Mobil  

F1: Grand Prix Inggris 2022 Penuh Aksi Seru, Carlos Sainz Rebut Kemenangan Perdana

Avatar
F1: Grand Prix Inggris 2022 Penuh Aksi Seru, Carlos Sainz Rebut Kemenangan Perdana

www.daytekno.com – SILVERSTONE – Grand Prix Inggris 2022 di Silverstone mungkin bisa diklaim menjadi seri balap Formula 1 paling seru tahun ini. Rangkaian aksi balap menegangkan disajikan di balapan kali ini, diwarnai kecelakaan hebat dan aksi duel beberapa pembalap. Namun dari semua itu, highlight seri ke-10 ini adalah Carlos Sainz yang akhirnya berhasil meraih kemenangannya untuk pertama kali.

Pembalap Ferrari berdarah Spanyol itu menang setelah melalui sejumlah adu kencang di trek, salah satunya dengan rekan setimnya sendiri Charles Leclerc. Kemenangan perdana diraih menyusul pole position perdana yang juga diraihnya di Silverstone. Sainz finish pertama di depan Sergio Perez dan Lewis Hamilton, sementara para penantang gelar juara Max Verstappen dan Leclerc kesulitan di balapan ini.

Pole position sempat gagal dipertahankan oleh Sainz saat start balapan, karena disalip Verstappen tepat sebelum tikungan pertama. Tapi belum juga balapan berlangsung satu lap, langsung dihentikan sementara karena tabrakan hebat beruntun di tikungan 1. Mobil Alfa Romeo milik Guanyu Zhou terbalik setelah terlibat senggolan beruntun dengan Pierre Gasly dan George Russell.

Mobil Zhou yang terbalik dalam kecepatan tinggi terseret ke run-off area, dan sempat terpental melewati barrier ban setelah melewati gravel. Posisi mobilnya yang terjebak di antara barrier ban dan pagar pengaman antara trek dan tribun cukup menyulitkan evakuasi. Akhirnya setelah sekitar 50 menit, proses evakuasi dan perbaikan, Zhou bisa keluar dari mobilnya tanpa cedera, lalu balapan dimulai kembali.

Karena bendera merah dikibarkan saat balapan baru berlangsung sebanyak lima tikungan dan belum lewati satu sektor lap, start diulang dengan urutan sesuai hasil kualifikasi. Alhasil Sainz yang sempat disalip oleh Verstappen bisa kembali ke grid terdepan di start kedua ini. Di kesempatan kedua ini, Sainz kembali kurang cepat saat start, namun langsung berikan manuver bertahan ke sisi dalam dan menekan Verstappen.

Baca Juga;  GIIAS 2022: Honda Jelaskan Kenapa Masih 'Sembunyikan' SUV RS Versi Produksi

Sainz berhasil bertahan, namun di belakangnya terjadi perebutan posisi antara Verstappen, Perez, dan Leclerc. Terjadi senggolan kecil antara leclerc yang berusaha menyalip Perez dari celah kecil sisi dalam tikungan 5. Keduanya mengalami kerusakan minor pada sayap depannya masing-masing. Manuver tersebut berhasil membuat Leclerc rebut posisi ketiga dari Perez.

Di baris depan terjadi persaingan merebut posisi terdepan di tiga besar, selama stint pertama sebelum pitstop. Verstappen mendapat peluang menyalip saat Sainz melebar di tikungan Becketts di lap 10. Posisi pertama langsung diambilnya, dan membuka peluang untuk kembali catat kemenangan musim ini. Tapi dua lap kemudian, Verstappen melambat yang melaporkan salah satu bannya bocor. Sainz yang tidak jauh kembali menyalip Verstappen sebelum masuk pit, yang langsung diikuti Leclerc tepat sebelum.

Sejak itu, Verstappen langsung terlempar dari persaingan posisi depan. Diduga selain ban, ada kerusakan pada komponen aerodinamika yang berdampak pada grip mobil. Sampai akhir balapan, Verstappen yang sudah di luar lima besar mengeluhkan sulit mendapatkan grip terbaik dari ban.

Perez dan Hamilton kemudian menghantui duo Ferrari di depan, yang dibebaskan bersaing oleh tim. meski dengan sayap depan yang tidak utuh, Leclerc mampu tampil lebih kencang dari Sainz di depannya. Beberapa kali dengan set ban medium, Leclerc cetak fastest lap. Ferrari akhirnya putuskan untuk minta Sainz berikan posisi terdepan ke Leclerc, dengan pertimbangan hindari potensi serangan dari Hamilton di belakang mereka.

Duel Ferrari berganti menjadi dengan Mercedes. Sainz dipilih untuk masuk pit lebih dulu di lap 20, untuk mengamankan posisi dari potensi undercut oleh Hamilton. Leclerc baru masuk pit untuk ganti ban lima lap setelahnya. Hamilton memimpin dengan merasa ban medium yang dipakainya masih bisa digunakan maksimal. Setelah memimpin selama delapan lap, giliran Hamilton masuk pit dan keluar di belakang duo Ferrari.

Baca Juga;  Ini Fitur Yang Bikin Nyaman dan Menyenangkan di Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

Leclerc di depan membuat jarak sampai 3,5 detik dari Sainz. Ferrari yang merasa aman memberi perintah kedua pembalapnya untuk menjaga posisi. Tapi situasi berubah ketika mobil Esteban Ocon mogok di trek dan membuat safety car keluar. Menariknya, Ferrari justru panggil Sainz masuk pit, untuk ganti ban dari kompon hard ke soft. Langkah ini diikuti Hamilton di belakangnya, namun tidak dengan Leclerc di depan yang masih pakai ban hard.

Alhasil saat balapan dilepas mulai kembali oleh safety car, Leclerc yang rentan langsung disalip oleh Sainz di Wellington Straight. Sainz melenggang nyaman sendiri di depan, sementara Leclerc harus menghadapi serangan beberapa mobil di belakangnya. Perez dan Hamilton menjadi ancaman utama Leclerc. Ketiganya sempat terlibat aksi saling salip ketat selama beberapa lap. Akhirnya Perez berhasil salip Leclerc, yang tidak lama kemudian disusul oleh Hamilton untuk mengamankan podium.

Sainz memenangkan GP Inggris 2022 dengan finish 3,7 detik di depan Perez, dan 6,2 detik dari Hamilton. Leclerc yang finish keempat gagal maksimalkan seri ini untuk potong jarak poin dari Verstappen, yang harus puas finish ketujuh. Balapan di hari Minggu (3/7/2022) itu juga menjadi momen Mick Schumacher dulang poin perdananya di F1, lewat finish ke-8.(WAHYU HARIANTONO)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”