www.daytekno.com – Merawat tempat usaha adalah salah satu hal penting yang dapat menentukan perkembangan bisnis Anda. Aspek kebersihan dan kerapihan tempat bisnis sangat penting bahkan bisa mempengaruhi nilai penjualan.

Bukan hanya itu, kebersihan tempat juga dapat menunjukkan profesionalitas dan tingkat kredibilitas Anda sebagai pelaku usaha. Konsumen atau pelanggan yang datang akan lebih nyaman dan percaya dengan produk yang dijual.

Hal ini berlaku bagi semua jenis usaha, terutama bagi mereka yang bergerak di bisnis food and beverages (F&B). Tidak terkecuali, untuk mereka yang baru memulai usaha kecil, seperti warung gerobakan.

Apa saja sih tips untuk menjaga kebersihan tempat usaha agar selalu nyaman untuk para konsumen? Berikut beberapa tipsnya.

1. Membersihkan Peralatan Sebelum dan Sesudah Dipakai

Seharusnya, sebagai pelaku usaha, membersihkan peralatan yang digunakan untuk berjualan adalah sebuah kewajiban yang sudah disadari. Namun, ternyata membersihkan peralatan sebelum digunakan juga penting.

Anda bisa membersihkan peralatan masak dan makan secara sederhana dengan lap bersih sebelum digunakan serta disajikan kepada konsumen.

Membersihkan peralatan setelah selesai juga perlu dilakukan dengan tepat dan baik. Cuci dengan sabun hingga semua kotoran atau minyak yang sulit terangkat benar-benar hilang, lalu bilas dengan air mengalir hingga tidak ada sisa sabun yang menempel.

2. Merawat dan Membersihkan Gerobak atau Tempat Usaha secara Berkala

Selain peralatan, gerobak atau medium apa pun yang digunakan untuk menjual produk harus dibersihkan secara rutin.

Baca Juga;  Facebook Ads dan Instagram Ads, Serupa Tapi Tak Sama

Jika Anda menggunakan gerobak misalnya, bersihkan setelah selesai berjualan dengan lap bersih secara menyeluruh. Buang sampah-sampah kecil yang ada. Material gerobak pun perlu diperhatikan. Gerobak kayu bisa dibersihkan dengan semprotan pembersih kayu yang sudah banyak dijual.

Berbeda dengan material besi yang tidak dapat terlalu banyak terkena air, Anda dapat menggunakan lap setengah kering untuk membersihkannya dan mencuci gerobak secara menyeluruh di saat tidak berjualan.

3. Tidak Lupa Membersihkan Meja yang sudah Selesai Digunakan Pelanggan

Sibuk melayani konsumen jangan sampai membuat Anda lupa merapikan dan membersihkan meja yang sudah ditinggalkan pelanggan.

Segera lap bersih meja yang sudah kosong agar kotoran makanan, cairan, dan segala jenis sampah yang ada tidak menumpuk. Lebih buruk lagi apabila meja yang masih kotor justru menyambut pelanggan baru yang datang.

4. Menyimpan Gerobak dan Peralatan di Tempat yang Tepat

Masih banyak pelaku usaha makanan yang menyimpan gerobak dan tenda serta perlengkapan lainnya di lokasi ia membuka usaha.

Sedangkan, cuaca seringkali berubah-ubah. Selain menambah pekerjaan untuk membersihkan alat-alat jika terkena hujan, hal ini juga bisa merusak material barang-barang tersebut.

Sebisa mungkin, bawa kembali gerobak dan peralatan yang digunakan ketika Anda pulang dan letakkan di tempat yang lebih aman serta terbebas dari hujan.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

0
Bagikan:
x