www.daytekno.com

Lokasi: Jalan Lintas Sumatera, Kec. Bakauheni, Kab. Lampung Selatan 35592Map: Klik DisiniHTM: Rp.5.000 per OrangBuka Tutup: 06.00-12.00Telepon: 0721) 77589

Landmark Lampung Selatan

Selain terkenal dengan keindahan pantai serta kejernihan airnya. Kota Lampung juga cukup populer karena memiliki destinasi wisata kebun binatang Way Kambas, yakni sebuah tempat bagi perlindungan Gajah.

Kota Gajah ini juga memiliki banyak bangunan, hotel, lokasi underground, gua, serta museum yang penuh dengan nilai sejarah seperti di Bandar Lampung serta Kalianda.

Sejumlah bangunan-bangunan tersebut bahkan menjadi bukti dan saksi bisu perkembangan peradaban di wilayah Indonesia.

Mari sejenak menilik deskripsi informasi serta penjelasan tentang landmark Kabupaten Lampung Selatan.

Di tempat inilah berada salah satu destinasi wisata menarik, dengan makna tersendiri bagi masyarakat Lampung.

Lokasi Dimana

Beberapa orang, terutama masyarakat Lampung, menyatakan bahwa tidak lengkap bila belum menikmati sendiri keindahan Menara Siger.

Menara ini dapat dilihat ketika perjalanan penyeberangan Selat Sunda menggunakan kapal feri.

Dimana semakin dekat feri merapat ke Pelabuhan Lampung Selatan, Bakauheni, maka wisatawan akan semakin jelas melihat Menara Siger ini.

Begitu kapal feri merapat di Pelabuhan Bakauheni, tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai Kompleks Menara Siger.

Bila menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda, hanya dibutuhkan waktu sekitar lima menit untuk mencapai bangunan wisata ini.

Tugu kebanggaan kota Lampung ini didirikan di Bukit Gamping dengan ketinggian sekitar 110 mdpl.

Alur rute untuk bisa mencapai lokasi ini memang sangat mudah, karena Menara Siger adalah gerbang dari Provinsi Lampung.

Siapapun yang hendak menikmati kekayaan alam wilayah Sumatera, atau hendak menyeberang ke Pulau Jawa, pasti akan melewati lokasi ini.

Ada beberapa cara untuk mencapainya, salah satu yang tercepat adalah melalui Pelabuhan Bakauheni.

Baca Juga;  Inilah 9 Alasan Mengapa Pantai Sawarna Wajib Dikunjungi

Fungsi dan Daya Tarik

Bangunan megah ini berbentuk mirip seperti mahkota berwarna kuning, terkadang akan terlihat pantulan sinar berwarna kemerahan di sekitarnya.

Bangunan ini merupakan suatu bangunan megah dengan total tinggi Menara sekitar 32 meter yang menjadi simbol kebanggaan masyarakat Lampung.

Seperti halnya Monumen Nasional bagi warga Jakarta, demikianlah monumen yang dibangun pada tahun 2005 ini bagi masyarakat Lampung.

Di mata masyarakat, Menara Siger bukan sekadar bangunan, namun juga memiliki arti sebagai simbol wilayah Lampung dari segi keagamaan, seni, budaya, dan pendidikan.

Siger merupakan nama topi adat pengantin wanita asal Lampung. Mahkota ini digunakan dalam berbagai acara formal maupun upacara adat dan menggambar kehormatan bagi masyarakat Lampung.

Bangunan ini didesain oleh arsitek lokal yaitu Ir. Hi. Anshori Djausal M.T. Perancangan bangunan menggunakan teknik ferrocement untuk membuat bangunan tahan guncangan dan terpaan angin kencang khas pesisir pantai.

Dengan menggunakan teknik ini, konstruksi bangunan dibuat dengan menggunakan rangka berdasarkan kekokohan jaring laba-laba.

Melalui destinasi wisata ini, kita bisa dengan mudah mengenai ciri khas Provinsi Lampung yang membedakannya dengan wilayah lain di Indonesia.

Monument ini dibangun dengan membentuk deretan rangkaian sembilan mahkota sebagai lambang sembilan bahasa suku.

Warna kuning serta merah mewakili warna mahkota adat pengantin wanita khas Lampung yaitu warna emas. Di seluruh penjuru terukir corak kain tapis.

Isi puncak menara merupakan penanda simbol tatanan social, yaitu payung dengan warna putih kuning merah.

Sementara itu, di dalam bangunan utama Menara Siger, terdapat Prasasti Kayu Are. Prasasti ini dianggap sebagai simbol pohon kehidupan oleh masyarakat.

Menara ini merupakan sebuah simbol yang menandakan titik nol di bagian selatan Sumatera.

Diresmikan pada tahun 2008, bagian dalam bangunan dilengkapi pula dengan peta informasi wisata wilayah Lampung.

