Travel  

Liburan ke Lombok, Bisa Berburu Sunset di Pantai Kuta Mandalika

Avatar
Liburan ke Lombok, Bisa Berburu Sunset di Pantai Kuta Mandalika

www.daytekno.com – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki deretan pantai yang memukau untuk dikunjungi saat liburan. Termasuk salah satunya adalah Pantai Kuta Mandalika di selatan Lombok.

Pantai ini tepatnya terletak di Kelurahan Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Kompas.com sempat mencoba berburu matahari terbenam alias sunset di Pantai Kuta Mandalika . Ada baiknya pengunjung mulai bersiap melihat matahari terbenam sekitar pukul 17.50 WITA, ketika matahari mulai turun ke garis pantai.

Di area Pantai Kuta Mandalika, ada sejumlah saung yang bisa dijadikan tempat untuk melihat matahari terbenam. Deretan saung ini terletak tidak jauh dari tempat parkir kendaraan bermotor.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk memasuki area pantai ini. Namun, parkir kendaraan bermotor dikenai tarif berbeda, tergantung jenis kendaraannya.

Pengendara kendaraan bermotor roda empat dikenai biaya Rp 10.000, sementara kendaraan bermotor roda dua dikenai biaya Rp 5.000.

Tidak perlu khawatir jika perut lapar. Sebab, di sekitarnya terdapat sejumlah warung yang menyediakan jajanan makanan maupun minuman. Selain itu, ada juga restoran yang berada di Pantai Kuta Mandalika.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu kencang, sehingga tidak bisa digunakan untuk berselancar.

Selain berburu matahari terbenam di area publik pantai, pengunjung juga bisa menikmatinya di area yang lebih privat, yakni jika menginap di Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort.

Di resor seluas 4 hektar ini terdapat belasan tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung menyaksikan matahari terbenam dari Pantai Mandalika atau sekedar bersantai.

Tempat duduk di sana terbagi menjadi dua jenis, yaitu tempat bean bag dan kursi pantai. Keduanya dipercantik dengan payung besar berwarna merah dan tersedia handuk untuk pengunjung.

Baca Juga;  Kata Garuda, Jadi Satu-satunya Maskapai Paling Tepat Waktu Se-Asia Pasifik

Sebagian besar tempat duduk ini berada di pasir, sebagian lainnya berada di area hotel yang berlantai kayu.

Jika memilih duduk di kursi pantai, pengunjung bisa sekaligus merasakan hangatnya pasir pantai berwarna coklat muda dengan kaki telanjang. Udara yang berembus juga terasa hangat dan cukup menyejukkan.

Karena berada di area privat, pengunjung yang menikmati matahari terbenam di sini bisa memilih spot paling disukai tanpa perlu berada di tengah area publik yang terlalu ramai.

Akses ke Pantai Kuta Mandalika

Dari Bandara International Lombok (BIL) menuju ke pantai ini, pengunjung bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Jaraknya 18,2 kilometer atau sekitar 30 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan.

Dari bandara, pengunjung bisa menyusuri Jalan Raya Tanak Awu, kemudian berbelok kanan mengambil Jalan Kuta Lombok hingga bundaran Tugu Ombak Kuta.

Setelah itu, ambil jalan menuju Jalan Pariwisata, lalu Jalan Sengkol, kemudian berbelok kanan mengambil Jalan Mandalika Resort Pantai Putri Nyale.

Lalu, pengunjung berbelok ke Jalan Beach Walk dan tiba di area Pantai Kuta Mandalika.

Total perjalanan dari BIL hingga Pantai Kuta Mandalika menggunakan motor atau mobil sekitar 30 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.