Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia, Nomor Lima Terpanjang di Dunia

Avatar
Jalan Tol Atas Air Terpanjang di Indonesia, Nomor Lima Terpanjang di Dunia

www.daytekno.com – Salah satu artikel terpopuler di kanal Otomotif Kompas.com tahun ini adalah berita mengenai jalan tol atas air terpanjang di Indonesia yang terbit sekitar Oktober 2022.

Menariknya, jalan tol ini bukan hanya terpanjang di Tanah Air, tapi juga terpanjang nomor lima di dunia.

Jalan tol atas air ini ada di Pulau Dewata yang dikenal dengan Jalan Tol Bali Mandara. Jalan tol ini juga menjadi tol atas air pertama di Indonesia.

Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol, Tbk. yang melintasi Kota Denpasar dan Kabupaten Badung merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

Dikutip dari laman resmi BPJT , arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan “Maju, Aman, Damai dan Sejahtera” dan mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Dengan konsep tersebut maka pengendara yang melintasi jalan tol atas air ini akan disajikan oleh panorama laut yang indah. Serta pemandangan arsitektur dan ornamen budaya khas Bali.

Diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013 lalu, jalan tol Bali Mandara dibuat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang selama ini terpusat di Bali Selatan, yang menghubungkan segitiga emas antara Bandara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jika melihat ke daftar ke jalan tol atas air terpanjang di dunia, tol Jalan Tol Bali – Mandara ada di urutan kelima.

Sebagai informasi, jalan tol atas air terpanjang di dunia dinobatkan kepada jalan tol Jiaozhou Bay di China yang memiliki panjang 42 Km.

Lalu ada jalan tol Lake Pontchartrain Causeway di Amerika Serikat sepanjang 38,4 Km. Kemudian nomor tiga adalah jalan tol Chesapeake Bay di Amerika Serikat dengan panjang 24,01 Km.

Baca Juga;  Brio Terlaris, Honda Catat Penjualan Tertinggi pada September 2022

Nomor empat ada jalan tol Penang-Malaysia sejauh 24 Km, dan kelima jalan tol Bali Mandara, Indonesia dengan jarak 12,7 Km.

Uniknya, jalan tol ini menjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor.

Selain itu, dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara, telah dipasangi alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Bandara Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Apabila kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, maka jalan tol ditutup sementara guna menghindari risiko kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.