Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menarik. Selain untuk dipelihara, banyak dari masyarakat telah membudidayakan jenis hewan ini. Terdapat beragam jenis kucing yang dapat anda pelihara, seperti kucing kampung, kucing persia, kucing anggora, hingga kucing hutan. Bagi anda yang tertarik memelihara kucing, maka anda harus jeli untuk membedakan kucing betina dan kucing jantan. Terutama bagi anda yang akan membeli kucing, maka anda harus memperhatikan secara lebih jeli perbedaan kucing jantan dan betina.

Perbedaan Kucing Jantan dan Betina

Apabila diperhatikan secara sepintas, antara kucing jantan dan betina memiliki penampakan yang hampir sama. Terutama pada anak kucing yang baru lahir. Sebagian penggemar kucing mungkin akan mengalami kesulitan dalam membedakan jenis kelamin hewan satu ini.
Meskipun memiliki perilaku serta tampilan yang sama, terdapat beberapa perbedaan utama yang dapat membantu anda dalam membedakan jenis kelamin kucing. Anak kucing yang baru lahir mempunyai alat kelamin yang belum dewasa. Sehingga tentu anda akan merasa kesulitan dalam membedakannya. Maka tunggu hingga kucing berusia beberapa minggu untuk membedakan secara lebih jelas kelamin kucing tersebut.

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina

Mungkin memang terdengar sepele, namun pada kenyataannya banyak orang yang belum terlalu paham mengenai bagaimana cara membedakan antara kucing jantan dan betina. Sehingga masih sering sulit untuk memahami antara keduanya. Lain untuk para pecinta kucing yang telah terbiasa dengan dunia perkucingan, tentu sudah memahami bagaimana karakteristik fisik kucing betina dan kucing jantan.
Akan tetapi bagi pemula, hal ini merupakan hal yang sulit. Untuk membedakan kucing jantan dan betina, anda perlu belajar mengenali ciri-ciri kucing jantan dan betina. Jika benar-benar sudah paham, maka hanya dengan melihat sekilas pun tentu langsung dapat membedakan antara kucing jantan dan betina.
Berikut ini cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina antara lain:

Perhatikan Kelamin Kucing

Cara mudah yang pertama untuk membedakan antara kucing jantan dan betina adalah memperhatikan kelaminnya. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada anak kucing yang baru lahir. Karena bayi kucing mempunyai kelamin dengan ukuran yang sangat kecil sehingga sulit untuk membedakan kelaminnya. Pada kucing jantan memiliki burung, sedangkan kucing betina memiliki donat. Lokasi dari kelamin keduanya berada di bawah burit.

Memperhatikan Burit Kucing

Cara selanjutnya dalam membedakan kucing jantan dan betina adalah memperhatikan buritnya. Pada kucing jantan memiliki burit yang lebih menonjol. Untuk anus kucing betina lebih rata.

Perilaku

Perilaku dapat anda gunakan untuk membedakan antara kucing jantan atau betina. Kucing jantan, pada umumnya memiliki perilaku yang lebih agresif. Dia lebih sering berburu dengan melakukan pergerakan yang lincah. Sedangkan pada kucing betina, lebih sering duduk-duku menunggu tikus melintas. Kucing betina dapat dikatakan lebih kalem dibandingkan dengan kucing jantan.

Ciri Fisik

Kucing jantan pada umumnya memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan dengan kucing betina. Selain itu, dari segi badan, kucing jantan memiliki badan yang lebih kekar dan besar. Sedangkan mengenai ciri fisik lain yang dapat anda perhatikan adalah dari warna bulu.
Pada kucing jantan, anda akan mendapati kucing dengan pola satu warna seperti hitam, hitam putih, atau kuning. Untuk kucing betina, kebanyakan memiliki 3 pola warna atau dapat dikatakan memiliki bulu belang. Sebagai contoh antar hitam, kuning, dan putih. Meskipun demikian, terdapat pula kucing betina yang memiliki warna bulu watu warna atau polos.
Untuk mengetahui jenis kelamin kucing, anda dapat memperhatikan cara mengetahui perbedaan kucing jantan dan betina di atas. Sehingga anda dapat mengecek sendiri dengan mengangkat pelan-pelan kucing tersebut, dan buka ekornya sehingga akan nampak bentuk kelaminnya.