Tips  

Cara Menulis Artikel SEO untuk Blog Baru

Avatar
Ilustrasi Menulis Artikel
Ilustrasi Menulis Artikel

Apakah kamu baru pertama kali berniat untuk membuat website pribadi? Jika iya maka artikel ini akan sangat berguna untuk kamu. Di sini kita akan belajar tentang bagaimana tahapan paling awal dalam menulis artikel SEO (Search Engine Optimization). Singkatnya sih cara menulis artikel untuk pemula.

Perlu kamu ketahui bahwa menulis artikel yang ditunjukan untuk search engine seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan lain-lain akan sangat berbeda dibanding ketika kamu menulis di sebuah forum, sebut saja Quora, Medium, Kompas, dsb.

Artikel SEO itu apa?

Artikel SEO adalah jenis konten yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs web pada hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Singkatnya, SEO atau optimisasi mesin telusur, adalah praktik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu situs web dalam hasil pencarian organik.

Apa Bedanya Menulis di Blog Pribadi dan Forum?

Ketika kamu menulis artikel di forum maka tulisanmu yang sebenarnya tidak berbobot (jelek) masih bisa dibaca oleh banyak orang karena forum tersebut sudah mempunyai member aktif di dalamnya. Selain itu tulisanmu juga bisa langsung bersaing di search engine karena tertolong oleh domain authority forum tersebut.

Contohnya gimana?

Saat kamu membangun web atau blog (keduanya sama) maka kamu benar benar memulainya dari nol. Jika saya membuat blog dengan domain (alamat web) contohwebkita.com, domain tersebut masih nol authority yang artinya belum punya kualitas di mata Google, bandingkan dengan Kompasiana.com misalnya, blog tersebut sudah punya kredibilitas di mata search engine.

Kamu bisa cek kualitas domain dengan mengetik “cek da website” di Google lalu bandingan antara domainmu dengan domain forum besar. Misal, contohwebkita.com vs kompasiana.com.

Kamu akan melihat bagaimana nilai domain baru sangat jomplang dengan nilai domain lama dan besar seperti kompasiana. Semakin tinggi DA dan PA maka kredibilitasnya di mata search engine akan semakin bagus.

Contoh Nilai DA website
Contoh Nilai DA PA website

Analogi lainnya, jika KFC menjual es buah maka es tersebut bisa berpotensi laris dibeli customer karena KFC sudah punya kredibilitas sebagai brand makanan cepat saji dan punya pelanggan tetap. Nah, lain cerita kalau es tersebut kamu jual di lapakmu sendiri, belum tentu laku dan kalau mau laku maka es buah itu harus benar enak rasanya.

  • Es buah = tulisan atau artikel
  • KFC = domain alamat website atau brand
  • Customer & pelanggan = visitor, pengunjung, pembaca
Baca Juga;  DANA Hadirkan Digitalisasi Keuangan 'Natuna Digital Islands'

Gimana, apakah kamu sudah mulai paham tentang perbedaan menulis di blog pribadi dengan menulis di forum besar?

Yang saya mau bilang adalah, tulisan jelek pun bisa ramai pembaca kalau tempat menulisnya sudah punya kredibilitas karena tertolong oleh DA PA tadi.

Mari kita lanjut ke pembahasan utamanya!

Cara Menulis Artikel SEO untuk Pemula

Menulis itu susah-susah gampang, awalnya susah, lama-lama jadi gampang. Jadi tutorial ini akan terkesan ribet tapi saya akan coba jelaskan dengan bahasa yang paling mudah dimengerti.

Pertama, cari kata kunci ( keyword) yang jadi topik utama

Kata kunci ini akan menjadi dasar dari sebuah artikel SEO yang ingin kita tulis.

Mencari kata kunci ini bisa pakai tools atau bisa pakai ide spontan. Jika kamu ingin menggunakan tools, kamu bisa coba Google Keyword Planner atau keywordtool.io, keduanya gratis.

Atau bisa pakai cara spontan seperti saya. Pertama, saya ingin membuat artikel tentang sapi tapi tidak tau detailnya bagaimana. Maka saya ketikan saja “Cara mengobati sapi” maka Google akan memberi rekomendasi sendiri.

