www.daytekno.com – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan, tabungan orang kaya Indonesia yang tersebar di sejumlah perbankan nasional per Agustus 2022 mencapai Rp 4.603 triliun.

Angka tersebut merupakan nominal dari tabungan nasabah dengan saldo Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar, dan tabungan nasabah di atas Rp 5 miliar, seperti dikutip melalui laporan terbaru LPS, Selasa (18/10/2022).

Berdasarkan catatan LPS, saldo Rp 2 miliar sampai dengan Rp 5 miliar nilainya mencapai Rp 628 triliun atau meningkat 4,3% secara year on year (yoy). Sementara itu, saldo tabungan nasabah di atas Rp 5 miliar juga kini sudah mencapai Rp 3.975 triliun.

Data LPS juga menunjukkan, kenaikan nominal tabungan dengan saldo di atas Rp 5 miliar bahkan mengalami kenaikan hingga 1,4% jika dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan ini bahkan lebih besar dibandingkan tiering nominal tabungan yang lain.

Adapun nominal tabungan terbesar terdapat pada tiering simpanan lebih dari Rp 5 miliar, yang mencakup 51,8% total simpanan. Sementara itu, tiering simpanan nominal tabungan di rentang Rp 2 hingga Rp 5 miliar hanya 8,2%.

Secara umum, total nilai simpanan di bank umum per Agustus 2022 mencapai Rp 7.675 triliun, atau meningkat 7,7% secara tahunan. Dalam periode yang sama, jumlah rekening simpanan kini sudah mencapai 495.380.970 atau naik 35,6%.

Total tabungan orang kaya Indonesia per Agustus 2022 bahkan lebih dari porsi belanja negara yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 98/2022.

Total belanja negara mencapai Rp 3.106,4 triliun, dengan rincian belanja pemerintah pusat baik itu belanja kementerian/lembaga dan non K/L mencapai Rp 2.301,6 triliun dan transfer ke daerah yang mencapai Rp 804,7 triliun.

Baca Juga;  Peluang Bisnis bagi Mahasiswa yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Adapun belanja negara dipergunakan pemerintah untuk belanja pegawai, belanja barang dan jasa, pembayaran kewajiban utang, belanja subsidi, belanja hibah, penyaluran bantuan sosial (bansos), hingga belanja lain-lainnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x