Travel  

Liburan Saat Cuaca Ekstrem, Kunjungi 20 Wisata Indoor di Bandung

Avatar
Liburan Saat Cuaca Ekstrem, Kunjungi 20 Wisata Indoor di Bandung

www.daytekno.com – Cuaca ekstrem diprediksi melanda wilayah Indonesia bertepatan dengan periode libur akhir tahun. Namun, masyarakat masih bisa menikmati libur akhir tahun dengan mengunjungi obyek wisata dalam ruangan (indoor).

Jika kamu berencana menghabiskan libur akhir tahun di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, ada sejumlah tempat wisata indoor yang bisa kamu sambangi.

Meskipun terkenal dengan keindahan wisata alam, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung menawarkan sejumlah wisata indoor yang tidak kalah menarik.

Wisata indoor Kota Bandung dan Kabupaten Bandung

1. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan taman bermain indoor yang menawarkan beragam wahana permainan seru yang menguji adrenalin.

Mengutip dari situs Trans Studio Bandung, taman hiburan ini memiliki luas 4,2 hektar, serta terletak di dalam kawasan Trans Studio Mall Bandung.

Obyek wisata ini cocok jika kamu ingin menghabiskan libur akhir tahun dengan kegiatan seru bersama teman atau keluarga.

Trans Studio Bandung menyajikan 20 wahana permainan dan hiburan yang terbagi dalam tiga zona. Lokasinya berada di Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Kota Bandung.

2. Gedung Sate, Kota Bandung

Gedung Sate merupakan salah satu ikon wisata Kota Bandung yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat cuaca ekstrem .

Selain berfungsi sebagai kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate menyediakan ruangan museum di lantai dasar, seperti dikutip Kompas.com (20/1/2020),

Pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi seni seperti batu kali, batu gelas, dan baja Swedia yang digunakan untuk membangun Gedung Sate. Adapula permainan augmented reality (AR) bersama animasi orang Belanda dan para pekerja pembangun Gedung Sate.

Gedung Sate dibangun pada 1924, namun masih kokoh hingga saat ini. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kota Bandung

3. Museum Konferensi Asia Afrika, Kota Bandung

Masyarakat bisa mengisi libur akhir tahun di tengah cuaca ekstrem dengan mengunjungi museum. Salah satu museum bersejarah di Jabar adalah Museum Konferensi Asia Afrika di Kota Bandung.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi foto saat konferensi internasional itu digelar di Indonesia

Ikon dari Museum Konferensi Asia Afrika adalah tiang bendera berjajar di depan gedung yang mewakili anggota peserta konferensi.

Ada pula ruang pameran, diorama, dan ruang audio visual yang bisa dikunjungi wisatawan. Museum ini berada di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.

4. Saung Angklung Udjo, Kota Bandung

Saung Angklung Udjo merupakan destinasi wisata budaya di Bandung. Selain menikmati waktu libur, pengunjung bisa belajar budaya khas Sunda, Jawa Barat.

Mengutip situs resmi Saung Angklung Udjo, obyek wisata ini meyediakan wisata budaya dan edukasi yang lengkap. Mereka memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop untuk alat musik bambu.

Saung Angklung Udjo juga menggelar pertunjukan, yakni Pertunjukan Bambu Petang yang berisi beberapa penampilan pendek spektakuler. Meliputi, demonstrasi wayang golek, upacara helaran, seni tari tradisional, angklung pemula, angklung orkestra masal, dan arumba.

Baca Juga;  Cara ke Lotte Alley Naik KRL dan Transjakarta

Lokasinya berada di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

5. Museum Geologi, Kota Bandung

Museum Geologi merupakan destinasi wisata edukasi di Bandung. Mengutip Kompas.com (27/2/2022), museum ini memiliki koleksi berupa material geologi, mulai dari fosil, batuan, hingga mineral.

Semua koleksi di dalam museum ini merupakan hasil dari pengumpulan sejak tahun 1850. Bangunan Museum Geologi bergaya Art Deco yang terdiri dari dua lantai.

Lokasinya berada di di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

6. Centrum Million Balls, Kota Bandung

Centrum Million Balls merupakan obyek wisata indoor yang menyajikan aneka permainan bola.