Cara Mencari Kata Kunci Lewat Google
Cara Mencari Kata Kunci Lewat Google

Saya memilih untuk menggunakan kata kunci “cara mengobati sapi masuk angin” sebagai keyword utama.

Kedua, cek berapa persaingan dari kata kunci utama

Jangan sembarangan memilih kata kunci karena ini akan menjadi faktor penentu apakah tulisanmu akan muncul di Google atau tidak.

Saya akan cek dulu berapa sih persaingan dari kata kunci yang saya pilih tadi “cara mengobati sapi masuk angin”. Caranya gimana?

Tinggal ketikan saja kata kunci utama di Google kemudian pilih alat dan akan muncul angka dari konten yang serupa dengan itu.

Cara Cek Persaingan Keyword
Cara Cek Persaingan Keyword

Contoh di atas menunjukan bahwa persaingan dari keyword utama yang saya pilih ternyata menyentuh angka 2 juta sekian. Artinya ada 2 jutaan konten yang membahas tentang sapi masuk angin.

Apakah kamu yakin bisa menang dengan tingkat persaingan setinggi itu?

Saran saya, carilah keyword dengan persaingan konten maksimal 250 ribu atau 500.000 ribu. Ingat ya, maksimal.

Sebenarnya hasil tersebut tidak terlalu akurat karena Google mencatat semua konten yang berhubungan dengan sapi yang masuk angin. Kita bisa menyeleksinya untuk lebih spesifik (filter) membahas cara mengobati sapi masuk angin, caranya?

Baca Juga;  Download Bingkai Foto 17 Agustus 2022 di Twibbon dan Cara Pakainya

Tinggal ketikan saya tanda petik di awal dan akhir keyword.

Contoh perintah seleksi konten
Contoh perintah seleksi konten

Anehnya, ketika saya seleksi keyword tersebut malah hasilnya 0 (nol). Artinya tidak ada yang membahas tentang sapi masuk angin, justru banyak yang membahas tentang sapi kembung, bukan masuk angin.

Ketiga, tulis artikelnya

Cara menulis artikel SEO untuk pemula
Cara menulis artikel SEO untuk pemula

Buat artikel Cara Mengobati Sapi Masuk Angin yang di dalam artikelnya terdapat beberapa poin yang diambil dari “Penelusuran terkait” dan ” Orang lain juga bertanya (people also ask)”. Gak harus semua, ambil beberapa saja.

Kira-kira strukturnya jadi begini:

Cara Mengobati Sapi Masuk Angin (Judul Artikel – H1)

Sapi, hewan ternak satu ini terkadang mengalami masalah kesehatan seperti masuk angin atau kembung. Masalah ini tak bisa dianggap sepele, bla bla bla . pembukaan harus ada kata “Sapi masuk angin” atau sinonimnya.

Kenapa Bisa Masuk Angin? (H2) – Diambil dari people also ask

sapi dapat mengalami kondisi yang mirip dengan gejala “masuk angin” pada manusia, yaitu penyakit kembung. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan gas di dalam rumen, salah satu bagian lambung sapi… *penjelasan

Apa Ciri-ciri Sapi yang Tidak Sehat? (H2) – Diambil dari also ask

Sapi yang mengalami masuk angin seringkali menunjukkan beberapa gejala yang dapat diidentifikasi. Pertama, mereka mungkin terlihat gelisah dan tidak nyaman, sering berjalan atau berdiri dengan sikap yang tidak biasa… *penjelasan

Cara Mengobati Sapi yang Masuk Angin (H2) – Diambil dari penelusuran terkait

Penanganan sapi yang mengalami masuk angin atau kondisi kesehatan lainnya membutuhkan perhatian medis yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat diambil untuk mengobati sapi yang tidak sehat:

  • Pemberian Obat (H3)
  • Manajemen Nutrisi(H3)
  • Pemantauan dan Perawatan Lanjutan(H3)
  • Perhatikan Kondisi Lingkungan(H3)
  • Perawatan yang Intensif(H3)

*Semua poin diberikan penjelasan seperlunya. 

