Wisata  

Lokasi Pantai Watu Karung di Pacitan Jawa Timur dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

Avatar
Lokasi Pantai Watu Karung di Pacitan Jawa Timur dan Berapa Harga Tiket Masuknya?

www.daytekno.com – Lokasi: Pringkuku, Watukarung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552Map: Klik DisiniHTM: Rp.2.000 – Rp.5.000 per OrangBuka Tutup: 24 JamTelepon: 0812-3506-5982

Indonesia sekarang ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan mancanegara terutama mereka penggemar dunia olahraga dan pecinta alam asri.

Hal ini bisa terlihat dengan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

Tidak salah jika Indonesia menjadi incaran. Pasalnya, negeri khatulistiwa ini menyajikan berbagai spot wisata dan arena untuk olahraga alam kelas dunia yang siap memanjakan siapa saja.

Jika berbicara mengenai olahraga air terutama selancar, hal utama yang menjadi perhatian bagi mereka surfer lover adalah ombak.

Sebuah menjadi keharusan untuk menemukan pantai yang mempunyai gelombang air atau ombak yang besar dan stabil.

Jika mereka mampu mendapatkan dua hal ini, bagaikan anak kecil yang mendapatkan mainan.

Ditambah lagi jika spot-spot wisata tersebut memang belum diketahui oleh banyak orang sehingga alamnya terlihat asri dan sepi.

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang menyajikan surga dunia dengan keindahan pantai-pantainya.

Apalagi ada banyak surga tersembunyi yang menyajikan keindahan alam dan panorama yang eksotis di Bumi Pertiwi ini.

Tidak perlu repot-repot untuk menemukannya, mulai dari ujung timur hingga ke barat, ada banyak sekali kawasan wisata yang menyajikan keindahan dan siap memanjakan siapa saja.

Keindahan alam yang berpadu dengan ombak besar memang menjadi incaran para peselancar terutama mereka turis dari luar negeri.

Bahkan mereka tidak peduli jika harus menerobos kerumunan hutan yang berbahaya, lebat serta tebing terjal. Demi memberi kepuasan akan rasa penasarannya, para surfer ini siap menantang bahaya.

Watu Karung

Jika membahas mengenai spot untuk berolahraga selancar yang cukup menarik, ada banyak destinasi bisa ditemukan di Indonesia.

Mulai dari Pantai Pulau Merah hingga pantai di sekitar Pulau Bali yang memang sudah banyak diincar oleh para wisatawan.

Akan tetapi sekarang ini ada kawasan yang mampu memberikan paket lengkap mulai dari wisata alam dan surfing yang sekaligus dilengkapi dengan homestay, resort, hotel hingga penginapan.

Kawasan wisata tersebut namanya adalah Pantai Watu Karung, letaknya itu berada di Desa Limasan Pacitan.

Baca Juga;  15 Tempat Wisata di Banten Terbaru, Terindah & Paling Hits

Pantai ini menjadi salah satu gugusan bahari indah di kota Pacitan. Apalagi letaknya masih tersembunyi dan sedikit orang yang mengetahui keindahan serta kemegahan spot tersebut.

Meski masih belum terlalu banyak dilirik wisatawan, Pantai Watu Karung kini mulai menjadi incaran para wisatawan domestik yang hanya ingin berlibur dan bersantai.

Apalagi keindahan alam dan kebersihan area pantai masih sangat alami asrinya. Sehingga eksotisme panoramnyaa tetap terjaga.

Pantai Watu Karung yang terletak di daerah Pringkutung, Pacitan ini hadir memberikan dan menawarkan ombak kelas dunia yang menjadi incaran para peselancar.

Bahari Watu Karung mampu memberikan gelombang ombak hingga setinggi 4 meter. Tentu saja tidak heran jika para peselancar kelas dunia mulai mengalihkan pandangan mereka ke pantai ini.

Sejarah awal bagaimana bahari tersebut mulai terkenal di tahun 2022 ini adalah dikala salah satu peselancar dunia yaitu Bruce Irons sedang berselancar di Watu Karang dan mengabadikan momen dirinya sedang berselancar.

Semenjak unggahannya tersebar di berbagai media, akhirnya Pantai Watu Karung mulai mendapatkan perhatian dunia.

Foto dan gambar Bruce ketika sedang berselancar pun sempat viral di media. Bahkan ia sempat menjadi model dari majalah olahraga selancar Waves dengan latar belakang pantai Watu Karung.

Praktis membuat para peselancar merasa tertarik ingin mencoba tantangan yang diberikan pantai ini. Apalagi surf accomodation di sini juga terbilang sangat lengkap.

Eksotisme Pantai

Kemegahan ombak kelas dunia memang menjadi salah satu daya tarik kenapa Pantai Watu Karung menjadi incaran para wisatawan.

Akan tetapi bukan hanya itu saja sisi menarik dan keindahan yang dimiliki oleh Pantai Watu Karung.

Sisi menarik lainnya dari spot ini adalah pantainya yang sangat bersih dihiasi dengan pasir putih halus nan lembut. Ditambah lagi air lautnya pun sangat biru dan jernih.

Untuk menambah keindahan dan eksotisme dari pantai ini, ada deretan karang yang memenuhi area bibir pantai.

Tentu saja semakin menambah keindahan serta keeksotisan bagi pantai Watu Karang tersebut.

Sementara itu, tidak jauh dari area bibir pantai terdapat barisan pepohonan hijau yang membuat suasana semakin sejuk, apalagi jika angin laut berhembus.

