Hands-on Samsung Galaxy M23 5G: Smartphone 5G Harga Tiga Jutaan

Avatar
Hands-on Samsung Galaxy M23 5G: Smartphone 5G Harga Tiga Jutaan

www.daytekno.com – Samsung memiliki lini smartphone yang cukup luas, mulai dari kelas entry level sampai flagship. Secara berurutan dari yang paling rendah, Samsung punya seri M, seri A, dan seri S. Dan Samsung menghadirkan Galaxy M23 5G yang bidik kelas menengah di seri M.

Dari beberapa varian seri M, Samsung Galaxy M23 5G sendiri jadi smartphone dengan dukungan jaringan 5G varian paling rendah. Namun jangan salah, spesifikasi maupun desainnya, mengadopsi fitur-fitur yang biasa disematkan di kelas menengah. Seperti apa? Berikut ulasan singkatnya.

Unboxing

Yang unik dan beda adalah kotak penjualannya berukuran kecil dan tipis. Dimensinya tidak beda jauh dengan ukuran unit smartphone yang tersimpan didalamnya. Ya, ini memang jadi salah satu smartphone Samsung yang dalam paket penjualannya tidak disediakan charger. Isi kotak penjualannya terbilang minim, Anda hanya akan mendapati kabel data USB type-C, SIM ejector, dan kertas panduan serta garansi saja. Namun Samsung juga membundel penjualan ini dengan kartu perdana dari XL Axiata.

Desain

Samsung Galaxy M23 5G hadir dalam ukuran yang cukup lebar. Namun kami masih mendapatkan kenyamanan saat menggenggamnya. Dengan bobot hampir mencapai 200 gram membuatnya terasa lebih berat yang justru membuat kami suka karena lebih terasa nuansa premiumnya.

Bodi belakangnya berbahan plastik namun Samsung membalutnya dengan lapisan yang tetap terasa elegan. Lapisan ini memang masih mudah kotor oleh tangan atau sidik jari khususnya tangan berkeringat atau berminyak. Tapi masih lebih baik dibanding lapisan glossy. Apalagi lapisan ini lebih mudah dibersihkan dengan lap kering.

Pilihan warna yang tersedia terdiri dari Orange Copper, Light Blue dan Deep Green, sementara unit yang kami tampilkan memiliki warna Light Blue atau biru terang.

Baca Juga;  ZTE Resmi Luncurkan 3 HP Android Blade di Indonesia, Harga Mulai Rp 1,75 Juta

Bergeser ke sisi kiri atas terdapat frame kamera yang menyatu dengan bodi. Pada frame terdapat tiga kamera yang tersusun secara vertikal serta hadirnya satu lampu kilat disisinya. Secara berurutan dari paling atas terdapat kamera ultra wide 8 MP, kamera utama 50 MP, dan kamera makro 2 MP.

Untuk konektivitas, sisi bawah terdapat port audio 3.5 mm untuk earphone kabel, serta port USB type-C untuk koneksi data maupun pengisian baterai. Anda akan menjumpai speaker moto tepat disebelah port USB.

Slot kartu terdapat di sisi kiri yang mendukung hingga penggunaan dua kartu SIM dan satu kartu microSD yang mendukung hingga kapasitas 1 TB. Sementara tombol fisik yang tersedia adalah tombol Power di sisi kanan dan diatasnya terdapat tombol Volume. Tombol Power ini juga memiliki fungsi sebagai sensor fingerprint.

Layar

Ukurannya yang lebar karena menggunakan layar berukuran 6,6 inci dengan tiap sudut yang membulat. Layarnya menggunakan panel TFT yang memang disesuaikan dengan target pengguna di seri M. Resolusi yang dimilikinya yaitu 1080 x 2408 pixels atau FHD+ dengan rasio aspek 20:9 serta refresh rate cukup tinggi dikelasnya yaitu 120 Hz.

Dan seperti smartphone Samsung yang kami kenal, layarnya ini tidak dilengkapi dengan screen protector. Dan lagi-lagi ini justru membuatnya terlihat lebih menarik tanpa ada penghalang pada layar. Pada sisi atas terdapat kamera selfie 8 MP yang hadir dalam desain Infinity-V Display.

Spesifikasi

Samsung Galaxy M23 5G dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 750G 5G dengan konfigurasi RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Guna meningkatkan performa yang lebih lancar, tersedia pula fitur RAM Plus yang akan menambah kapasitas RAM hingga 6 GB.

Baca Juga;  Galeri: Koogeek Smart Outlet, Roost Smart Battery, dan ESCAM PVR001

Pengguna juga bisa mengatur pilihan kapasitasnya yang terdiri dari 2 GB, 4 GB, dan 6 GB. Kapasitas ini meminjam sementara dari kapasitas memori internal. Baterainya punya kapasitas 5000 mAh yang mendukung pengisian cepat 15 watt.

Sesuai penamaannya yang mendukung jaringan 5G, frekuensi yang didukungnya mencakup n1 (2.100 MHz), n3 (1.800 MHz), dan n40 (2.300 MHz) yang artinya bisa digunakan oleh tiga operator 5G di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata.

Meski hanya memiliki speaker mono, namun audionya mendukung Dolby Atmos yang akan aktif saat menggunakan earphone atau speaker eksternal dengan dukungan teknologi tersebut.

Samsung Galaxy M23 5G sudah memiliki NFC yang bisa digunakan untuk transaksi cashless ataupun pembayaran tanpa kartu serta isi kartu uang elektronik. Sementara untuk sistem operasinya menggunakan One UI versi 4.1 berbasis Android 12.

Harga

Samsung Galaxy M23 5G tersedia dalam satu varian kapasitas memori dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Orange Copper, Light Blue dan Deep Green. Untuk harga retailnya dibanderol senilai Rp3.699.000.