Kapan Waktu yang Pas Ganti Filter Kabin Mobil?

Avatar
Kapan Waktu yang Pas Ganti Filter Kabin Mobil?

www.daytekno.com – Pada sistem AC mobil, terdapat filter kabin atau saringan udara yang bersirkulasi di dalam kabin ketika angin dari AC berembus.

Udara sejuk yang berembus dari kisi-kisi AC perlu disaring agar terhindar dari partikel-partikel kecil yang mungkin saja berbahaya bagi tubuh manusia.

Maka dari itu filter kabin perlu diganti secara berkala untuk menghindari penumpukkan kotoran. Lantas, berapa interval penggantian filter kabin ?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, interval penggantian filter kabin bisa beragam di masing-masing bengkel.

“ Interval penggantian filter kabin bisa berbeda-beda, karena itu ditentukan oleh bahan filter kabin yang dijual oleh masing-masing bengkel,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dia mengatakan umumnya, bengkel-bengkel resmi menyarankan penggantian filter kabin setiap mobil menempuh jarak 40.000 Km.

“Umumnya setiap 40.000 Km atau 2 tahun filter kabin harus diganti, namun kembali lagi tergantung dengan bahan yang digunakan pada filter kabin tersebut, pasalnya sekarang banyak filter kabin di pasaran dengan kualitas yang beragam,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan bahan dan kemampuan filter AC dalam menyaring kotoran menjadi patokan seberapa lama ketahanannya.

“Kalau menginginkan hasil yang maksimal maka setiap filter terlihat kotor dan susah dibersihkan, sebaiknya diganti saja, biasanya setiap mobil juga berbeda-beda kotoran yang tersaring” ucap Ibrohim.

Kelembaban udara yang bersirkulasi di dalam kabin menentukan ketahanan filter kabin. Hal itu bisa dipengaruhi oleh cuaca atau lingkungan sekitar.

“Misal mobil yang biasa di tempat kering, dan panas, itu filter kabin akan awet karena tidak kotoran tidak akan mudah berkembang biak di filter kabin,” ucap Ibrohim.

Baca Juga;  Gunakan Platform Sama, Honda Pastikan BR-V dan WR-V Miliki Rasa Berkendara yang Beda

Dia juga mengatakan performa AC pada mobil itu sendiri turut mempengaruhi ketahanan filter kabin.

“Bisa saja evaporator menghasilkan air yang melimpah, atau berlendir karena sudah lama tidak melakukan servis, itu juga bisa membuat filter kabin mudah kotor karena udara yang bersirkulasi menjadi lembab,” ucap Ibrohim.

Jadi, filter kabin umumnya perlu diganti setiap 40.000 Km atau 2 tahun, namun patokan tersebut tidak mutlak bila filter kabin yang digunakan berkualitas rendah. Performa AC yang sudah menurun juga bisa menyebabkan filter kabin cepat kotor karena udara yang bersirkulasi menjadi lembab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.