www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/05/14/ifxlHGF3/6-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-menderek-mobil-7e26.jpg”>

Ketika Anda dihadapkan pada situasi darurat yang mengharuskan Anda menderek mobil mogok, Anda tak perlu khawatir atau panik, karena situasi tersebut cukup umum terjadi. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah menderek mobil mogok tak bisa sembarangan, karena harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan butuh peralatan serta perhitungan yang cermat. Tujuannya, agar tak terjadi insiden selama proses menderek mobil yang mengakibatkan kecelakaan atau kerusakan lebih besar.

Saat menderek mobil, hindari akselerasi, pengereman atau manuver yang mendadak

Sebelum Anda memutuskan untuk menderek mobil yang mogok, pastikan mobil yang akan di derek memiliki dimensi atau bobot lebih kecil dari mobil yang akan menderek atau menarik. Misal jika mobil yang mogok merupakan SUV, tentu tak mungkin untuk diderek dengan mobil yang berukuran lebih kecil seperti LCGC, city car atau hatchback. “Idealnya mobil yang diderek dan menderek satu tipe, jika yang mogok itu MPV, bisa ditarik juga dengan MPV atau dengan mobil yang memiliki tenaga setara. Karena jika mobil yang diderek terlalu besar atau berat, justru berisiko merusak mobil yang menderek karena kelebihan beban dan membuat komponen sepert sasis dan mesin akan cepat fatigue,” ujar Yusuf, mekanik dari Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi.

Sedia selalu towing strap atau tali penarik di mobil Anda untuk mengantisipasi keadaan darurat yang mengharuskan Anda menderek atau diderek

Setelah itu, gunakan tali penarik atau towing strap untuk menderek mobil yang mogok. Towing strap yang digunakan juga tak bisa sembarangan, karena harus cukup kuat dan flesibel saat menarik mobil dengan bobot yang berat. Umumnya, towing strap bahan polyester atau nilon sangat direkomendasi. Karena fungsinya yang cukup vital saat darurat, sebaiknya Anda menyimpan selalu towing strap pada mobil Anda.

Baca Juga;  Biar Hemat Akhir Bulan, Begini Cara Bersihin Sendiri Jamur Kaca

Kenali posisi tow point pada mobil Anda dari buku manual, sekaligus cara memasang tow hook yang benar

Kaitkan tali penarik atau towing strap pada lokasi tow hook/point yang telah disediakan. Untuk mobil yang menderek, bisa menggunakan tow point yang terdapat di balik atau di bawah bumper belakang. Sementara untuk mobil yang diderek, bisa diikatkan pada tow hook pada bumper depan. ”Gunakan tow hook yang telah disediakan karena sudah diperhitungkan oleh pabrikan sebagai titik terkuat untuk menarik mobil. Jangan diikat pada komponen yang kurang kuat seperti bumper atau suspensi karena bisa rusak atau jebol seketika karena tak tahan dengan entakan dan bobot mobil,” wanti Yusuf. Oiya, jarak antara mobil yang menderek dan diderek disarankan sekitar 4-5 meter.

Kaitkan towing strap hanya pada tow point yang direkomendasikan untuk menghindari kerusakan saat menderek mobil

Sebelum mulai jalan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu rute yang akan dilalui. Disarankan untuk memilih rute yang tak ada tanjakan/turunan atau banyak persimpangan agar proses menderek mobil yang mogok bisa dilakukan lebih mudah dan aman. Saat menderek mobil, lakukan akselerasi dan pengereman sehalus mungkin. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak. Kecepatan saat menderek disarankan berkisar antara 30-40 km/jam untuk amannya. Jangan gunakan lampu hazzard, melainkan nyalakan lampu utama pada mobil yang menderek. Selalu jaga jarak antara mobil yang menderek atau di derek agar tak terlalu dekat dan lakukan proses menderek mobil hingga tempat yang dituju dengan tenang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga;  Perbedaan Dimensi Nissan Grand Livina dan All New Nissan Livina, Bagaimana Kapasitas Bagasinya?
0

Bagikan:
x