Mobil  

Cuplikan Mobil Listrik DeLorean Tayang di Youtube, Penggemar Tesla Tak Terima

Avatar
Cuplikan Mobil Listrik DeLorean Tayang di Youtube, Penggemar Tesla Tak Terima

www.daytekno.com – CARVAGANZA – Isu kembalinya Delorean Motor Company (DMC) memang sudah lama berhembus. Awal tahun lalu kami pun telah memberitakan tanda-tanda kemunculannya. Tapi kali ini ada yang berbeda.

Tanda-tanda kebangkitan DMC dimunculkan oleh rumah desain Italdesign. Mereka merilis gambar siluet mobil berpenampilan layaknya DMC-12 yang terkenal lewat trilogi film rilis Universal Pictures, Back to The Future tahun 1985.

Rancangan Giorgetto Giugiaro itu dipakai oleh aktor Christopher Lloyd dan Michael J. Fox sebagai kendaraan untuk melintas waktu. Kisah fiksi ilmiah itu menghiasi mimpi anak-anak di masanya, termasuk saya. Inilah mengapa meski bukan mobil yang laris manis di pasaran namun DMC punya tempat tersendiri di hati banyak penggemarnya.

Terakhir kali diproduksi, DeLorean DMC-12 yang tampil dengan body styling fastback beredar dari tahun 1981 sampai dengan 1983. Selain pintu gullwing, elemen yang membuat DeLorean ikonik adalah sejumlah perangkat yang dipasang pada bagian belakangnya untuk menjadi mesin waktu.

Aslinya mobil ini menggunakan mesin bensin V6 2,85 liter buatan PRV (Peugeot/Renault/Volvo). Tetapi di film Back to The Future mesinnya ini ditenagai oleh flux capacitor hingga bisa melesat melebihi kecepatan cahaya dan membawanya melintas waktu.

Awal tahun lalu, beritanya mobil ini akan terlahir kembali sebagai reinterpretasi modern dari DMC-12 versi tahun 1980-an. Logo DMC di moncong membuktikan itu. Tetapi pada rilis teaser terbarunya, segalanya berubah.

DeLorean Motor Company versi modern menghilangkan logo DMC di grille depan. Tersisa siluet dan garis lampu LED menyala yang semakin memberi kesan futuristis seolah mobil ini benar-benar datang dari masa depan.

Tak berhenti sampai di situ, DeLorean terlahir kembali sebagai perusahaan startup mobil listrik yang bekerjasama dengan Italdesign. Figur kunci di dunia otomotif terlibat, contohnya CEO Joost de Vries yang merupakan mantan Vice President Sales Global Karma Automotive.

Baca Juga;  Pabrik Daihatsu Kembali Produksi untuk Penuhi Pasar Ekspor

Perusahaan ini dikabarkan telah membangun fasilitas produksi di San Antonio, Amerika Serikat, dan membuka lebih dari 450 lapangan pekerjaan. Ambisi ini sepertinya menunjukkan keseriusan DeLorean membawa legacy ‘Back to The Future’ ke era modern untuk menyaingi kesuksesan brand mobil listrik karya Elon Musk.

Tapi seperti layaknya startup mobil listrik lain, pandangan skeptis terhadap usaha DeLorean tak bisa dihindari. Bahkan baru saja teaser siluet mobilnya dirilis, para penggemar berat Tesla langsung mencibir desain pintunya yang disebut-sebut meniru Falcon Wing Doors Tesla.

Ya wajar saja sih, mungkin kebanyakan penggemar Tesla belum lahir pada 1985. Atau jangan-jangan justru mereka yang benar. Ternyata Marty McFly dan Doc Brown pergi dari tahun 1985 ke 2015 untuk mencuri desain Falcon Wing Doors Tesla model X. Siapa yang tahu?RIZKI SATRIA

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”