Cara Menggunakan TikTok Secara Mudah Bagi Kreator Pemula

Cara Menggunakan Tiktok Secara Mudah Bagi Kreator Pemula

Cara menggunakan TikTok sebenarnya cukup mudah untuk kita coba. Salah satu aplikasi yang sedang naik daun ini  memiliki fitur yang bervariasi dan mudah untuk kita mengerti.

Selain itu, kita bisa tetap berkonten dengan berbagai kemudahan yang aplikasi sediakan. Video TikTok memiliki trend tersendiri bagi para penggunanya.

Maka membuat konten bisa disesuaikan dengan tren yang sedang naik. Atau bisa juga tetap mempertahankan ciri khas dari konten favorit Anda.

Dewasa ini para mahasiswa atau murid bahkan dituntut untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Tugas yang berupa video dan diunggah ke dalamnya.

Cara Menggunakan Tiktok Secara Mudah Bagi Kreator Pemula

Ketahui Cara Menggunakan Tiktok Secara Mudah

Aplikasi video streaming yang penuh daya tarik ini memiliki pengguna tinggi. Bahkan pada tahun ini menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh.

Nah, bagaimana cara agar bisa menggunakan aplikasi yang satu ini hanya untuk sekedar menikmati konten atau justru ikut berkonten Ria? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba.

Pertama, Download

Cara pertama dalam menggunakan adalah mendownladnya terlebih dahulu. Jika smartphone Anda merupakan Android, maka download dalam Play Store atau App Market. Namun jika menggunakan iPhone, download dalam App Store. Unduh aplikasi TikTok yang resmi.

Kedua, Login

Cara menggunakan TikTok yang kedua adalah mendaftarkan akun. Ketika sudah selesai mendownload, maka akan muncul menu buka. Klik lalu daftar menggunakan email, nomor HP atau bisa menghubungkannya dengan sosial media.

Paling praktis mendaftar menggunakan nomor HP, namun harus yang masih aktif. Karena nanti akan masuk kode untuk verifikasi. Setelahnya barulah akun bisa digunakan.

Ketiga, Mengatur Profil

Jika ingin membuat akun lebih menarik lagi, maka klik menu Saya atau Me pada pojok kanan bawah, lalu edit. Anda bisa mengatur mulai dari username, photo profil, bahkan lainnya. Buat bio semenarik mungkin untuk mendeskripsikan diri masing-masing.

Untuk saling terhubung dengan aplikasi lainnya, Anda bisa menambahkan link Instagram pada bio. Bisa juga Twitter, YouTube, atau bahkan nomor WA.

Keempat, Pelajari Ikon

Cara menggunakan TikTok dimulai dengan memahami ikon yang ada dalam aplikasi ini. Hanya ada lima dan cukup mudah untuk kita pahami. Pada gambar orang paling pojok kanan adalah fitur untuk akun kita. Sedangkan sebelahnya berupa ikon pesan atau chat.

Anda bisa saling bertukar pesan dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Aplikasi ini bisa membuat kita saling memfollow satu sama lain.

Pada ikon plus berbentuk (+) berfungsi untuk membuat konten. Setelah itu, ikon kaca pembesar atau search ini digunakan untuk mencari referensi konten.

Sedangkan ikon terakhir adalah home atau beranda. Kita bisa menyimak segala konten yang sedang trending dan mengikuti berita.

Kelima, Menikmati Konten

Cara menggunakan TikTok bisa kita sesuaikan masing-masing. Jika Anda memilih untuk menjadi penikmat saja, maka bisa langsung klik menu Home.

Menontonnya cukup mudah dan tinggal menggesernya ke atas. Jika ingin meninggalkan jejak, maka klik tanda love untuk menyukai video tersebut.

Dalam aplikasi ini kita bisa saling bertukar komentar dan mengikuti. Nah, untuk memilih tontonan yang kita sukai juga akan lebih mudah dengan mencarinya sendiri.

Klik tombol search, lalu masukkan kata kunci sebuah konten. Misalnya tutorial memasak, hal ini akan langsung muncul video dan akun yang menyediakan video tersebut.

Ketika kita menyukai dan ingin menyimpan video tersebut, caranya mudah. Klik tahan lama video tersebut, lalu akan muncul beberapa pilihan. Kemudian pilih simpan atau download.

Keenam, Membuat Konten

Cara menggunakan TikTok untuk membuat konten sangat mudah. Nah, jika ingin mencoba kreativitas dalam membuat konten dalam aplikasi yang satu ini, maka simak berikut ini.

Klik tombol plus yang berada di tengah bawah. Setelah itu, akan muncul ikon yang cukup banyak sekali untuk membuat sebuah video.

Anda bisa mengunggah video yang sebelumnya direkam dalam kamera HP. Namun bisa juga memvideo ulang secara langsung dalam aplikasi tersebut.

Setelah memilih video, bisa langsung kita edit untuk menambahkan musik atau backsound. Untuk mengatur video dan musik agar sinkron, kita bisa melakukan secara manual atau otomatis.

Ketujuh, Mengedit dan Mengupload Konten

Cara menggunakan TikTok selanjutnya adalah tahap editing. Jika sudah selesai untuk tahap video dan backsound, maka lanjut pada pemilihan filter dan teks.

Aplikasi ini menyediakan fitur teks jika ingin menambahkan. Bahkan jika untuk membuat video lebih menarik, bisa mengatur filter sesuai dengan video.

Video ini bisa Anda unggah setelah semua selesai tahap editing. Pada saat akan mengunggah sebuah video hasil karya tersebut, Anda bisa menambahkan caption sesuai dengan video.

Video ini bisa menjadi ajang promosi, maka menyertakan hastag juga penting seperti #fyp agar video muncul pada trending. Nah, beberapa cara menggunakan TikTok ini bisa kita coba secara mudah. Selamat berkreasi!

One Reply to “Cara Menggunakan TikTok Secara Mudah Bagi Kreator Pemula”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x