Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

www.daytekno.com – Lokasi: Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Garut, Jawa Barat 44153Map: Klik DisiniHTM: –Buka Tutup: 09.00 – 17.00Telepon: –

Tentang Curug

Pesona alam Garut memang tidak habis-habisnya memanjakan mata para wisatawan. Selain wisata taman satwa, wisata kuliner, wisata pantai, di Garut juga sangat popuer dengan wisata alam.

Salah satu paling diminati adalah curug atau air terjun. Hal ini membuat Garut dijuluki kota seribu satu curug.

Akhir-akhir ini, para wisatwan ramai mengunjungi wisata alam air terjun yang terkenal dengan jarak tempuh dan medan jalan sulit. Namanya Curug Nyogong.

Anda tentu tak ingin melewatkan pesona alam Jawa Barat ini. Jika ingin merencanakan liburan ke Garut bagian selatan maka jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke termpat ini.

Curuk Nyogong, satu dari banyak curug di Garut, secara georafis terletak di Kampung Sawah, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Garut, Jawa Barat.

Dalam bahasa Sunda, jika diterjemahkan secara harafiah, Nyogong berarti ‘menikung’. Ini tentu sesuai dengan jalan berliku, berkelok-kelok, dan terjal ketika menuju area wisata air terjun ini.

Selain itu, nama Curug Nyogong terkait dengan panjang dan berkeloknya aliran air yang juga melewati bebatuan besar. Aliran air terjun ini sebenarnya berasal dari sungai Cisanggiri.

Curug Nyogong lokasinya cukup luas namun letaknya lebih rendah karena berada di bawah Cialeuan. Walaupun musim kemarau debit air di sini tetap besar apalagi saat musim hujan, cukup menantang para wisatawan untuk berenang.

Selain itu, tekanan air di tempat ini juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bagi warga di Kecamatan Cihurip.

Air terjun perawan menjadi julukan yang khas untuk Curug Nyogong. Hal ini disebabkan oleh keasrian lokasinya yang masih terjaga baik hingga kini.

Sensasi aliran air yang jatuh dari atas tebing ini membuat wisatawan penasaran. Meski lokasinya tidak mudah dijangkau oleh para pengunjung, namun area wisata alam ini tetap menjadi destinasi wisata yang masuk dalam daftar utama rencana berwisata.

Baca Juga;  10 Toko Elektronik di Sragen Untuk Mendukung Kualitas Harimu

Jika Anda berwisata ke air terjun ini maka ada beragam aktifitas yang bisa dilakukan. Aktifitas paling umum adalah mandi dan berenang.

Namun, kegiatan lain yang juga bisa dilakukan adalah berburu foto dan bercengkrama dengan keramahan warga Cihurip.

Bagi wisatawan yang ingin mandi dan berenang di sana disarankan agar selalu berhati-hati karena air yang cukup dalam dengan bebatuan yang tajam.

Selain itu, karena lokasinya dekat dengan aliran sungai Cisanggiiri yang berada dekat Gunung Gelap maka airnya sangat dingin.

Namun, suasana alam dengan rimbunya pepohonan, gemuruh air yang mengalir, dan hembusan angin segar melelapkan mata para pengunjung saat menikmati pesona wisata alam di Cihurip ini.

Menikmati keindahan Curug Nyogong tentu punya kesan tersendiri. Jika Anda berkunjung ke sana keinginan untuk kembali lagi pasti ada. Ayo rencanakan liburan Anda sesegera mungkin.

Rute Menuju Lokasi

Rutenya susah-susah gampang. Mudah ditempuh jika Anda sudah terbiasa tapi akan sulit apabila baru pertama ke sana. Sebagian wisatawan biasanya menuju kota Garut terlebih dahulu sebelum ke curug ini.

Nah, jika Anda sudah sampai di Garut, pilih rute menuju Pameungpeuk. Walaupun jalanan cukup baik hingga sampai kecamatan Cikajang, namun biasanya ketika akhir minggu atau hari libur di sana sangat ramai oleh para wisatawan, khususnya dari Garut menuju Bayongbong.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kemacetan usahakan Anda tiba di Garut sebelum jam 06.00 WIB.

Setelah melewati Cikajang, medan yang harus Anda tepuh mulai sulit karena sudah memasuki area lereng gunung dan perbukitan. Jalanan berkelok-kelok dan juga banyak jalan rusak sampai di pertigaan Cihurip. Anda disarankan agar selalu berhati-hati.

Kemudian untuk jalan masuk menuju Curug Nyogong searah dengan jalan menuju Cibadak. Memang agak melelahkan. Tapi, setelah jalan utama para wisatawan akan melewati pedesaan.

