Desain Lebih Simpel, Ini Kelebihan Rem Tangan Elektrik

Avatar
Desain Lebih Simpel, Ini Kelebihan Rem Tangan Elektrik

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/05/f8286LtF/rem-tangan-elektrik-6043.jpg”>

Rem mencegah mobil bergerak sendiri saat berhenti

Fungsi utama dari hand brake atau rem tangan adalah mengunci roda untuk mencegah mobil bergerak sendiri baik saat mesin mobil dalam kedaaan hidup maupun mati. Rem tangan disebut juga rem parkir (Parking Brake) karena lebih banyak digunakan saat mobil diparkir. Seperti tertulis di atas, rem tangan pada mobil berkembang seiring dengan perkembangan teknologi.

Selain rem tangan tuas tarik (batang) dan tuas angkat (dongkrak) ada juga rem tangan tipe lain untuk mobil-mobil terkini seperti tuas geser, pedal, dan yang paling modern rem tangan elektrik atau rem parkir elektrik (Electric Parking Brake) berupa tombol. Cara penggunaannya paling mudah. Mengaktifkan hanya dengan dijungkit dengan jari, dan untuk menonaktifkan tinggal tekan tombol. Jangan salah, meski terkesan sederhana rem tangan elektrik sama kuatnya dengan rem tangan tipe tuas. Bahkan untuk beberapa hal, rem tangan elektrik punya banyak kelebihan dibanding rem tangan tuas.

1. Lebih nyaman buat pengemudi

Penggunaan yang sangat sederhana dengan jungkit dan tekan menggunakan jari tangan memberikan kenyamanan lebih buat pengemudi. Sangat terasa bedanya jika dibanding rem tangan tuas angkat (dongkrak) dan rem tangan tuas tarik (batang). “Rem tangan elektrik itu dibuat untuk lebih memudahkan pengendara karena sistem kerjanya yang lebih sederhana,” tutur Rifat Sungkar, Direktur Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar belum lama ini.

Rem tangan elektrik lebih mudah digunakan dan tidak makan banyak ruang

2. Tidak memakan banyak ruang

Tidak seperti rem tangan tuas angkat yang memerlukan ruang di sebelah jok pengemudi atau rem tangan tuas tarik yang butuh tempat di bagian bawah dashboard, rem tangan elektrik lebih simpel. Desainnya yang berupa tombol dengan tanda huruf P di bagian konsol tengah tidak memerlukan banyak ruang selayaknya tombol-tombol yang lain. Ini menjadikan ruang kabin terasa lebih lapang.

Baca Juga;  Intip Proses Produksi dan Pengecekan BMW Seri 3 Langsung dari ‘Dapur’ BMW

3. Pengereman maksimal dan tingkat keamanan tinggi

Pengembangan rem tangan elektrik memakan waktu yang tidak sebentar. Oleh para insinyur, rem tangan elektrik dibuat dengan akurasi kepakeman rem yang sangat maksimal. Dari sisi keamanan, rem tangan elektrik sangat aman. Fitur ini hanya bisa diaktifkan pada saat kendaraan benar-benar berhenti. “Dalam keadaan mobil bergerak, rem tangan ini tidak bisa diaktifkan sehingga tidak membahayakan sama sekali,” kata Rifat.

4. Menunjang fokus pengemudi

Rem tangan elektrik memiliki sistem Auto Brake Hold. Sistem ini membuat pengemudi lebih fokus berkendara, tidak perlu khawatir kendaraan akan bergerak mundur saat berhenti di tanjakan atau turunan sebab Auto Brake Hold bakal otomatis aktif saat mobil benar-benar berhenti. Saat ingin melajukan kendaraan, pengemudi tinggal menginjak pedal gas dan otomatis sistem bakal melepas pengereman. Berbeda kan dengan rem tangan tuas yang membutuhkan skill mumpuni bagi pengemudi untuk bisa stop and go di jalan tanjakan. “Jadi fokus pengemudi sekarang sudah tidak perlu lagi untuk memikirkan saat ia harus mengangkat rem tangan seperti dahulu, karena ada auto brake hold yang sudah memainkan perannya sebagai rem tangan otomatis yang membuat rem dapat mengunci secara otomatis di saat mobil berhenti,” pungkas Rifat.

Auto Brake Hold menunjang pengemudi untuk lebih fokus

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak salah jika Anda memilih mobil yang memiliki fitur rem tangan elektrik (electronic hand brake). Meski harganya cukup mahal itu sebanding dengan tingkat kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”