Fenomena Aplikasi Tiktok, Anda Wajib Tahu Dampaknya!

Fenomena Aplikasi Tiktok, Anda Wajib Tahu Dampaknya!

Fenomena aplikasi Tiktok ini semakin menjadi saja dan masuk dalam semua kalangan. Apalagi masa pandemi Covid-19 ini, kita menghabiskan waktu lebih banyak dengan smartphone.

Secara tidak langsung kita dibuat kecanduan dan tidak bisa mengontrol kesenangan sesaat yang satu ini. Hanya dengan kuota dan smartphone kita bisa melihat dunia luar.

Berbagai video yang dapat kita akses juga relatif beragam bahkan tidak terbatas. Hal ini mengikuti algoritma dari tema yang kita sukai.

Terlepas dari secara tidak langsung atau entah yang membuat rumusnya. Lama kelamaan kita akan semakin menyukai dengan aplikasi yang satu ini.

Fenomena Aplikasi Tiktok dan Dampak Untuk Penggunanya
Ilustrasi Fenomena Aplikasi Tiktok. Foto : Ist/Net

Fenomena Aplikasi Tiktok

Aplikasi streaming video yang satu ini menawarkan berbagai video untuk para penggunanya. Selain melihat berbagai video yang kita sukai, bisa juga memilih untuk mengunggah video.

Kemajuan teknologi yang satu ini bisa memberikan dua dampak, yaitu dampak positif dan dampak negatif, semua kembali pada penggunanya.

Ketika membuka aplikasi yang satu ini kita bahkan bisa menyesuaikan dengan selera kita. Mulai dari tema dan genre musiknya.

Dalam fitur search kita bisa mengetikkan berbagai topik yang kita suka. Selain itu Tiktok juga bisa menjadikan sebuah trending tersendiri sebuah video.

Fitur Menonton dan Upload Video

Fenomena Aplikasi Tiktok ini memberikan ruang yang cukup efektif oleh para konten kreator. Mereka yang menyukai berbagai video yang bisa diakses dalam tiktok bisa menikmati konten secara gratis tidak berbayar.

Bahkan baru-baru ini terdapat film pendek yang diunggah dalam aplikasi ini. Film vertical pertama yang tayang pada tahun 2021 hadir di tanah air.

Menggunakan sinematik yang baik dan editor yang tidak kaleng-kaleng. Nah, di samping menonton video atau konten kita juga bisa berkreatifitas untuk mengunggah konten.

Apapun tema yang Anda minati bisa menjadi sebuah konten dengan penonton tersendiri. Dengan ini video tersebut akan mendapatkan likes untuk mereka yang menyukainya.

Orang juga bisa dengan mudah meninggalkan komentar seperti dalam aplikasi sosial media yang lain. Oleh karena itu kita sebaiknya menggunakan apapun aplikasinya dengan bijak saja.

Dampak Positif

Fenomena aplikasi Tiktok ini memberikan banyak dampak positif jika kita menggunakannya secara bijak. Seperti halnya mengetahui topik yang sedang trending.

Bisa juga mencari tahu tutorial membuat sesuatu. Banyak sekali video yang dibuat oleh konten kreator dalam aplikasi yang satu ini.

Mulai dari memasak, membuat aksesoris, DIY dekorasi kamar, dance tutorial, makeup tutorial, dan masih banyak lagi. Kita bisa mencari tahu lebih dalam jika menggunakannya secara bijak.

Selain itu bagi yang menyukai film, drama bahkan anime bisa saling memberikan referensi. Judul terkini dan yang terpopuler, banyak sekali review jujur yang mereka buat.

Kesenangan dan kemudahan aplikasi video yang satu ini memang tidak diragukan lagi. Tidak heran jika bisa menjadi salah satu aplikasi paling banyak di download tahun ini.

Dampak Negatif

Fenomena Aplikasi Tiktok juga memiliki dampak buruk jika menggunakannya secara sembarangan. Apalagi aplikasi ini awalnya dibuat menggunakan batasan usia, namun tetap saja hingga kini banyak yang menggunakan identitas palsu.

Selain itu mereka juga tidak mendapatkan tindak langsung dari aplikasi. Terkadang ada konten kreator yang mengunggah konten tidak memperhatikan siapa yang akan berpotensi menontonnya.

Maka kita sebaiknya juga memberi dampingan kepada adik, anak, saudara yang masih dibawah umur. Kita tetap tidak bisa mengontrol apa yang mereka unggah dalam sebuah sosial media.

Namun kita bisa menjadi orang yang berperan dalam mengawasi anak kecil tersebut. Beri batasan untuk tidak terlalu jauh dalam menggunakan aplikasi yang belum cocok di usianya. Gunakan edukasi secara halus, lalu arahkan pada tontonan yang positif.

Perkembangan Teknologi

Fenomena Aplikasi Tiktok ini menjadi salah satu bukti perkembangan digitalisasi. Perkembangan dari beberapa aplikasi sebelumnya yang masih menggunakan fitur teks.

Lalu berkembang menjadi foto, lalu bisa menggunakan video. Maka lama kelamaan tersedia hubung dengan sekaligus dalam mengedit video.

Kita bisa memberikan berbagai filter dan editan yang beragam. Mulai dari teks dan musik dalam berbagai genre.

Hal ini memang membuat kita terpancing untuk berkreatifitas secara luas. Apalagi kita dapat terhubung dengan berbagai pengguna dari belahan negara lain.

Relasi Luas

Mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini juga akan membuat kita memiliki berbagai kenalan yang lebih luas. Tidak hanya dalam lingkup daerah rumah saja, bahkan bisa beda kota, negara bahkan benua.

Hal ini akan membantu seseorang yang sulit beradaptasi dengan orang didunia nyata. Mereka akan mendapatkan kenalan melalui dunia maya.

Fenomena Aplikasi Tiktok ini memiliki banyak manfaat positif dan negatif yang berdampingan. Semua tergantung dari mana kita bijak dalam penggunaannya. Jangan lupa tetap bersosialisasi dengan lingkup yang ada disekitar kita, karena bagaimanapun kita tetap tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x