Tempat bermain indoor ini, juga disebut Big Poll Party atau kolam bola terbesar di Indonesia dengan luas 500 meter. Tak hanya anak kecil, tersedia kolam bola untuk orang dewasa, sehingga semua anggota keluarga bisa menikmati keseruan di Centrum Million Balls.

Adapula spot foto yang penuh warna, seperti Disco Darling, Choco Sunday, Yellow Bubble Shower, dan Story of My Life.

Centrum Million Balls terletak di Jalan Belitung nomor 10, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

7. Amazing Art World, Kota Bandung

Amazing Art World merupakan obyek wisata indoor yang menyajikan beragam lukisan 3D, 4D, dan 5D. Wisatawan yang berkunjung dapat berfoto dengan aneka lukisan tersebut.

Lukisan-lukisan di Amazing Art World merupakan hasil karya pelukis Tanah Air. Dengan teknik 3D, 4D, dan 5D lukisan-lukisan di Amazing Art World tampak nyata.

Mengutip Tribun Jabar (16/6/2017), Amazing Art World menampilkan 13 zona wisata seni yang menajubkan bagi pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Dr. Setiabudi No.293-295, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

8. Panama Park 825, Kota Bandung

Jika ingin liburan seru di area indoor, maka Panama Park 825 bisa menjadi pilihan. Panama Park 825 merupakan salah satu area bermain (playground) dalam ruangan terbesar di Bandung.

Mengutip dari situs resminya, indoor playground yang dikembangkan oleh Game Master ini dirancang dengan konsep keluarga.

Jadi, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa bisa menikmati semua fasilitas di Panama Park 825. Fasilitas yang tersedia di Panama Park 825 terbagi dalam empat zona yakni, snow park, playground, game master, dan joy and fun.

Lokasinya berada di Jalan Jend. Sudirman Nomor 825, Cijerah, Kota Bandung.

9. Fairy Garden by The Lodge, Lembang

Fairy Garden by The Lodge adalah wisata yang mengusung konsep negeri dongeng. Pengunjung akan disambut oleh suasana bak negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastel, properti, dan taman.

Mengutip laman Fairy Garden by The Lodge, ada empat kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di obyek wisata ini. Sebagian kegiatan itu dilakukan dalam ruangan sehingga aman dari cuaca ekstrem.

Baca Juga;  Car Free Day Karanganyar, Bisa Leluasa Lari di Jalan

Meliputi, seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku dan mendengarkan dongeng, serta belajar memberi makan pada hewan.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

10. Lembang Park & Zoo, Lembang

Sebagian zona di Lembang Park & Zoo berada di dalam ruangan, sehingga wisatawan bisa menikmati liburan meskipun cuaca ekstrem. Salah satunya adalah Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Kebun binatang seluas 20 hektar ini, memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain. Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo.

Setelah lelah berkeliling, para pengunjung bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat.

11. Dago Bakery Punclut, Lembang

Dago Bakery adalah restoran dengan desain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik. Jadi, pengunjung bisa merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik.

Mengutip laman Dago Bakery, bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut.

Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung, dua lampu menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura, dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya.

Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

12. Mercusuar Cafe & Resto, Kabupaten Bandung

Serupa dengan Dago Bakery, tempat kuliner ini mengusung tema abad pertengahan dengan menghadirkan bangunan berbentuk kastel.

Mengutip Kompas.com (9/9/2020), nuansa khas Eropa tidak hanya terlihat dari bangunan kastil megah, tetapi juga dari dekorasi di sekitarnya.

Mercusuar Cafe & Resto terdiri dari enam lantai. Jika cuaca cerah. pengunjung bisa menyambangi area rooftop sehingga dapat melihat panorama Bandung dari ketinggian.

Lokasinya di Jalan Lembah Pakar Timur 2 Nomor 7, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

13. Dusun Bambu, Kabupaten Bandung

Wisata kuliner bisa menjadi alternatif destinasi liburan saat cuaca ekstrem. Jika berada di Jabar, kamu bisa mengunjungi Dusun Bambu yang berada di Jalan Kolonel Masturi No.KM11, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Daya tarik Dusun Bambu adalah wisata kuliner yang menyatu dengan alam, sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi makan di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan.