Akibat dari Sapi yang Sakit (H2) 

Masuk angin pada sapi dapat menjadi kondisi yang serius dan memerlukan penanganan medis yang tepat. Jika tidak diobati dengan benar, masuk angin bisa memiliki beberapa konsekuensi yang merugikan bagi kesehatan sapi… *penjelasan

Cara Menjegah Penyakit Ternak (H2)

Menjaga kesehatan ternak membutuhkan perhatian dan kesabaran yang melibatkan beberapa aspek manajemen peternakan. Berikut adalah beberapa cara umum untuk mencegah penyakit ternak:

Penutup (H2)

Dalam mengelola peternakan sapi, pemahaman tentang masalah kesehatan seperti “sapi masuk angin” menjadi krusial. Langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat sangat penting untuk memastikan kesejahteraan ternak dan produktivitas peternakan yang optimal.

 

Baca Juga;  "Tower of Fantasy" ungkap detail tambahan untuk pembaruan Vera

Catatan: Dianjurkan untuk tidak bermain di topik kesehatan dan keungan. Sulit dan ribet. Kalau mau menulis kesehatan, pastikan artikelmu punya sumber rujukan, misalnya kutipan atau data diambil dari sembrono(.)com atau dilansir dari sembrono(.)com.

Cara menulis artikel untuk blogger pemula
Cara menulis artikel untuk blogger pemula

H1, H2, H3 adalah ukuran font yang biasanya digunakan untuk poin-poin utama, di dalam blogger bisa terapkan lewat:

  • H1 = Poin utama
  • H2 = Penjelasan yang mendukung H1
  • H3 = Penjelasan yang mendukung H2
  • H4 = Jarang dipakai

Dengan mengikuti struktur yang saya ajarkan maka dijamin tulisanmu akan lebih dari 300 kata.

Tapi bang, saya orangnya gak bisa nulis? Susah nemu kosakata yang pas.

Silahkan gunakan tools ai yang sebenarnya sangat membantu dalam penulisan, tergantung kemampuan kita memberinya perintah.

  • Gemini (https://gemini.google.com/)
  • ChatGPT (https://chatgpt.com)
  • Perplexity (https://www.perplexity.ai/)

Tapi sebagai pemula, jangan mengandalkan AI ya! Belajarlah menulis manual. Blog baru yang tidak punya kredibilitas di mata mesin pencari, sangat saya sarankan untuk menulis manual, kalaupun pakai AI harus edit kalimatnya jangan copas langsung!

Blog baru tapi copas dari AI = Nol
*s&k berlaku

Cek pula plagiasi dari artikel yang kamu buat, caranya? Paste artikelmu ke 1text, usahakan tingkat originalitas di atas 70%.
https://1text.com/plagiarismchecker. Itu tools paling mutakhir buat cek plagiasi, dijamin 100% ketahuan. Musuh mahasiswa tapi sahabat bagi dosen, hehe.

Penting!

  • Mohon jangan menjadikan blogger ini sebagai mata pencarian utama jika belum mempunyai tabungan. Proses dari awal membangun blog sampai gajian pertama, rata-rata adalah satu tahun. Tergantung skill.
  • Kebanyakan orang sudah menyerah sebelum gajian. Buktinya liat saja di jawaban topik blogger, mereka yang menyisipkan link di dalam jawaban tapi pas dikunjungi websitenya sudah mati. Anggap saja mereka menyerah.
  • Bisa pakai alternatif untuk belajar menulis di situs yang membayar kontributornya, Medium, IDNTimes, dll. Tapi jangan berharap banyak.

Cara menulis artikel SEO untuk blogger pemula sebenarnya punya banyak cara dan teknik. Biasanya beda penulis, beda juga cara riset keyword dan lain-lainnya. Silahkan kamu cari tau berbagai cara lainnya dan gunakan salah satu yang paling nyaman buatmu.

Blog baru memang sangat membutuhkan konten berkualitas untuk memberi makan algoritma supaya blog kita dianggap bagus oleh mesin pencari.

Sekian trik menulis artikel SEO untuk pemula, semoga bermanfaat!