Halo Sobat DayTekno, Gimana kabarnya hari ini? Semoga sehat semua ya. Keyboard wireless merupakan aksesoris tambahan komputer yang mudah dibawa kemanapun kita mau.

Karena tanpa kabel penggunaan makin praktis dan meja kerja lebih terlihat rapih. Saat ini keyboard wireless terbaik sudah banyak bertebaran di toko online. Mulai dari harga murah sampai harga yang mahal.
Cara Menggunakan Keyboard Wireless di Android
Sudah beli keyboard wireless dan belum bisa menyambungkan ke android? Ga usah khawatir sob, DayTekno akan mengulas cara menyambungkan keyboard wireless ke android.
Sebenarnya cara menghubungkan keyboard wireless ke android antara merk satu dengan merk lainnya bisa berbeda. Namun tahapan utama seperti ini ;
  • Atur agar keyboard berada dalam mode pairing / pemasangan / penyambungan
  • Nyalakan bluetooth pada android kemudian lakukan pencarian keyboard untuk mulai proses pairing
  • Memasukan PIN / KEY di keyboard

Cara Menggunakan Keyboard Wireless di Android

Pada tutorial ini mimin menggunakan Keyboard Bluetooth Logitech lebih tepatnya seri K380. Rekomendasi terbaru keyboard terbaik dari ceklist.

1. Posisikan Bluetooth Keyboard dalam posisi pairing

Sobat DayTekno perlu tahu nih bahwa Keyboard Logitech K380 dapat dipasangkan ke 3 perangkat yang berbeda.
Untuk cara pertama kita akan menghubungkan keyboard bluetooth ke android.
  • Tekan dan tahan tombol F1 (samping tombol esc) sampai lampu berkedip. Ini bertujuan agar masuk dalam mode pairing keyboard.
Cara menghubungkan keyboard wireless ke hp android
Note: jika keyboard Sobat DayTekno bukan Logitech, maka baca buku manual di setiap keyboard punya sobat cara masuk ke mode pairing / penyambungan. Pada umumnya dengan menekan tombol tertentu selama beberapa detik. Bisa juga dengan menekan kombinasi tombol seperti Fn+F1 dan lainnya.
Bagi sobat yang ingin menyambungkan perangkat kedua seperti pc atau tv bisa tekan dan tahan F2. Sama halnya jika ingin memasangkan perangkat ketiga cukup tekan dan tahan F3.

2. Masuk Mode Pairing di Android

  • Buka setting / pengaturan
  • Klik Bluetooth lalu nyalakan
  • Klik scan for device / search devices / cari perangkat / tambah perangkat / segarkan
  • Jika sudah muncul nama keyboard bluetooth nya semisal ” Logitech K380 Keyboard ” Lalu klik pada nama tersebut
Cara menghubungkan keyboard bluetooth ke android

3. Masukan PIN / KEY di Keyboard

Setelah Sobat DayTekno klik nama keyboard bluetooth pada cara kedua di atas akan muncul tulisan ” Bluetooth Pairing Request ” dan PIN berupa angka yang perlu sobat ketikan di Keyboard.
Lalu ketikan PINnya di keyboard sebagai contoh disini PIN mimin ialah 898141 lalu klik ENTER.
Cara menyambungkan keyboard wireless ke android
Note: kode setiap perangkat berbeda beda yah sob, jadi jangan memasukan kode punya mimin.
Selesai, keyboard wireless sudah bisa digunakan pada hp android sobat. Nah jika sobat ingin menggunakan keyboard dikemudian hari. Sobat DayTekno tak perlu memasukan PIN atau proses pairing dari awal seperti tadi. Cukup sambungkan langsung ke keyboardnya otomatis akan terhubung.
Nah itu lah cara menyambungkan keyboard wireless ke android. Mudah bukan sob? Untuk cara menghubungkan keyboard bluetooth ke pc atau tv kurang lebih sama seperti cara di atas.