Mobil  

Daihatsu Dan OTO.com Edukasi Mahasiswa Tentang Cara Membuat Mobil

Avatar
Daihatsu Dan OTO.com Edukasi Mahasiswa Tentang Cara Membuat Mobil

www.daytekno.com – JAKARTA – Sebagai salah satu wujud kontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa, PT Astra Daihatsu Motor bersama dengan Universitas Binus dan OTO.com menggelar seminar bertajuk We Prepare Future Leaders for the Society 5.0. Selain itu, pada kesempatan tersebut diluncurkan pula program studi baru yakni Business Engineering di universitas BINUS ASO School of Engineering pada 24 Februari 2022 secara virtual.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih kompeten dalam menghadapi persaingan global dan regional, khususnya pada ASEAN Economic Community (AEC), serta diharapkan dapat melahirkan inovasi di era society 5.0 ini. Pada seminar tersebut pula ADM melalui tim Research and Development berkesempatan menyampaikan edukasi tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu bertema ‘How To Make a Car’.

ADM juga memberikan informasi mengenai empat tahap besar dalam pengembangan kendaraan di Daihatsu. Pertama tim memulainya dari product planning, styling, engineering, dan test & validation. Pada tahap product planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survey pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selanjutnya pada styling process, dari hasil analisa pasar Daihatsu mewujudkannya melalui pembuatan sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan data 3 dimensi. Sementara di tahap engineering desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan menjadi gambar tehnik untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian, serta diwujudkan dengan pembuatan prototype untuk diuji coba. Hingga pada tahap akhir yakni test & alidation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang telah dibuat sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

Di Indonesia sendiri, PT ADM memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. Fasilitas R&D Center Daihatsu terdapat beberapa bagian mulai dari Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total sebesar 25 Hektare (Ha).

Baca Juga;  Honda Hadirkan Konsep Step WGN Hybrid Di Osaka Auto Messe 2022

Keberadaan fasilitas R&D Center ini juga merupakan komitmen Daihatsu untuk meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan product base Daihatsu di Indonesia. ADM juga berharap dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia di Indonesia.

“Daihatsu mengucapkan selamat atas peluncuran program studi terbaru Business Engineering di BINUS ASO School of Engineering. Melalui sharing ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan, serta dapat meningkatkan kompetensi dan lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan global”, kata Meddy Hamdhani, R&D Product Planning Executive Coordinator Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”