Mengenal Kucing Siam Himalaya, Karakteristik dan Cara Perawatannya

  • Bagikan

Kucing Himalaya biasa disebut dengan Himmie pada kalangan pecinta kucing. Dengan adanya persilangan yang dilakukan oleh para peneliti dan peternak, menjadikan kucing jenis ini nampak semakin cantik dan menarik. Bagi anda yang tertarik menjadikan kucing Himalaya sebagai kucing peliharaan, sebaiknya anda mengenal lebih dekat dari jenis kucing siam himalaya ini.

pinterest.com

Mengenal Kucing Siam Himalaya

Kucing Himalaya merupakan ras kucing domestik hasil persilangan antara kucing Siam dengan kucing Persia. Dengan adanya penyilangan tersebut, bertujuan untuk memperoleh satu jenis kucing dengan tipe badan yang sama seperti pada kucing persia.

Akan tetapi, dengan mempunyai warna yang sama pada kucing Siam. Kucing hasil persilangan Persia dan Siam ini mempunyai nama ilmiah yakni Felis Catus. Proses untuk memperoleh bentuk kucing seperti yang ada pada saat ini sudah lama dilakukan yakni pada tahun 1920 hingga 1930. 

Karakteristik dan Sifat Kucing Himalaya

Kucing Himalaya dikenal memiliki mata berwarna biru serta bulu yang memiliki tanda unik pada bagian wajah, telinga, ekor dan kakinya. Perpaduan antara kucing Persia dan Siam ini merupakan ras natural yang memiliki sifat yang lebih manja serta kalem dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini sangat senang jika berada di dekat pemiliknya.

Perlakuan yang paling senang diperoleh adalah berada di pangkuan pemilik sembari dielus-elus. Sifat kalem yang dimaksudkan disini adalah jenis kucing ini lebih suka bermalas-malasan daripada bermain secara aktif. Dengan keadaan rumah yang tenang akan semakin membuat mereka lebih nyaman.

Tubuh kucing ini cenderung gemuk, besar bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing Persia. Hal ini menjadikan mereka sulit untuk melompat. Akan tetapi, tidak sedikit dari jenis kucing ini yang memiliki tubuh yang ramping, langsing serta anggun seperti halnya kucing siam.

Pola warna kucing Himalaya sangat identik dengan kucing Siam. Mempunyai poin sebaran warna yang lebih lebar pada bagian telinga, kaki, ekor, dan wajah. Pola poin tersebut hadir tergabung dengan pola links, Tori, dan Tabi dengan warna anjing laut, biru, ungu merah, coklat, serta krim.

Lain dari ras kucing Persia, kucing Himalaya merupakan ras kucing yang sangat bagus dari segi kesehatan serta tidak mudah terserang penyakit. Namun yang menjadi kekurangan dari kucing ini adalah masih mewarisi penyakit turunan yang berasal dari kucing Persia, yakni penyakit ginjal polikistik atau kista pada ginjal.

Jenis-Jenis Kucing Siam Himalaya

Berdasarkan bentuk wajahnya, kucing jenis ini dibagi menjadi dua jenis, yakni :

Doll Face Himalayan

Kucing ini memiliki profil wajah dari samping nampak sedikit pesek.

Peke Face Himalayan

Sedangkan pada profil wajah kucing himalaya satu ini nampak super pesek apabila dilihat dari samping, sehingga nampak seperti datar.

Perawatan Kucing Ras Himalaya

Apabila anda memelihara kucing jenis ini, maka anda harus rajin menyisirnya agar tidak mudah kusut serta dimandikan setidaknya satu bulan sekali. Pada dasarnya perawatan kucing Himalaya hampir sama dengan perawatan pada kucing persia atau jenis kucing lainnya. 

Anda harus memperhatikan tempat tinggal atau kandang yang anda buat senyaman mungkin. Selain itu, asupan makan dan minuman pada kucing ini juga harus anda perhatikan sesuai kebutuhan kucing.

Cara perawatan kucing Siam Himalaya selanjutnya adalah memperhatikan kebersihan dan kesehatan kucing. Hal ini merupakan hal penting yang harus anda perhatikan agar kucing tidak mudah terserang penyakit. Pastikan anda merawat kuku dan bulu kucing tersebut dengan memotong dan memandikannya secara rutin.

0
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x