Meski memiliki ombak yang sangat tinggi hingga 4 meter, para wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain di area bibir pantai.

Baca Juga;  40 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat Yang Bagus

Pasalnya, ombak besar ini berhenti tepat di bibir pantai dan tidak memiliki karakteristik seperti area pantai di Selatan Pulau Jawa.

Ombak di sini tidak akan menyeret ke lautan. Sehingga, membuat para wisatawan akan tetap aman bermain di sekitar area Pantai Watu Karung.

Yang cukup menarik adalah harga tiket untuk masuk ke area ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Para wisatawan bisa masuk dengan bebas.

Akan tetapi jika ingin memakai bikini, disarankan untuk menggunakannya di area yang sudah disediakan. Pasalnya, tidak boleh sembarangan.

Rute Menuju Lokasi

Meski belum terlalu ramai, akan tetapi nama Pantai Watu Karung sudah menjadi incaran para wisatawan, terutama penggemar olahraga surfing atau selancar.

Sehingga tak heran jika para wisatawan tertarik ingin mengunjungi dan berlibur ke tempat ini untuk merasakan sensasi ombak serta keindahannya.

Namun cukup disayangkan, akses atau rute menuju ke Pantai Watu Karung sendiri memang tidak mudah. Belum ada angkutan umum yang beroperasi dan memiliki rute menuju ke daerah pantai Watu Karung ini.

Secara otomatis jika ingin berlibur ke pantai Watu Karung, wisatawan harus menyewa kendaraan pribadi, baik itu roda 2 atau 4.

Meskipun bisa menyewa kendaraan pribadi namun tetap harus waspada dan berhati-hati. Pasalnya, akses jalan menuju ke pantai Watu Karung ini cukup sempit dan belum ada aspal halus.

Masih banyak lubang di sepanjang perjalanan dan jarak yang ditempuh dari pusat kota Pacitan sendiri sekitar 40 kilometer.

Dan selama perjalanan para wisatawan akan menemui tikungan tajam serta tanjakan curam. Maka dari itu, dibutuhkan kewaspadaan ketika berkendara, terutama para pengguna sepeda motor.

Kabupaten Pacitan yang terletak di Jatim ini bisa diakses menggunakan 2 jalur yang cukup mudah.

Pertama, bisa melalui jalur Pacitan – Solo dengan melewati Jogja melalui Gunung Kidul, Solo dan Ponorogo. Sementara rute kedua via jalan pintas Desa Sedeng.

Jika melalui jalur dari Solo ke Pacitan, para wisatawan akan melewati kawasan wisata Pantai Teleng yang tidak kalah indahnya kemudian menelusuri hutan lebat hingga akhirnya tiba di Pringkuku.

Baca Juga;  Ragam Keindahan dan Kisah Pantai Glagah Wangi di Pesisir Demak, Berapa Harga Tiket Masuknya?

Jika ingin lebih cepat, tentu menggunakan jalan pintas Desa Sedeng bisa menjadi alternatif dan para wisatawan pun bisa lebih cepat sampai.

Pasalnya, jalur ini akan langsung membawa para wisatawan menuju ke Desa Pringkuku tanpa harus melewati jalur tikungan yang berkelok-kelok.

Akan tetapi jika melewati jalur ini akan ada banyak ditemukan tanjakan curam. Jadi, kendaraan yang digunakan harus prima dan dalam kondisi yang baik.

Jika kendaraan sampai rusak, praktis akan sulit dikarenakan tidak ada bengkel di dekat area tersebut.

Fasilitas Komplit

Meski letak Pantai Watu Karung ini cukup sulit di akses, akan tetapi kawasan wisata ini masih alami dan bersih.

Dengan belum banyaknya pengunjung yang datang, tentu saja para wisatawan bisa menikmati pesona alam di pantai Watu Karung ini dengan maksimal.

Salah satunya adalah merasakan keindahan ombak yang siap memanjakan para wisatawan kala berlibur ke Watu Karung.

Meski cukup terpencil dan juga akses yang dibutuhkan cukup berat, akan tetapi semua fasilitas seperti tempat menginap sudah sangat komplit.

Penginapan yang tersedia memang bukan hotel berbintang, akan tetapi sudah cukup memuaskan jika hanya mencari tempat tidur atau sekedar bersantai setelah menjejaki Pantai Watu Karung.

Tips Berlibur

Pantai Watu Karung memang sangat menyenangkan. Apalagi dengan keindahan alam yang ditawarkannya.

Akan tetapi mengingat akses dan juga rute yang rumit, ada beberapa tips yang bisa digunakan.

Sebelum berangkat, periksa terlebih dahulu kendaraan yang akan digunakan. Pasalnya, setiap transportasi sewaan kondisinya berbeda-beda.

Pilih yang paling sehat dan stabil karena kses menuju ke Pantai Watu Karung membutuhkan mobil prima, apalagi banyak tanjakan curam ditemui di sepanjang perjalanan.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada masyarakat sekitar jika akses teknologi seperti google map tidak bisa membantu.

Masyarakat sekitar sudah sangat hafal dan pastinya telah mengenal dengan baik rute jalan tersebut.

Namun bagi pendatang, meski sudah menjadi incaran banyak orang petunjuk untuk menuju ke pantai ini masih sangat minim.

Bagi para pecinta dunia surfing, tentu saja harus mempersiapkan peralatan untuk berselancar menjadi hal yang paling utama.

Pikirkan terlebih dahulu mengenai keselamatan kala berselancar agar nantinya membuat liburan semakin berkesan.