Tips  

Fungsi Dan Cara Kerja Plunger Pump

Avatar
Plunger pump
Plunger pump

Pompa Plunger atau plunger pump adalah pompa perpindahan positif reciprocating yang memanfaatkan plunger atau pendorong dalam memindahkan media melalui sebuah ruang silinder. Pompa yang satu ini memiliki kegunaan untuk mempertinggi energi mekanik yang berasal dari sistem aliran fluida sehingga membuat fluida mengalir dengan konstan.

Fungsi Plunger Pump

Plunger pump sendiri memiliki fungsi seperti jarum suntik dimana pada setiap gerakan piston yakni mundur atau maju hanya memiliki fungsi tunggal. Misalnya saja pada saat piston bergerak mundur, maka cairan akan tersedot dan masuk ke dalam ruang silinder, sedangkan saat piston mengarah maju, cairan akan terdorong ke arah luar ruang silinder. Dengan begitu, masing-masing pada gerakan piston hanya mempunyai satu fungsi saja.

Selain fungsi utamanya yang berguna untuk mempertinggi energi mekanik pada suatu sistem aliran fluida yang membuat fluida tersebut akan mengalir secara konstan, terdapat kegunaan lain dari alat pompa jenis plunger pump yakni dapat berguna untuk tekanan pompa yang cukup tinggi yakni antara 400-1000 psi.

Cara Kerja Plunger Pump

Anda dapat dengan mudah membelinya melalui distributor yang jual plunger pump, Sebelum membelinya ada baiknya untuk mengetahui bagaimana pompa yang satu ini bekerja.

Dengan memiliki rongga yang meluas menjadikan pompa plunger berkontraksi saat terjadi pergerakan reciprocating atau maju dan mundur serta naik dan turun yang berasal dari gerakan melingkar atau rotary.

Mekanisme kerja plunger pump sendiri yakni dengan membuat gerakan reciprocating sepanjang sumbu, yang nantinya akan menghasilkan tekanan pada bagian dalam silinder atau laras kerja yang akan memaksa cairan naik melalui pompa.

Keuntungan Menggunakan Plunger Pump

Berikut ini beberapa keuntungan dari plunger pump antara lain:

  •  Dapat mencapai tekanan yang cukup tinggi.
  •  Tidak memberi pengaruh terhadap kecepatan alir.
  • Tekanan serta perubahan pada kecepatan alir memberi pengaruh yang kecil terhadap kinerja.
  • Dapat menggerakkan cairan kental, slurry, sekaligus abrasif dengan model katup yang tepat.
Baca Juga;  Channel YouTube di Indonesia Sudah Bisa Diganti Pakai "@", Begini Caranya

Nah itu dia penjelasan seputar pompa plunger yang perlu diketahui sebelum membelinya melalui distributor yang jual plunger pump. Winston Engineering jual plunger pump dengan kualitas terbaik dan terjamin. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://www.winstonengineering.com/ untuk informasi lainnya.