Ini 4 Hal Kecil yang Sering Diabaikan Saat Akan Berangkat Mudik Lebaran

Avatar
Ini 4 Hal Kecil yang Sering Diabaikan Saat Akan Berangkat Mudik Lebaran

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/22/ZXn5Pos1/hal-kecil-yang-sering-diabaikan-saat-akan-berangka-6295.jpg”>

Lebaran sebentar lagi, Anda pun sudah harus siap-siap untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tentunya Anda juga harus mempersiapkan kondisi kendaraan tersebut untuk memastikan tidak ada gangguan di perjalanan.

Tetapi terkadang ada beberapa hal yang sering diabaikan oleh para pemudik, padahal sesungguhnya hal tersebut adalah penting. Berikut ini adalah hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik Lebaran.

1. Mengukur Kapasitas Penumpang dan Barang

Jangan melebihi kapasitas penumpang dan barang di mobil Anda

Melakukan perjalanan mudik Lebaran berarti Anda akan menempuh perjalanan panjang. Karenanya berbagai perlengkapan wajib Anda bawa sebagai persiapan di perjalanan maupun ketika berada di kampung halaman. Namun sebaiknya tetap perhatikan kapasitas penumpang dan barang pada mobil Anda.

Jika mobil Anda hanya mampu menampung 7 penumpang dengan konfigurasi lima orang dewasa dan dua anak-anak, maka jangan paksakan sampai 8 atau 10 penumpang. Kemudian perhatikan juga ruang bagasi di mobil Anda, jangan memaksakan membawa barang hingga melebihi kapasitas bagasi. Karena nantinya perjalanan Anda akan terganggu dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

2. Mengisi Bahan Bakar

Pastikan bahan bakar sudah terisi penuh sebelum berangkat mudik

Periksalah bahan bakar pada mobil Anda sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Cek apakah bahan bakar sudah terisi penuh atau belum. Jika belum, sebaiknya segera mengisi di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) terdekat dengan lokasi kediaman Anda. Karena Anda tidak akan pernah tahu kondisi jalan yang akan Anda hadapi. Bisa jadi akan ada kemacetan panjang, atau kelangkaan bahan bakar saat di jalan tol.

3. Simpan Nomor Darurat

Simpan berbagai nomor darurat di ponsel Anda jika dibutuhkan

Baca Juga;  Transmisi CVT adalah Transmisi Otomatis, Benar atau Salah?

Hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik lainnya adalah tidak menyimpan nomor-nomor darurat. Anda tidak akan pernah tahu peristiwa apa yang akan terjadi selama perjalanan mudik Lebaran. Pastinya Anda memang tidak mengharapkan hal buruk terjadi, namun mengantisipasi tentu lebih baik.

Anda perlu penyimpan beberapa nomor darurat, seperti nomor telepon Polisi untuk laporan terjadinya kecelakaan dan kejahatan, nomor telepon Ambulan, dan nomor bantuan darurat yang disediakan produsen mobil yang Anda miliki demi mengantisipasi jika kendaraan Anda mengalami masalah di perjalanan.

4. Perhatikan Rambu Lalu Lintas

Selalu patuhi rambu lalu lintas agar selamat di jalan

Rambu-rambu lalu lintas dibuat tentu karena alasan keselamatan bagi setiap pengemudi. Karena itulah selalu patuhi rambu yang ada di jalan. Karena kebanyakan kecelakaan di jalan diakibatkan oleh faktor manusia yang tidak mentaati peraturan lalu lintas.

Karena itulah sebaiknya pahami batas maksimum kecepatan mobil Anda, jangan menyalip dari bahu jalan, selalu berhati-hati ketika melintas di jalan berkelok, dan istirahat jika sudah merasa lelah.

Demikianlah 4 hal kecil yang sering diabaikan saat akan berangkat mudik Lebaran.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”