www.daytekno.com – Karoseri Laksana tampak mau mengekspor bodi buatannya dalam waktu dekat. Hal ini bisa dilihat dari unggahan Karoseri Laksana di Instagram resmi, Kamis (13/10/2022).

Pada unggahan tersebut, tertulis ‘Laksana kedatangan chassis unik posisi setir di kiri, kira-kira mau dipakai siapa ya?. Tentu sasis tersebut bukan untuk jalanan Indonesia, di mana posisi setirnya ada di kanan.

Oleh karena itu, kemungkinan besar sasis tersebut akan dijual untuk pasar ekspor. Namun kalau lihat lagi negara tujuan ekspor Laksana seperti Bangladesh dan Kepulauan Fiji, keduanya memakai setir kanan juga.

Lalu ke mana negara tujuan dari bodi bus ini nantinya?

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan, ada empat sasis Scania K410iB yang datang ke Karoseri Laksana. Ketika ditanya negara mana yang akan memiliki bus tersebut, masih belum diberikan bocoran.

“Iya (tujuan baru), di luar Bangladesh dan Fiji. Pokoknya wilayah Asia Tenggara,” ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).


Kalau dirinci lagi, ada lima negara yang posisi setirnya di kiri di Asia Tenggara. Sebut saja Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Filipina.

Keunikan lain dari sasis bus yang datang ke Laksana itu adalah mesinnya yang besar, namun cuma dua as roda. Padahal, kalau di Indonesia, Scania K410iB memakai tiga as roda atau biasa disebut tronton.

Kira-kira, ke mana nantinya bus dari Laksana ini akan berlabuh? mari kita tunggu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga;  Modifikasi Honda Grom jadi Honda RCV-S versi Mini
0

Bagikan:
x