www.daytekno.com – Saat ini, kebanyakan bus AKAP sudah menggunakan jalan tol untuk mempersingkat waktu tempuhnya. Tapi, tidak jarang juga bus mengebut di jalanan agar lebih cepat lagi sampai ke tujuan.

Salah satu waktu yang paling rawan bus mengebut adalah malam hari, di mana jalanan relatif sepi. Tidak jarang bus memanfaatkan semua lajur yang kosong agar bisa melaju lebih cepat.

Tetapi, pengemudi bus memang punya karakter yang berbeda-beda, ada yang santai, tapi tidak jarang banyak yang mengebut. Mengingat dimensi bus yang besar serta kondisi jalan gelap, bagaimana tips aman menyalip bus ?

Yulius Jatmiko, Sekjen BisMania Community menjelaskan, ketika bus berjalan lambat di kanan, bisa disalip dari lajur kiri, begitu juga sebaliknya.

“Ketika dia jalan di lajurnya dan tidak menunjukkan kecepatan yang begitu cepat, ketika merasa aman untuk disalip, silahkan,” ucap Yulius kepada Kompas.com, Senin (17/10/2022).

Yulius mengatakan, jangan menyalip saat bus masih menyalakan sein kanan. Perlu diketahui, ketika bus menyalakan sein kanan saat berada di lajur kanan, artinya ada kendaraan yang lebih lambat di sisi kiri.


“Ini kalau di tol berarti di lajur kiri ada kendaraan yang lebih lambat. Kalau di jalan biasa, artinya dia ingin berjalan lebih cepat,” ucap Yulius.

Jadi sebagai pengemudi juga harus paham kode yang diberikan pengemudi bus. Jangan coba-coba menyalip dari sisi kiri ketika bus sedang berada di lajur kanan dan lampu sein kanan menyala karena berisiko tabrakan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x