Wisata  

Menikmati Indahnya Alam Curug Cinulang Sambil Mendengarkan Musik Pop Khas Sunda

Avatar
Menikmati Indahnya Alam Curug Cinulang Sambil Mendengarkan Musik Pop Khas Sunda

www.daytekno.com – Alamat: Cicalengka Sindang Wangi, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45364Google Maps: KlikDisiniHarga Tiket Masuk (HTM): Rp 10.000Jam Buka: Setiap Hari, 08.00 – 18.00 WIBNo. Telp: –

Berada di Bandung, kemana lagi kalau tidak menikmati wisata alamnya. Alam nan begitu mempesona menjadi daya tarik utama wisata di Bandung.

Begitu juga dengan Curug Cinulang di Jawa Barat. Tidak jauh dari Bandung, objek wisata ini terletak di Kabupaten Sumedang.

Keindahan Curug Cinulang Sumedang

Begitu menjejakkan kaki di kawasan air terjun, pengunjung akan merasakan sensasi kesegaran nan alami. Percikan air terjun yang mengenai tubuh akan menjadikan tubuh semakin rileks dan segar.

Layaknya air terjun di daerah pegunungan, Curug Cinulang memiliki hawa sejuk. Airnya pun dingin, sehingga tidak disarankan bagi pengunjung yang tidak tahan dingin untuk mencoba berenang di sini.

Air terjun berasal dari mata air pegunungan. Lokasinya pun masih berada di lereng pegunungan, yaitu di wilayah Gunung Masigit Kareumbi, yaitu Taman Bulu.

Curug Cinulang memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Di sini, terdapat dua air terjun yang mengalur terus baik di musim hujan maupun kemarau. Bahkan, ketika musim hujan volume air dapat begitu tinggi.

Pengunjung yang tahan dingin dapat mencoba terapi air terjun dengan mandi di bawah air terjun. Merasakan pijakan air yang turun bebas dari atas ke bawah.

Di depan air terjun, terdapat batu – batu besar yang dapat digunakan untuk duduk. Pengunjung dapat berfoto serta mengambil gambar di sekitar lokasi ini. Dengan background dua air terjun yang begitu indah.

Ketika aliran deras, pengunjung dapat menuju jembatan kayu. Lokasinya tidak di se dekat bebatuan, sehingga pengunjung lebih aman dari percikan air terjun. Namun tetap berhati – hati, karena jembatan kayu ini belum kuat menampung banyak pengunjung sekaligus.

Baca Juga;  10 Hotel di Dekat Sekitar Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Dengan Harga Cukup Terjangkau

Uniknya, objek wisata ini berada di dua tempat. Yaitu Bandung Timur dan Sumedang. Hal ini dikarenakan dua kabupaten tersebut jaraknya berdekatan dan wilayah Curug Cinulang sangatlah luas.

Terkadang, ada yang menyebutnya dengan Curug Cinulang Sumedang. Ada juga yang menyebutnya Curug Sindulang. Namun berdasarkan alamat di Wikipedia, Curug Cinulang berada di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Dimanapun lokasinya, yang terpenting pengunjung dapat menikmati pemandangan indah air terjun ini. Ditambah lagi, pepohonan hijau di sekeliling yang menambah asrinya lingkungan.

Mitos dan Asal Usul Curug Cinulang

Meskipun sudah menginjak tahun 2022, tidak sedikit wisatawan yang masih percaya akan mitos yang ada di Curug Cinulang. Kisah misteri yang melegenda dari waktu ke waktu. Bukan tentang mitos ular atau makhluk ghaib lainnya, melainkan mitos mengenai jodoh.

Mitos tersebut yaitu bahwa siapapun yang datang dengan pasangan yang belum menikah, atau masih berpacaran, konon hubungan tersebut akan kandas. Tidak bisa sampai ke jenjang pernikahan.

Sebaliknya, jika datang sendirian tanpa pasangan, akan dipertemukan dengan jodohnya. Entah sesama pengunjung atau bukan pengunjung.

Namun, inilah mitos, boleh dipercaya atau tidak. Yang terpenting, pengunjung harus tetap percaya bahwa jodoh sudah digariskan oleh Tuhan. Jangan sampai datang ke objek wisata ini hanya untuk meminta jodoh. Jika ingin meminta jodoh, memohonlah pada Tuhan Yang Maha Esa.

Uniknya Curug Cinulang yang Diabadikan dalam Lagu

Keindahan Curug Cinulang tidak hanya terwujud dalam pemandangan indahnya. Objek wisata ini pun diabadikan dalam lagu. Salah satu lagu yang begitu terkenal pada masanya adalah Darso, seorang penyanyi asli Sunda. Yang pada masa itu seangkatan dengan penyanyi Doel Sumbang.

Baca Juga;  Floating Market Lembang, Destinasi Wisata Penuh Wahana di Bandung

Pengunjung dapat download gratis / free download lagu – lagu serta album lagu sunda ini. Ke dalam versi MP3 maupun MP4.

Ada juga penyanyi lain yang juga menyanyikan lagu dengan tema Curug Cinulang, diantaranya Iis Tanjung, Yana Kermit, dan Yayan Jatnika, yang memiliki vokal luar biasa. Bisa mendownload lagu atau video poto terbaru di Waptrick ataupun YouTube.

Banyak juga yang menyukai musiknya selain versi Sunda, seperti versi karaoke, instrumen, koplo, dangdut, kawih, pop, pongdut. Jika ingin belajar musik atau bernyanyi, bisa mendownload chord, kunci gitar tanpa teks, ataupun lirik lagu.

Fasilitas Curug Cinulang

Di objek wisata tersedia mushola, lahan parkir, warung makan, serta toilet. Bagi pengunjung yang ingin menginap, di sini terdapat penginapan berupa villa maupun hotel yang dekat dengan objek wisata.

Menurut review pengunjung yang pernah ke lokasi, Curug Cinulang selain indah juga aman. Karena tidak ada tragedi atau hal buruk yang terjadi.

Pengunjung juga dapat mencari info mengenai wisata dekat Curug Cinulang. Bisa menuju Bogor, Rancaekek, Garut, Dampit, Bukit Teletubies, Kareumbi, atau objek wisata lain. Yang mana dapat melakukan observasi terlebih dahulu.

Rute Menuju ke Lokasi

Ikuti Jln. Raya Bandung – Garut dari Cileunyi, melewati jalan by pass Cicalengka. Kemudian ada jembatan dengan petunjuk arah Villa Aki – Enin di kiri jalan.

Ikuti jalan tersebut, di perempatan bawah jembatan ambil jalan ke kiri dan ikuti jalan tersebut. Lokasi Curug Cinulang berada kurang lebih 8 km dari sana.