Jangan Anggap Remeh, Kotak P3K Wajib Ada di Mobil Anda

Avatar
Jangan Anggap Remeh, Kotak P3K Wajib Ada di Mobil Anda

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/12/28/6kDubyiR/pentingnya-kotak-p3k3-5602.jpg”>

Dalam aktivitas berkendara sehari-hari, ada banyak hal yang tidak pernah kita duga terjadi secara tiba-tiba. Mungkin perjalanannya tidak terlalu jauh dan tidak membahayakan, tetapi pengendara lain bisa saja membuat kesalahan dan menimbulkan insiden. Ada baiknya jika selalu siap dan waspada terhadap hal-hal yang bisa membahayakan diri Anda maupun pengendara lain.

Salah satunya adalah menyiapkan kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang wajib ada di mobil. Namun perlu diingat bahwa kehadiran kotak P3K bukan sebagai media pengobatan. Fungsi dari P3K adalah meringankan luka penderita agar korban tidak semakin parah dan mendukung penyembuhannya.

Kotak P3K wajib ada di mobil Anda dan letakkan di tempat yang mudah diakses seperti glove box

Sayangnya, sering kali korban yang mengalami pendarahan tidak tertangani dengan baik karena ketiadaan kotak P3K. Padahal bila ada kotak P3K standar, pendarahan bisa dihentikan sementara. Yang harus menjadi catatan adalah pada beberapa kondisi, korban hanya bisa ditangani tenaga medis profesional. Karena itu, jika menemui korban jiwa atau terluka parah, sebaiknya segera menghubungi pihak berwajib yakni rumah sakit dan kepolisian.

Sambil menunggu pertolongan datang, jika kondisi memungkinkan Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan kotak P3K tersebut yag ada di mobil. Kehadiran kotak P3K pun sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 yang mengatur tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Umum, kotak P3K menjadi salah satu kelengkapan yang harus ada di dalam mobil.

Saat terjadi insiden, kotak P3K berguna untuk mencegah luka lebih parah

Artinya Anda bisa saja dikenakan tilang oleh aparat yang berwenang jika tidak membawa kotak P3K saat berkendara di jalan umum. Kotak P3K umumnya hanya digunakan ketika terjadi insiden. Hal inilah yang membuat kotak P3K jarang tersentuh pengguna. Padahal kotak P3K perlu diperiksa secara rutin setidaknya 3 bulan sekali untuk mengecek isi di dalamnya apakah masih baik atau sudah kadaluarsa.

Baca Juga;  Jangan Terlalu Sering Memoles Bodi Mobil Kalau Tidak Mau Seperti Ini!

Harus diperhatikan beberapa obat cair seperti obat merah (betadine) dan alkohol yang tumpah dapat merusak pelengkapan P3K lainnya jika dibiarkan terlalu lama. Adapun kelengkapan isi kotak P3K yang dijual di pasar memang beragam. Dari yang harga murah hingga ratusan ribu rupiah. Isinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Paling mudah, Anda bisa membeli kotak P3K di apotek atau toko lainnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”