Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit

Avatar
Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit

Adanya kenaikan harga BBM yang berlangsung terus menerus membuat sebagian besar pengguna kendaraan bermotor merasa terbebani dengan hal tersebut. Penggunaan kendaraan motor di setiap harinya guna keperluan mobilitas tentu akan membuat pengeluaran semakin meningkat karena harga BBM yang mahal. Untuk menyiasati hal tersebut, banyak pemilik kendaraan bermotor yang memilih untuk menyetel karburator motor mereka menjadi irit.

Seperti yang kita ketahui, karburator merupakan komponen yang berperan penting dalam proses pembakaran bahan bakar, karena fungsinya yang menjadi komponen utama yang bertugas mencampurkan bahan bakar dengan udara dalam proporsi yang tepat sebelum masuk kedalam ruang pembakaran mesin dan juga mengatur aliran bahan bakar mesin sesuai dengan kebutuhan dan menghasilkan campuran yang sesuai untuk pembakaran yang efisien.

Oleh sebab itu, ketika kamu dapat melakukan penyetelan pada bagian karburator agar menjadi lebih irit, secara langsung kamu tentu akan dapat menghemat kebutuhan bahan bakar dari kendaraan sepeda motor yang kamu gunakan setiap hari.  Bagaimana? Apakah kamu penasaran mengenai bagaimana cara menyetel karburator motor supaya irit sehingga dapat menghemat bahan bakar? Jika iya, simaklah artikel berikut ini karena daytekno.com akan membahas hal tersebut secara lengkap

Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit

Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang bagaimana cara menyetel karburator motor supaya menjadi irit sehingga menghemat biaya pembelian BBM di setiap harinya, berikut ini adalah langkah-langkah penyetelan yang dapat kamu coba praktekan pada kendaraan sepeda motormu:

1. Menyiapkan alat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menyetel karburator motor menjadi lebih irit adalah menyiapkan alat. Dalam hal ini, alat yang harus kamu siapkan cukup sederhana, yaitu satu buah obeng minus (-) yang nantinya akan kamu gunakan untuk memutar dua buah sekrup yang ada pada bagian karburator motor, yaitu sekrup penyetel udara dan penyetel gas.

Baca Juga;  Balap Liar di Jalan Layang Non-Tol Casablanca? Siap-siap Ditilang Polda Metro Jaya

Setelah alat yang berupa obeng minus (-) telah berhasil kamu siapkan, kamu dapat menghidupkan sepeda motormu guna memastikan sepeda motor yang akan kamu lakukan penyetelan pada bagian karburatormu dalam keadaan baik saja dan memudahkanmu dalam proses penyetelan nantinya.

2. Memutar sekrup penyetel gas

Setelah sepeda motor yang akan kamu lakukan penyetelan pada bagian karburator telah berhasil kamu nyalakan, tindakan penyetelan dapat kamu mulai dengan cara memutar sekrup penyetel gas ke arah kanan atau searah dengan arah jarum jam dengan menggunakan obeng minus (-) yang telah kamu siapkan.

Tindakan dari pemutaran sekrup penyetel gas tersebut bertujuan untuk meningkatkan tekanan RPM, karena katup gas lebih terbuka. Untuk mengetahui apakah penyetelan skrup gas yang kamu lakukan telah pas, disarankan kamu memutarnya secara beriringan dengan menarik handle gas motor.

3.Memutar sekrup penyetel udara

Jika penyetelan yang kamu lakukan tersebut terasa sudah pas, tindakan berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menutup sekrup penyetel udara yang berfungsi untuk menutup saluran idle. Pada langkah ini, kamu hanya perlu memutar sekrup penyetel udara ke arah kanan di saat RPM motor menunjukan angka di atas 1. 500 rpm.

Tujuan dari tindakan ini adalah guna menutup saluran udara yang masuk ke dalam mesin. Dengan memutar atau menutup sekrup penyetel udara tersebut akan berakibat pada jumlah udara yang masuk ke dalam mesin akan menjadi berkurang sehingga membuat RPM mesin menjadi rendah dan membuat perputaran mesin menjadi sedikit brebet.

4. Membuka sekrup penyetel udara kembali

Ketika memutar atau menutup sekrup penyetel udara, usahakan jangan sampai membuat mesin menjadi mati. Cepat hentikan putaran yang dilakukan, di saat RPM motor telah terasa mencapai angka terendah yang dapat dicapai oleh mesin motormu.

Baca Juga;  Bukan Hanya Pribadi, Dealer Juga Enggan Beli Mobil Bekas Banjir

Selanjutnya, putar sekrup penyetel udara ke arah kiri atau membuka. Dengan kata lain, kamu membuka kembali sekrup penyetel udara yang sebelumnya telah kamu tutup sehingga RPM mesin dapat naik kembali. Sebagai saran, sebaiknya banyaknya putaran yang kamu lakukan ketika memutar sekrup penyetel udara adalah 2,5 putaran saja.

Namun jika terasa RPM mesin masih bisa naik, kamu dapat melanjutkan putaran hingga RPM mesin tertinggi dapat tercapai. Hal tersebut mungkin akan terasa sulit untuk orang-orang yang belum terbiasa, karena pada dasarnya melakukan penyetelan karburator sangat mengandalkan feeling.

5. Menurunkan setelan gas

Setelah penyetelan terhadap sekrup penyetel udara telah terasa pas bagimu, kamu dapat kembali menurunkan setelan gas dengan cara memutar sekrup penyetel gas ke arah kiri hingga mencapai RPM mesin yang ideal yang diinginkan. Sebagai saran, mungkin kamu dapat menurunkan setelan gas hingga RPM mesin mencapai 900-100 rpm, karena angka tersebut merupakan idle RPM motor yang standar.

6. Pengetesan

Setelah melakukan sebuah pekerjaan, penting untuk melakukan tahap pengetesan. Dalam hal menyetel karburator motor menjadi irit, langkah pengetesan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mematikan motor lalu hidupkan lagi dengan menggunakan tombol starter maupun kick starter.

Apabila penyetelan yang kamu lakukan berhasil, motor akan langsung menyala dalam satu kali tindakan starter. Namun jika ternyata sulit untuk menyala, mungkin kamu memerlukan tindakan penyetelan ulang hingga mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Sekian informasi mengenai bagaimana cara menyetel karburator motor supaya menjadi irit yang dapat penulis sajikan. Semoga dengan mengaplikasikan beberapa langkah-langkah di atas, tujuanmu untuk membuat sepeda motormu menjadi lebih hemat dalam penggunaan BBM dapat berhasil. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat…