Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/03/18/z4XgHune/0-45a7.jpg”>

Skema klakson mobil dengan berbagai komponen penunjangnya (foto: Panduanmontir)

Membunyikan klakson di jalan ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan, atau Anda akan terjerat berbagai pasal pelanggaran. Di Indonesia, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 69, berisi bahwa kisaran bunyi ada di angka 83 hingga 118 desibel.

Salah satu kegunaan pasal tersebut adalah mencegah klakson dari kerusakan. Namun, terkadang kita tidak sadar berapa sering membunyikan klakson setiap harinya, terutama saat kondisi macet. Bila suara terdengar melemah, atau tiba-tiba tidak bisa dibunyikan lagi, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan. Cintamobil.com berikan 5 bagian yang perlu dicek saat klakson mati.

1. Sekring

Warna-warni sekring memastikan arus listrik tetap terjaga (foto: sakamautoservice)

Sama seperti jaringan listrik rumah, sekring di mobil berfungsi mengatur aliran listrik supaya tidak terjadi kelebihan arus. Jika sekring putus atau sudah usang, kemungkinan besar akan menyebabkan klakson mati. Sebelum mengecek bagian lain, Anda bisa mengintip dulu sekring klakson yang biasanya ada di antara aki dan relay.

2. Relay

Relay klakson berbagi tugas dengan sekring (foto: rajamotor)

Beberapa model klakson sudah dilengkapi relay, perangkat kotak hitam kecil dengan kaki-kaki emas ini yang juga bertugas mengatur daya dari aki. Bila bagian kaki karatan atau terkena jamur karena lembap, ada tendensi klakson mati. So, pastikan bagian ini tidak terlewat untuk dicek.

3. Saklar

Yakin ga tuh bagian dalamnya bebas debu?

Bisa jadi sumber masalah klakson mati berasal dari bagian paling kelihatan, yakni tombolnya. Berkumpulnya debu di bagian pelat berpotensi menyumbat aliran listrik. Namun untuk membersihkannya. Anda perlu membongkar bagian tersebut. Bila tidak yakin, percayakan kepada bengkel langganan untuk membersihkannya.

Baca Juga;  Banyak Yang Belum Tahu, Kenali Serba-Serbi Pasang Kaca Film

4. Aki

Kalau sampai rusak, mesin pun tidak akan menyala

Aki soak tidak hanya menyebabkan klakson tidak bisa dibunyikan, namun juga mesin gagal di-starter. Dalam kondisi demikian ada dua tindakan yang bisa dilakukan, yakni menyetrum ulang untuk aki basah, atau menggantinya bila memakai tipe kering.

5. Kabel

Yakin kabelnya tidak ada masalah?

Sebagai jembatan arus listrik dari awal ditekan hingga suara berbunyi, kabel juga perlu dicek kondisinya. Klakson mati bisa terjadi saat kabel putus atau pembungkus kabel terkelupas. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mengisolasi dengan lakban hitam, sebelum melakukan penggantian.

Bila kelima komponen telah dipastikan baik-baik saja, namun klakson tetap mati, satu-satunya kemungkinan adalah kerusakan di perangkat klakson sendiri. Segera hubungi bengkel untuk konsultasi lebih lanjut, atau ganti dengan yang baru bila Anda punya kemampuan mumpuni.

Jika Anda tengah mencari klakson mobil, coba saja mencarinya di beberapa marketplace di bawah ini:

Simak tips merawat mobil lainnya di Cintamobil TV

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0
Bagikan:
x