Jelang Nataru, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Margonda Depok

Avatar
Jelang Nataru, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Margonda Depok

www.daytekno.com – Menjelang Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Satlantas Polres Metro Depok menerapkan sejumlah uji coba rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat.

Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Bonifacius mengatakan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah menutup u-turn atau putar balik yang ada di depan showroom Toyota.

Hal itu dilakukan lantaran banyaknya pengendara yang melawan arus di sekitar lokasi.

“Mengingat Margonda merupakan pusat perdagangan dan jasa, serta terpantau sering adanya lawan arus di putaran tersebut. Satlantas Polres Metro Depok bersama Dishub serta Dinas PUPR Kota Depok mencoba rekayasa uji coba U-Turn di depan Toyota,” ujar Boni, dikutip dari , Selasa (20/12/2022).

Selain banyaknya pengendara yang memutar arah, rekayasa lalu lintas juga dilakukan karena u-turn di depan showroom Toyota dekat dengan simpang Juanda. Sehingga apabila terjadi kepadatan, bisa sampai ke lampu merah.

“Kalau dari arah selatan padat dan banyak yang mutar di Toyota, ekornya sampai lampu merah. Makanya coba kita geser ke Mares supaya agak jauh dan posisinya di tengah agar yang dari utara dan selatan kalau mau berputar imbang,” ucapnya.

Meski begitu, Boni melanjutkan, untuk u-turn yang berada di depan Apartemen Margonda Residence akan dibuka. Pihaknya akan coba melakukan rekayasa lalu lintas ini selama dua minggu sambil terus dipantau.

“Membuka U-Turn depan Apartemen Margonda Residence. Rencana uji coba kurang lebih 2 mingguan dan akan terus di monitor dan evaluasi. Apabila berdampak baik maka akan dipermanenkan,” kata dia.

Baca Juga;  Lewat Pameran, Jeep Coba Goda Konsumen Indonesia

Uji coba sebetulnya sudah dilakukan sejak akhir pekan kemarin, dan akan dicoba untuk diterapkan pada hari kerja seperti saat ini.

Uji coba rekayasa lalu lintas itu dilakukan jug bersamaan dengan Operasi Lilin. Rencananya, akan ada evaluasi pada tanggal 3-4 Januari 2023 nanti terkait uji coba tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.