Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!

Avatar
Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!

www.daytekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/06/16/Ay6TmsFs/o4-b1be.jpg”>

Libur panjang Lebaran telah setelah. Setelah Anda merefresh diri dengan liburan dan mengunjungi keluarga, kendaraan juga membutuhkan ‘refreshing’ pula. Untuk merawat mobil paska mudik tetap berada dalam kondisi prima setelah dibawa bepergian dan berkeliling kampung halaman, cek beberapa komponen berikut, Diantaranya,

1. Oli

Cek kekentalan oli untuk menghindari kerusakan pada mesin

Cairan terpenting untuk menjaga kondisi mobil tetap maksimal sepanjang perjalanan. Bepergian jarak jauh dengan waktu kerja yang lebih lama dari biasanya akan membuat suhu mesin meningkat. Tingginya suhu mesin bisa membuat kekentalan dan volume oli berkurang. Cek kondisi oli serta perhatikan jika ada kebocoran terjadi pada mobil Anda.

2. Kaki-Kaki

Periksa kaki-kaki kendaraan, mulai dari shockabsorber dan lower-arm

Tidak semua pemudik melewati jalan tol. Terlebih ketika Anda melewati jalanan yang tidak rata dengan lubang yang berserakan sepanjang perjalanan, kaki-kaki merupakan salah satu komponen yang bekerja paling keras. Karena itu, jangan lupa memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, hingga tekanan angin dan tingkat keausan ban.

3. Rem

Lihat ketebalan kampas rem yang sering Anda gunakan selama di jalan

Mudik dikala Lebaran menghasilkan kemacetan serta kepadatan kendaraan di jalan. Tak jarang, kondisi tops-and-go bisa Anda temukan selama di perjalanan. Sektor pengereman juga membutuhkan perhatian Anda. Periksa kembali ketebalan kampas rem. Segera ganti apabila sudah mencapai batas maksimal. Perhatikan juga minyak rem apabila sudah berkurang dari takaran yang seharusnya.

4. Filter Bahan Bakar

Cek kembali filter bahan bakar setelah bepergian jarak jauh

Ada saat dimana pengendara lebih memilih mengisi bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik karena kurangnya ketersediaan bahan bakar. Dengan oktan yang tidak sesuai, filter bahan bakar akan memiliki banyak pekerjaan tambahan. Cek kondisi bahan bakar atau ganti, untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

Baca Juga;  Bersama Komunitas Mobil, Daihatsu Jelaskan Tiga Teknik Pengereman Mobil

5. Interior serta filter AC

Bersihkan remah-remah yang ‘tersimpan’ dalam kabin Anda

Selama perjalanan, sebagian pengemudi dan penumpang makan di jalan. Remah-remah makanan yang tersisa maupun minuman yang tumpah di dalam kabin akan menyebarkan bau tidak enak di kemudian hari. Bersihkan interior setelah selesai berkendara. Dan jangan lupa bersihkan saringan udara AC untuk membuat kabin tetap segar selama berkendara.

Daihatsu juga menyarankan Anda melakukan perawatan ke bengkel untuk merawat mobil paska mudik. Sebagaimana dijelaskan Bambang Supriyadi selaku Product Improvement Department Head PT ADM, “Sahabat dapat mempercayakan kendaraan Sahabat ke bengkel resmi Daihatsu terdekat agar pengecekan kendaraan lebih maksimal karena ditangani oleh mekanik handal Daihatsu.”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”