Bisnis  

Ini Dia! Cara Menabung yang Efektif Bikin Dompet Tebal

Avatar
Ini Dia! Cara Menabung yang Efektif Bikin Dompet Tebal

www.daytekno.com – Menabung adalah jalan untuk mencapai keinginan di masa depan dengan cara menyisihkan sebagian gaji untuk disimpan. Meskipun terdengar mudah, nyatanya tidak semua orang bisa menabung.

Banyak orang atau rumah tangga yang memiliki niat menabung di awal menguap di tengah perjalanan alias berhenti.

Oleh karena itu Tim Finplan CNBC Indonesia memberikan tips menabung mudah dan efektif, yaitu:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Saat memiliki tujuan, menabung akan relatif lebih mudah. Sebab ada motivasi kuat untuk membuat menyisihkan uang. Misalnya menabung untuk menikah atau melakukan Umroh ke Tanah Suci bersama orang tua dan lain sebagainya.

Dengan menetapkan tujuan terlebih dahulu, dapat mengetahui berapa jumlah uang yang harus disisihkan dan berapa lama durasi menabung.

2. Sisihkan Minimal 10% dari Gaji

Meskipun belum ada tujuan di masa depan, menabung tetap bisa dilakukan tiap bulan demi menjaga kesehatan keuangan pribadi atau rumah tangga. Agar tau kesehatan keuangan, bisa menggunakan rasioa tabungan yang dihitung dengan cara jumlah tabungan dibagi dengan pendapatan kotor setahun.

Angka ideal dari rasio tabungan adalah 10%. Sehingga jika berada di atas 10% maka bisa menjadi indikasi bahwa keuangan pribadi atau rumah tangga masuk kategori sehat.

3. Mulai Uang Receh

Menabung bisa mulai dari uang receh. Misalnya saja pulang bekerja di kantor atau setelah seharian penuh terdapat uang sisa di dompet dengan nominal Rp10.000 atau Rp20.000, bisa dimasukan ke tabungan atau celengan.

Bayangkan dari Rp20.000 setiap hari, dalam sebulan bisa menabung sebesar Rp600.000. Jika konsisten dalam setahun akan terkumpul Rp7.200.000. Bagi yang memiliki UMP DKI Jakarta, nilai tabungan tersebut sudah lebih dari rasio tabungan ideal.

Baca Juga;  Harga Komoditas Naik, Penjualan Properti Diyakini Tumbuh di 2023

4. Menabung dari Kembalian

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Ini adalah peribahasa lama tapi sangat berguna dalam hal menabung.

Misalnya saja menabung dengan uang kembalian dari berbelanja. Ketika selesai belanja, uang kembalian dipisahkan untuk menabung. Walaupun kecil namun setidaknya bisa menanam kebiasaan untuk menabung.

5. Pisah Rekening Tabungan

Sangat dianjurkan untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini agar uang tabungan tidak ikut tercampur dengan kebutuhan sehari-hari dan akhirnya terpakai.

6. Berhemat

Ingat pepatah lama mengatakan hemat pangkal kaya. Ungkapan tersebut sesungguhnya masuk akal. Sebab dengan berhemat akan ada uang sisa yang bisa ditabung.

7. Disiplin

Semua cara di atas tidak akan maksimal jika tidak disiplin. Disiplin akan membuat uang tabungan terkumpul secara rutin dan akan membuat keuangan menjadi lebih sehat.

Disiplin tidaklah mudah, namun dengan komitmen yang kuat menabung pasti bisa dilakukan.

TIM RISET CNBC INDONESIA