www.daytekno.com – JAKARTA – Kabar tentang segera dipasarkannya generasi terbaru Honda HR-V makin santer setelah beberapa hari lalu tertangkap kamera sedang melakukan syuting di bilangan Jakarta Utara. Foto yang beredar menampakkan Honda HR-V varian RS berdesain eksterior yang sepenuhnya baru dan lebih segar dibandingkan model sebelumnya. Sementara itu, menurut website resmi NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Samsat DKI Jakarta, SUV (Sport Utility vehicle) ini terdaftar dalam empat varian yakni S CVT, E CVT, SE CVT dan RS CVT. Kemungkinan besar inilah pilihan varian yang akan dipasarkan di Indonesia oleh PT Honda Prospect Motor (PT HPM).

Saat dikonfirmasi, pihak HPM memang belum menyatakan nasib soal kehadiran Honda HR-V baru tersebut dalam waktu dekat. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan bahwa kegiatan itu adalah bagian dari aktivitas marketing. Ia menambahkan bahwa HPM selalu fokus pada model yang saat ini masih dipasarkan.

“Oh itu yah, jadi kami memang sering melakukan aktivitas marketing yang melibatkan pengambilan gambar dengan mobil. Mungkin saja yang dilihat itu adalah salah satu aktivitas tersebut. Terlepas yang difoto itu model apa, kami selalu fokus terhadap model yang saat ini sedang dipasarkan. Terutama yang masih sangat baik performa penjualannya di Indonesia,” jelas Billy.

Meski belum ada spesifikasi resmi yang dirilis oleh HPM, namun spekulasi mengatakan kalau generasi terbaru Honda HR-V versi Indonesia akan persis serupa dengan yang ditawarkan di Thailand. Honda HR-V versi Thailand sendiri ditawarkan dalam satu pilihan mesin dengan teknologi hybrid. Honda mempercayakan mesin Atkinson 1.500cc DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan teknologi Intelligent Multi Mode Drive Hybrid (i-MMD).

Baca Juga;  Daftar Harga Daihatsu Ayla Facelift 2020, Ada yang Harganya Turun

Mesin konvensionalnya dapat menghasilkan tenaga maksimal 105 hp dengan torsi puncak yang mencapai 127 Nm. Digabungkan dengan motor listriknya, tenaga maksimalnya mencapai 131 hp dengan torsinya melejit hingga 253 Nm. Mesin tersebut menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan Honda City e:HEV yang menggunakan teknologi serupa.

Sementara generasi sebelumnya, Honda HR-V menawarkan dua pilihan mesin yakni 4-silinder 1,5 liter dan 1,8 liter SOHC i-VTEC+DBW. Mesin pada varian tertinggi 1.8L dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 136 hp dan dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Beralih ke urusan fitur, Honda HR-V generasi terbaru kabarnya akan dibekali dengan teknologi Honda Sensing dan Honda LaneWatch. Hal tersebut tentu saja akan mengimbangi model Honda lainnya yang dipasarkan di Indonesia yang sudah menggunakan fitur ini. Menu Honda Sensing yang akan ditanamkan pada Honda HR-V terbaru ini meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) plus Auto High Beam mungkin juga tersedia.

Kehadiran peranti ini tentu saja akan melengkapi fitur-fitur keselamatan yang sebelumnya ditanamkan pada Honda HR-V lama, di antaranya Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, serta Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Pada versi Thailand, generasi terbaru Honda HR-V juga menambahkan airbag 6 titik serta peranti Walk Away Auto yang secara otomatis mengunci pintu saat meninggalkan kendaraan.

Prediksi lain adalah soal harga yang akan dibanderol pada generasi terbaru Honda HR-V. Mungkin dijual lebih mahal dari model sebelumnya. Sebagai gambaran saja, Honda HR-V saat ini dijual oleh HPM dengan banderol Rp 340 Jutaan untuk varian 1,5 liter dan model tertingginya dibanderol dengan harga Rp 438 jutaan.ALVANDO NOYA / RS / WH

Baca Juga;  Debut Manis Kia Carens di GIIAS 2022, Jadi Produk Terlaris Bersama Sonet

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x