Wisata  

Inilah Gua Angker Peninggalan Jepang Di Indonesia!

Avatar
gua peninggalan jepang

Inilah Gua Angker Peninggalan Jepang Di Indonesia! – Sudah tercatat pada sejarah, jika Jepang menjadi salah satu negara yang pernah menjajah negara Indonesia, selama kurang lebih 3,5 tahun(1942-1945). Pada kurun waktu tersebut, Jepang banyak sekali meninggalkan kisah sejarah dan juga bangunan sebagai bukti bisu, akan kekerasan yang dilakukan oleh bangsa Jepang dan perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada masa itu.

Salah satu bukti peninggalan sejarah penjajahan Jepang yang masih ada hingga saat ini di Indonesia adalah gua. Pada jaman dulu, pasukan tentara penjajah menggunakan gua-gua tersebut sebagai bunker atau benteng pertahanan perang guna mempertahankan wilayah jajahan mereka, dan juga ruang eksekusi tahanan.

Proses pembangunan gua yang menggunakan sistem kerja paksa(romusha) yang mengakibatkan banyak sekali warga-warga pribumi yang disiksa dan meninggal disana, membuat gua-gua jepang sangat lekat dengan kesan mistis dan angker.

Gua Angker Peninggalan Jepang Di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah deretan gua peninggalan Jepang, yang dianggap memiliki daya magis dan angker di Indonesia :

1.Gua Jepang di Bandung

gua peninggalan jepang

Goa yang berlokasi di Taman Hutan Ir. Juanda di Bukit Dago Pakar, Bandung pada tahun 1942 ini, menjadi saksi bisu kekejaman penjajahan Jepang di Tanah Sunda. Pada awalnya, gua ini merupakan gua yang dibangun dan dimiliki oleh penjajah Belanda, yang kemudian diambil alih oleh tentara Jepang.

Gua yang berjarak 300 meter dari pintu utama dan memiliki 15 cabang lorong ini, sebelumnya pernah mengalami dua kali rekonstruksi, guna memaksimalkan fungsinya. Sama seperti halnya dengan fungsi bangunan gua pada masa itu, gua Jepang di Bandung ini juga digunakan sebagai tempat persembunyiaan dan juga sel tahanan.

Baca Juga;  Pantai Pehpulo, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Blitar

Menurut dari pengakuan warga sekitar gua tersebut, sering kali terjadi berbagai kejadian aneh dan horor yang di sekirana gua tersebut, seperti terlihat penampakan tentara Jepang yang berkeliaran di area gua tersebut, dan juga teriakan-teriakan misterius.

2.Gua Jepang di Bukittinggi

gua peninggalan jepang

Gua yang dibangun dengan kedalaman 60 meter di kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada tahun 1944 ini menjadi gua peninggalan Jepang yang memiliki kesan mistis dan angker selanjutnya, karena dalam pembuatannya menggunakan sistem kerja romusha yang menelan ribuan jiwa meninggal.

Gua yang lebih sering disebut dengan nama “Lobang Jepang” oleh masyarakat sekitar, kini telah menjelma sebagai tempat wisata andalan di Bukittinggi. Gua yang memiliki dua pintu masuk yang terletak di Taman Panorama dan juga samping jalan raya yang mengarah ke Ngarai Sianok ini, memiliki 21 lorong. Pada dulunya, para tentara Jepang memfungsikan 21 lorong tersebut sebagai barak tentara, ruang sidang, kamar komando, pintu penyergapan, pintu pelarian, dapur pembantaian hingga ruangan kecil untuk membuang jenazah.

Menggunakan sistem kerja romusha  dengan menggunakan pekerja yang berasal dari luar Bukittinggi, banyak masyarakat lokal yang tidak mengetahui adanya  lubang gua tersebut. Namun sebagian besar masyarakat percaya, jika  jalur Lobang Jepang dibuka, salah satu jalan keluarnya ada dekat Jam Gadang.

3. Gua Jepang di Bali

Bali menjadi wilayah selanjutnya yang merasakan penjajahan yang dilakukan oleh Jepang. Salah satu bukti nyata adanya kekuasaan dan sejarah kelam Jepang di Bali terlihat dari adanya gua Jepang yang berada kawasan Klungkung, Karang Asem dan Gianyar.

Dibangun sebagai tempat pertahanan dan juga sel tahanan bagi pribumi agar mau untuk melakukan kerja paksa romusha,  entah sudah berapa banyak warga pribumi yang disiksa hingga meninggal di gua yang memiliki panjang 15 meter ini.

Baca Juga;  Mobilmu Butuh Perawatan Maksimal? 10 Car Wash di Jakarta Selatan Ini Solusinya, Mulai Rp33.000

Adanya sejarah kelam pembantaian yang terjadi di gua Jepang tersebut, mengakibatkan banyak cerita-cerita horor tentang keberadaan makhluk tak kasat mata yang tinggal di gua tersebut. Menurut pengakuan dari warga sekitar, sering kali  mereka diperlihatkan dengan sosok penampakan yang berwujud manusia dengan badan yang penuh dengan luka, dan juga siluman yang memiliki wajah menyeramkan.

Baca Juga : Misteri Gunung Lawu, Gunung Terangker Di Pulau Jawa

4.Gua Jepang di Manado

Jika berbicara tentang Kota Manado, mungkin yang terbisit di dalam pikiranmu adalah sebuah kota yang berada di Pulau Sulawesi Utara, yang memiliki pesona alam  yang indah dan juga masakan daerah yang sangat lezat untuk dicoba. Namun apakah kamu pernah mengetahui, jika Kota Manado menjadi wilayah yang pernah merasakan kekejaman penjajahan yang dilakukan oleh Jepang?

Salah satu bukti nyata kekuasaan Jepang di Manado adalah adanya gua peninggalan Jepang yang disebut sebagai gua 1000 kamar oleh masyarakat setempat. Sulawesi Utara yang merupakan wilayah pendaratan yang cukup strategis untuk masuk ke Indonesia, menjadikan wilayah ini sebagai tempat  front pertempuran yang sengit oleh sekutu.

Selain digunakan sebagai tempat penyiksaan dan penahanan, goa ini dikabarkan dapat menimbulkan efek ilusi. Percaya atau tidak, banyak pengunjung yang menyaksikan bahwa goa ini memiliki dua lubang. Padahal setelah mereka melihat dengan seksama, ternyata hanya ada satu jalan masuk. Tak sedikit juga yang mengalami kejadian-kejadian mistis saat mencoba memasuki area goa.

Itulah 4 gua peninggalan Jepang yang terkenal akan kisah mistis dan angkernya. Bagaimana? Apakah kamu ingin mengunjungi gua-gua tersebut?