Baca Juga;  Daftar Rekomendasi Pilihan Travel Surabaya – Cirebon Dengan Tarif Mulai Dari Rp.250 Ribuan

Ketika menginjakkan kaki di Menara ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Pelabuhan Bakauheni ataupun menikmati lautan lepas Samudera Hindia. Di sinilah spot terbaik untuk mengambil foto dan gambar pemandangan alam.

Secara umum, denah bangunan tersebut cukup mudah karena terbagi menjadi enam unit lantai.

Di masing-masing lantai, wisatawan bisa menikmati dan mempelajari informasi masing-masing kabupaten serta kota madya di Provinsi ini.

Terdapat miniatur photograph yang akan memudahkan pengunjung. Bagi wisatawan mancanegara, tidak perlu khawatir karena telah tersedia translator in English.

Ketersediaan Fasilitas

Di dalam bangunan yang mewah dan menarik ini, terdapat data mencakup letak geografis, demografis dan kekayaan SDA di Lampung, serta ideologi dan hankam.

Pemberian informasi ini di bagian Menara merupakan bagian dari semangat pendiri yang meyakini bahwa bangunan ini akan menarik perhatian banyak wisatawan, baik untuk berwisata ataupun investasi.

Keunikan bangunan Menara merupakan suatu hasil karya seni yang penuh dengan konsep, filosofi, serta makna.

Di sekitar bangunan, diberikan berbagai macam fasilitas yang mendukung pemberian informasi wisata, seni, dan budaya.

Ketika akan memasuki wilayah bangunan utama, terdapat sebuah gapura yang berbentuk mahkota berwarna merah.

Wisatawan akan menaiki beberapa anak tangga untuk bisa memasuki area utama bangunan. Penataan ornamen dan hiasan juga akan memberikan warna tersendiri bagi wisatawan.

Di sisi jalan menuju bangunan, terdapat taman kecil yang ditumbuhi beberapa tanaman dan bunga.

Sekalipun menjadi ikon masyarakat serta Provinsi, destinasi wisata ini tidak begitu ramai dikunjungi wisatawan di luar masa-masa liburan.

Di sekitar kompleks menara terdapat beberapa warung makan kecil yang menyediakan makanan ringan serta minuman sebagai pelepas dahaga.

Harga yang dipatok untuk masing-masing barang tidak begitu mahal, berbeda dengan tempat wisata pada umumnya.

Tiket masuk bagi wisatawan mengunjungi lokasi ini terbilang murah. Setiap kendaraan bermotor yang mengunjungi wilayah kompleks Menara Siger akan dikenakan biaya sekitar Rp.15.000 sedangkan mobil Rp.20.000.

Baca Juga;  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Tarif masuk ini terbilang murah karena merupakan biaya tidak resmi. Sementara itu, untuk memasuki Menara, wisatawan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000-Rp.10.000 per orang.

Rekomendasi Wisata

Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Menara Siger ketika subuh atau menjelang matahari terbit.

Bila cuaca sedang cerah, Anda akan menikmati keindahan panorama sunrise di bagian timur monumen.

Anda bisa mengunjungi lokasi tersebut kapanpun, bagik pagi, siang, atau malam hari. Mengunjungi tugu monumen kebanggaan Lampung memang menjadi salah satu opsi destinasi wisata.

Ditinjau dari tiket masuknya, jelas tidak mematok tarif harga mahal sehingga siapapun bisa menikmati pemandangan, photo, fasilitas, serta kemegahan icon Lampung dari dekat bahkan memasukinya.

Di tempat penuh makna, wisatawan luar daerah juga bisa sekaligus mempelajari budaya serta adat Lampung.

Wisatawan bisa juga mempelajari mengenai keistimewaan daerah-daerah di Indonesia, melihat mengenai denah peta persebaran pariwisata serta Sumber Daya Alam.

Dengan adanya pengetahuan mengenai kekayaan bangsa sendiri, sangat diharapkan untuk setiap generasi penerus bangsa dapat menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk membentuk pariwisata Indonesia semakin maju.

Bila anda ingin melihat terlebih dahulu mengenai video Menara Siger, silakan untuk mengunjungi situs youtube.

Anda bisa juga mendownload rute perjalanan wisata dari Google Maps untuk memastikan agar tidak tersesat atau bingung.

Silakan masukkan titik koordinat vector Menara Siger ke dalam Google Maps Anda sebagai suatu ‘pin’.

Pinned place akan membantu sekali untuk melihat rute perjalanan anda tanpa terlebih dahulu mencari-cari.

Sekian informasi serta penjelasan mengenai tugu monumen di Lampung Selatan, Menara Siger. Jangan lupa ketika berkunung, ambillah beberapa poto sebagai kenang-kenangan.

Bisa juga mengunggahnya di youtube atau Instagram supaya masyarakat luas semakin memahami dan tertarik mengunjungi wisata Indonesia. Selamat berwisata, semoga hari Anda menyenangkan.

0
Bagikan:
x