Baca Juga;  10 Car Wash di Jakarta Timur Yang Hasil dan Kualitasnya Tidak Mengecewakan, Mulai Rp30.000

Walaupun banyak ruas jalan yang rusak, pemandangan sepanjang perjalanan mampu mengobati semua keletihan. Kemudian berbelok ke kiri di sekitar area Gunung Gelap dan sampai ke gerbang masuk Kecamatan Cihurip.

Di sini pemandangan Sungai Cisanggiri memesona mata pengunjung. Kemudian teruslah menuju jalan perbukitan hingga memasuki area perkebunan teh melewati wisata Batu Tumpang dan menuju Desa Mekarwangi.

Jika membawa kendaraan maka bisa diparkir di balai desa. Minta ijin dan Anda akan diperbolehkan memarkir kendaraan Anda di sana.

Selanjutnya para pengunjung hanya bisa melakukan perjalanan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak.

Sampai lokasi Curug Nyogong diperkirakan berjarak 2 kilo meter atau akan menghabiskan waktu hingga satu jam perjalanan. Akan lebih lama jika musim hujan karena jalanan berlumpur dan sangat licin.

Memang tidak ada panduan peta yang bisa membantu. Tapi jangan takut tersesat karena warga lokal akan bersedia memberikan petunjuk jalan.

Para wisatawan akan melewati hutan tropis yang masih asri. Mungkin perjalanan akan semakin terasa berat. Terus ikuti jalan setapak yang semakin licin karena tingginya tingkat kelembaban di sana. Dalam kondisi ini wisatawan disarankan untuk terus berhati-hati.

Apabila sudah sampai turbin PLTA maka tidak lama lagi para wisatawan atau Anda akan tiba di lokasi Curug Nyogong dan siap membayar kelelahan berjalan dengan menikmati pesona alam yang dijuluki sebagai surga kecil di Garut Selatan tersebut.

Destinasi Curug Lain

Untuk menambah informasi dan juga pengetahuan mengenai wisata alam kami ingin berbagi info mengenai curug lain yang ada di Kabupaten Garut. Selain Nyogong, ternyata masih banyak curug lain di Garut yang tidak kalah menarik dan patut untuk Anda kunjungi.

    Curug Shangyang Taraje

Curug ini adalah yang paling terkenal di Garut. Ada legenda populer di baliknya yaitu Sangkuriang dan Dayang Sumbing. Lokasinya ada di Desa Kombongan, Kecamatan Pakenjeng, Garut. Wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa jika berkunjung ke sana.

    Curug Arjuna
Baca Juga;  Hartono Mall Solo Buka Jam Berapa?

Curug ini juga ramai dikunjungi para wisatawan. Lokasinya ada di Desa Pamulihan, Kabupaten Garut. Karena sensasi air terjun dan pemandangan yang menakjubkan, curug ini dinamakan Arjuna, yang merepresentasikan ketampanan.

    Curug Cibuni Racun

Namanya ‘racun’ tapi sensasinya bikin mata pengunjung terkagum-kagum. Lokasinya ada di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Garut. Akhir-akhir ini selalu ramai didatangi para pengunjung. Mata airnya dari Cimalagari, Gunung Mandalawangi.

    Curug Cikanay

Curug ini ukurnya kecil tapi tetap memesona mata wisatwan. Suasananya masih asri, dikelilingi hutan dan tebing. Walaupun belum dibuka sebagai area wisata komersil, sensasinya tidak kalah menarik dengan air terjun lain di Garut. Lokasinya ada di Kecamatan Cisewu, Garut Selatan.

    Curug Cihanyawar

Jika Anda ingin menemukan suasana dan keindahan alam yang masih asri maka kunjungi Cihanyawar. Lokasinya ada di Kecamatan Telegong, Garut Selatan. Meskipun belum banyak wisatawan tahu, namun sudah ada wisatwan yang berdatangan di akhir pekan.

Sensasinya beda, selain ada air terjun, di samping curug ini juga ada gua dengan ukuran cukup luas. Anda diperbolehkan mencoba masuk ke dalam.

Selain lima curug di atas ternyata masih ada lagi yang bisa dijadikan tujuan wisata alam Anda seperti Curug Cibadak, Cibitung, Salawe, Koncrang, Ermat, Eule, Orok, dan Luhur. Itulah tambahan informasi mengenai wisata air terjun yang ada di Garut.

Demikianlah artikel informatif mengenai Curug Nyogong dan informasi tambahan mengenai lokasi curug lain yang ada di Garut.

Jika Anda merencanakan liburan cobalah berkunjung ke Nyogong dan lainya agar bisa merasakan sensasi karya cipta Yang Maha Kuasa di Garut terebut. Semoga bermanfaat.

0
Bagikan:
x