Max Verstappen Kritik Penyelenggara F1, Minta Sadar Mobil Sekarang Lebih Kaku

Avatar
Max Verstappen Kritik Penyelenggara F1, Minta Sadar Mobil Sekarang Lebih Kaku

www.daytekno.com – Kendati menjadi juara dunia 2 kali berturut-turut F1 untuk tahun 2021 dan 2022, Max Verstappen mengkritik penyelenggara F1 dan minta sadar bahwa mobil F1 masa kini jauh lebih kaku.

Kritik itu diberikan karena F1 tetap memakai sirkuit-sirkuit jalan raya yang berkarakter low speed cornering dan sempit.

Padahal sirkuit-sirkuit model itu sangat bertentangan dengan karakter mobil F1 masa kini yang jauh lebih lebar dan kaku ketimbang mobil F1 masa lalu.

Menurutnya, mobil F1 masa kini lebih cocok untuk dipakai pada sirkuit-sirkuit dengan lintasan yang lebar dan memiliki tikungan panjang.

“Dengan mobil masa kini dengan tata letak gaya Monte Carlo (Monako), sangat sulit untuk mendapatkan putaran yang bersih. Apalagi di kualifikasi ketika Anda melaju dengan kecepatan penuh”

“Secara pribadi saya lebih suka di mana ada tikungan cepat, seperti Spa (Francorchamps di Belgia). Tempat seperti ini tidak boleh sampai absen di kalender, karena di sini pengendara benar-benar menunjukkan perbedaan,” ucapnya menegaskan.

Dalam memberikan pernyataan tersebut, Max Verstappen ingin memberikan tentangannya terhadap keberlanjutan penerapan “Sirkuit Jalan Raya”.

Argumennya adalah membandingkan karakter dan model mobil F1 masa kini dengan mobil F1 5 tahun lalu.

“ F1 baru terlalu berat dan kaku untuk sirkuit-sirkuit itu,” katanya karena risiko keluar dari trek lebih besar.

“Dibandingkan dengan tahun 2015 dan tahun 2016 ketika mobil lebih gesit, anda mungkin bisa memanfaatkan trotoar (kerb), namun sekarang hanya membuat frustasi,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa pada tahun 2023 F1 telah menambahkan jadwal baru di sirkuit jalanan yang terletak di Las Vegas.

Mengetahui hal itu, Max Verstappen tidak ada ketertarikan untuk membalap di sana karena keteguhan hatinya yang tidak menyukai sirkuit jalanan dengan mobil F1 masa kini.

Baca Juga;  Alat Transportasi Terunik Di Dunia

“Sekarang F1 terus melakukan penambahan kepada kalender untuk sirkuit jalanan. Seperti yang saya katakan, saya tidak menyukainya, karena mobil kami tidak dirancang untuk bergerak di rute sehari-hari”

“Sebaliknya, mereka (mobil F1 masa kini) adalah yang terbaik di mana Anda membawanya dengan cepat. Baik untuk memiliki beberapa (sirkuit jalanan) tapi tidak berlebihan. 1 putaran yang dilakukan di sirkuit seperti Suzuka jauh lebih menyenangkan dari pada balapan jalan raya di mana pun,” tuturnya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Tuttomotoriweb.***