Selain menyantap kuliner, wisatawan bisa berkeliling danau dengan perahu, berkemah, serta glamping. Dusun Bambu juga menyediakan penginapan bergaya khas Sunda yakni bangunan terbuat dari bambu.

14. Curug Maribaya, Lembang

Serupa dengan Dusun Bambu, obyek wisata ini merupakan restoran dengan konsep alam terbuka. Daya tarik obyek wisata ini adalah pengunjung bisa menikmati panorama curug dari restoran.

Curug alias air terjun tersebut memiliki ukuran yang tak terlalu tinggi. Obyek wisata ini cocok untuk bersantai bersama keluarga meskipun cuaca ekstrem.

Lokasinya berada di kawasan Maribaya Natural Hot Spring and Resort tepatnya di Jl. Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Bandung Barat.

Baca Juga;  Wisata "low budget" yang digemari di Kuala Lumpur

15. Sarae Hills, Lembang

Mencari restoran yang instagramabe di Jabar? Kamu bisa mengunjungi Sarae Hills yang berada di Jalan Pageurmaneh, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sarae Hills memiliki tujuh kafe dan restoran, serta tempat wisata foto bernama WOW Sarae Hills.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar bangunan berkonsep Mediterania, ala Santorini, Yunani. Tak hanya bangunan khas Santorini, pengunjung juga bisa menemukan ikon berbagai negara, seperti Sphinx, Arc de Triomphe, dan Menara Eiffel.

16. Lawangwangi Creative Space, Lembang

Pencinta seni yang mencari destinasi wisata di tengah cuaca ekstrem bisa mampir ke Lawangwangi Creative Space. Lokasinya ada di Jalan Dago Giri nomor 99A, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pengunjung bisa menikmati berbagai karya seni. Lawangwangi Creative Space juga memiliki kafe yang menyuguhkan pemandangan Bandung dari atas bukit.

Jika cuaca cerah, pengunjung bisa mengabadikan foto dengan latar pemandangan kota.

17. Candy House, Ciwidey

Candy House merupakan obyek wisata indoor yang menyajikan aneka ragam replika permen, seperti dikutip dari Tribun Travel (28/2/2022).

Candy House memiliki banyak spot foto dengan ornamen permen, seperti lolipop, gula kapas, marshmallow, dan lainnya. Bangunan Candy House berwarna warni sehingga membuat obyek wisata ini semakin menyerupai warna warna permen.

Candy House berada di Jalan Raya Ciwidey Rancabali KM 33.7, Desa Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

18. Rabbit Town, Kota Bandung

Meskipun berada di dalam ruangan, Rabbit Town menawarkan banyak spot foto instagramable. Kamu bisa memilih aneka begron swafoto dengan tema unik dan lucu, seperti donat, es krim, patung kelinci, dan lainnya.

Pengunjung juga bisa melihat koleksi 168 ikan arwana dalam akuarium besar pada wahana Fantasy Land. Rabbit Town memiliki area penangkaran kelinci yang disebut Rabbit Farm atau Rabbit Villa, sehingga obyek wisata ini dinamai Rabbit Town.

Lokasi Rabbit Town berada di Jalan Rancabentang No.30, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

19. Pinisi Resto, Ciwidey

Pinisi Resto adalah restoran dengan konsep kapal yang seolah terdampar di tengah-tengah perbukitan. Restoran unik tersebut terletak di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk.

Pengunjung bisa menikmati aneka menu dengan dikelilingi panorama danau dan hamparan perkebunan teh. Lokasinya berada di Situ Patenggang, Kawasan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

20. Selasar Sunaryo, Kota Bandung

Bagi pencinta seni, obyek wisata ini bisa menjadi alternatif wisata saat cuaca ekstrem. Selasar Sunaryo merupakan sebuah galeri seni yang menampilkan beragam koleksi karya seni menarik.

Berdasarkan informasi situs Selasar Sunaryo, galeri ini juga dilengkapi dengan toko cinderamata, perpustakaan, dan kedai kopi.

Selain menikmati indahnya karya seni yang dipamerkan, pengunjung bisa berfoto di spot instagramable. Galeri seni ini berada di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 100, Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.