Wisata  

Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Indah Mata Airnya

Avatar
Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Indah Mata Airnya

www.daytekno.com – Lokasi: Kampung Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten CiamisMap: Klik DisiniHTM: Rp.7.500Buka Tutup: –No. Telepon: –

Banyaknya daerah pegunungan yang dimiliki oleh Indonesia, membuat negeri ini dianugerahi beberpa curug atau air terjun yang begitu indah dan mempesona. Walau hanya air yang terjun dari atas tebing menuju kebawah. Namun, pesonanya membuat mata enggan untuk berkedip.

Berwisata ke sebuah curug atau air terjun merupakan sebuah wisata pertualangan yang sangat bmenarik. Apalagi saat track yang harus dilalui begitu rumit dan sulit. Semangat yang membara akan membakar rasa lelah yang selalu datang dan menghinggap di sekujur tubuh.

Salah satunya adalah Curuh Tujuh Cibolang Ciamis. Curug ini keindahannya begitu nyata. Kesegaran udara dan juga airnya pun dapat dirasakan sampai menembus ke kulit dan tulang-tulang rusuk. Sungguh, Curug yang begitu mempesona di daerah Panjalu.

Sejarah Singkat

Asal mula Curug ini berawal dari sebuah cerita tentang seorang raja yang begitu arif bijaksana. Raja tersembut sedang bersedih karena, hujan yang tak juga kunjung datang. Akibat dari kemarau panjang ini warganya pun banyak yang menderita.

Raja pun tidak hanya tinggal diam dengan keadaan yang terjadi kepada rakyatnya itu. Beliau akhirnya, memutuskan untuk bertapa di sebuah Goa. Memohon diturunkan hujan. Hanya saja, doa itu tidak di dengar. Masih saja belum turun hujan hingga kondisi rakyat yang semakin sengsara.

Raja pun menangis. Ajaibnya, air mata raja itu pun menjadi sebuah genangan air yang begitu besar. Membentuk sebuah aliran air yang terpecah. Lalu, air yang terpecah itu pun jatuh ke bawah. Di tujuh buah tebing yang berada di sekitar.

Perlahan rakyat pun mulai mendapatkan air. Akhirnya, terbentuk lah sebauah Air Terjun hingga saat ini. Air Terjun yang dalam bahasa sunda disebut dengan curug. Banyak masyarakat yang selamat dari musibah yang sedang menimpa mereka.

Baca Juga;  20 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Paling Hits

Daya Tarik

Curug ini adalah salah satu wahana yang paling wajib dinikmati pada saat datang penat dari beban kerja selama seharian penuh. Curug yang memiliki sejuta keindahan ini berada di tempat yang terembunyi. Bagaikan sebuah surga yang tersembuyi di bali pepohonan yang menjulang tinggi.

Sesuai dengan namanya, Curug ini mempunyai 7 buah air terjun. Dimana ke 7 air terjun ini berdekatan. Di curug yang ke 4 dan ke 5 letaknya berdampingan hanya terpisahkan jarak sekitar 2 meter saja. Sungguh keindahan dunia yang sesungguhnya, menikmati Curug Tujuh ini.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Curug ini hanya ada satu cara saja. Apa itu caranya? Dengan naik keatas perbukitan dan berjalan mengitari bukit. Sungguh pesonanya melebihi pesona gitar spanyol yang selalu memanjakan mata.

Punya Nama

Setiap curug mempunyai namanya masing-masing. Bagaikan sebuah kawasan wisata yang hanya terdiri dari curug saja. Berada di luas wilayah 40 ha. Dikelilngi Bukit Ciparang dan juga Cibolang di kaki Gunung Sawal. Air Terjun yang satu ini berada di ketinggian antara 800 – 900 meter.

Suhu udara di kawasan ini pun cukup dingin. Hanya berkisar anatar 17 – 18 derajat. Walaupun, tidak sedingin saat wisatawan berada di atas Gunung yang bisa mencapai 0 derajat. Dengan kondisi air yang cukup dingin dan sangat menyegarkan bila mengenai anggota tubuh.

Saat musim kemarau, air terjun ini tidak akan pernah surut. Air yang terkadung dalam ai terjun ini pun mengandung belerang yang dpercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit yang menyerang. Air Terjun ini bersumber pada air Cimantaja.

Ada pula tempat untuk camping dengan suasana yang sangat bersih. Pengelola Curug sudah sadar akan kebersihan yang menjadi salah satu daya arik di setiap wisata. Camping disini pun cukup menyenangkan karena, banyaknya warung dengan para penjual yang begitu ramah.

Baca Juga;  Rasakan Sensasi Ngemper di Jalanan, Hanya Demi Menyantap Sepiring Bakmi Pak Pele

Sadar Kebersihan

Para Penjual disini pun cukup baik dan cukup sadar, jika kebersihan adalah salah satu cara untuk menarik pengunjung. Mereka pun ikut menjaga dan ikut membersihkan sampah yang berserakan. Oleh karena itu, jangan kaget jika mendapat semprot dari ibu-ibu bila tidak membuang sampah.

Tidak hanya makan dan minum saja. Warung yang berdiri ini juga menyediakan tikar untuk disewa. Bagi para wisatawan yang ingin duduk di bawah pohon yang rindang. Menikmati suasana alam yang begitu menyejukkan dan juga meneduhkan.

Curug Satu adalah Curug yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain menjadi curug terbesar diantara semua curug yang ada. Jalan menuju ke tempat ini begitu mudah. Setelah ini, jalanan akan sedikit menanjak dan menguras tenaga.

Dengan ketinggian air terjun kurang lebih sekitar 120 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Ada tebing datar yang menjadi tempat favorit para wisatawan. Di tempat ini adalah tempat yang paling baik untuk meliat keindahan air terjun ini. Dengan beberapa jepretan foto yang menggemaskan.

Jalur Trekking

Trekking dengan melewat bebatuan dengan air yang begitu deras, hutan yang menjulan dan jalanan tanah yang landai adalah sajian yang khas dengan berbagai macam arah beserta berbagai macam rintangan yang menghalangi layaknya mendaki gunung.

Di salah satu curug, tepatnya di curug cibuluh ada makam keramat yang biasanya sering diziarahi oleh warga masyarakat.

Perjalanan ini memmbutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai3 jam. Waktu yang cukup lama untuk menjalani perjalanan menuju surga yang tersembunyi ini.

Tempat ini paling cocok bagi sobat pelancong yang ingin menikmati wisata petualangan yang menyenangkan. Berkunjung bersama dengan teman atau keluarga adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Jangan lupa untuk membawa sampah bila berkunjung ke tempat ini.