Qualcomm Snapdragon.

Namun, perlu diingat bahwa proses flashing memerlukan kehati-hatian dan keterampilan teknis. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman atau mengikuti panduan yang tepat.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah bootloop pada ponsel Xiaomi Anda. Jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca!

0
Bagikan:
x