6 Cara Mengatasi WhatsApp Error dan Pending, Begini Caranya!

Avatar
Cara mengatasi whatsapp error
Cara mengatasi whatsapp error

Cara mengatasi WhatsApp error bisa dilakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum mengatasinya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan WhatsApp tersebut tidak bisa dipakai.

Karena cara mengatasi WhatsApp error akan berbeda-beda tergantung dengan masalah yang dialami. Jadi pastikan terlebih dahulu masalahnya, baru bisa diatasi dengan tepat.

Cara Mengatasi WhatsApp Error

1. Gunakan Jaringan yang Stabil

Gunakan jaringan yang stabil apabila ingin memanfaatkan fitur yang ada pada WhatsApp. Apabila tidak menggunakan jaringan yang stabil, kemungkinan besar akan sulit untuk menerima pesan.

Cara mengatasi WhatsApp error ini adalah dengan mengubah jaringan atau membeli paket internet yang lebih stabil. Selain itu, bisa juga menggunakan wi-fi agar koneksi internet bisa lebih stabil.

Setelah melakukan penggantian, maka seluruh pesan bisa masuk termasuk dengan media yang dikirim. Bahkan, bisa langsung melakukan download otomatis agar bisa dilihat.

2. Lakukan Update Secara Berkala

Menurut situs EzTekno.com bahwa aplikasi WhatsApp sering error karena belum mendapatkan update. Untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa langsung masuk ke dalam Play Store, lalu mencari WhatsApp.

Klik tombol update yang sudah disediakan di sana agar melakukan proses pemutakhiran secara otomatis. Apabila Anda tidak mau melakukan ini, secara manual bisa langsung di setting untuk update secara otomatis.

Jadi begitu ada pembaruan aplikasi WhatsApp yang sudah dikeluarkan oleh developer, Anda bisa langsung mendapatkannya. Setelah itu, bisa langsung dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

3. Hapus Media yang Berlebihan

Ketika bergabung dengan banyak sekali grup di aplikasi WhatsApp, biasanya secara tidak langsung akan ada gambar dan video yang tersimpan. Apalagi Anda tidak mematikan mode download secara otomatis.

Secara tidak langsung, jumlah media akan sangat meningkat sehingga bisa memenuhi memori yang dimiliki oleh aplikasi. Ini bisa menyebabkan lemot ataupun aplikasi sering mengalami error.

Baca Juga;  5 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok yang Dapat Anda Lakukan

Anda bisa menggunakan aplikasi file Manager yang dimiliki oleh HP. Selain itu, masuk ke dalam folder yang dimiliki oleh WhatsApp lalu hapus seluruh media yang tidak dibutuhkan lagi.

4. Login Ulang

Cara mengatasi WhatsApp error selanjutnya adalah dengan melakukan proses login ulang. Ini bisa terjadi apabila pesan yang ada pada WhatsApp tidak bisa masuk padahal koneksi internet sudah dalam kondisi stabil.

Lakukan pembersihan data pada WhatsApp. Setelah itu, bisa langsung keluar aplikasi untuk melakukan proses login ulang, berikut cara untuk melakukan login ulang.

  •  Tekan WhatsApp selama beberapa detik.
  •  Pilih App Info.
  •  Klik Clear Data.
  •  Pilih Clear All.
  •  Masuk ke WhatsApp.
  •  Lakukan login seperti biasa.

Dengan melakukan panduan di atas, maka Anda sudah berhasil login ulang WhatsApp. Namun, pastikan Anda telah mencadangkan chat agar semua pesan di WhatsApp sebelumnya tidak hilang.

5. Jangan Pakai Versi Mod

Usahakan untuk tidak menggunakan WhatsApp MOD atau versi modifikasi meski fitur yang ada di dalamnya sangat banyak. Biasanya, versi modifikasi dipakai karena menawarkan penambahan privasi.

Sayangnya, aplikasi versi modifikasi sedikit sulit untuk digunakan dan kerap mengalami banned. Itulah kenapa aplikasi tidak bisa digunakan sama sekali.

6. On/Off Mode Pesawat

Cara mengatasi WhatsApp yang error bisa dilakukan dengan mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat. Lakukan secara bergantian tetapi harus ada jeda selama beberapa menit.

Ini harus dilakukan secara rutin untuk melakukan refresh pada jaringan yang digunakan. Biasanya, jaringan yang digunakan mengalami crash sehingga pesan yang harusnya terkirim tidak bisa masuk.

Begitu ada tanda-tanda WhatsApp error seperti tidak bisa menerima pesan. Segera aktifkan mode pesawat, lalu matikan lagi sebanyak sekali untuk menstabilkan jaringan kembali.

Baca Juga;  Data Kelompok Ransomware Conti Bocor, Modus Operandinya Terungkap

Akhir Kata

Cara mengatasi WhatsApp error bisa dilakukan dengan beberapa cara di atas. Pilih salah satu sesuai dengan masalah yang dimiliki oleh WhatsApp Anda agar aplikasi bisa digunakan kembali.

Semoga bermanfaat!