Mobil Listrik Toyota Diburu Konsumen, bZ4X Bakal Diproduksi Lokal?

Avatar
Mobil Listrik Toyota Diburu Konsumen, bZ4X Bakal Diproduksi Lokal?

www.daytekno.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim mobil listrik mereka, bZ4X mendapat sambutan positif. Disebut, pemesanan bZ4X mencapai sejak diluncurkan satu bulan lalu.

Hal ini seperti diungkap Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

“Hampir satu bulan kami luncurkan, demand permintaan Toyota bZ4X itu sudah melebihi 1.300 unit secara total. Memang ini sangat melebihi apa yang kami perkirakan,” katanya.

Mobil listriknya diburu dan laris manis, lantas apakah Toyota berencana memproduksi lokal bZ4X, apalagi kini ada rencana subsidi Rp80 juta untuk mobil listrik yang diproduksi secara lokal.

Terkait hal ini Toyota memberi tanggapan. Anton mengakui bila bZ4X masih impor dari Jepang.

“Memang produk BEV (battery electric vehicle) termasuk bZ4X masih kami impor. Namun sesuai arahan pemerintah serta permintaannya kami juga pasti selalu meminta kepada prinsipal agar mempertimbangkan ke depannya tidak hanya impor,” tutur Anton.

“Akan tetapi mobil tersebut made in (buatan) Indonesia,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Meskipun sudah memberikan permintaan, Toyota masih belum bisa memberikan kabar lanjuta terkait opsi bZ4X diproduksi di Indonesia.

“Tapi detailnya dan lain-lain masih kita diskusikan lah. Jadi kita belum bisa share detailnya seperti apa dan lain-lain gitu. Tapi kalau request itu ada, jalan terus,” ujarnya.

Meskipun sudah diminta pada Toyota pusat, Anton meminta agar proses produksi mobil listrik di Indonesia tidak diburu-buru.

Pasalnya ada banyak proses sebelum Toyota bisa memproduksi kendaraan elektrifikasi yang berasal dari dalam negeri.

“Karena persiapan produksi lokal butuh waktu ya. Jadi kita berharap mudah-mudahan kita diberikan window waktu yang cukup untuk mendapatkan produknya untuk lokal production (produksi lokal),” tuturnya lagi.*

Baca Juga;  Jababeka Sukses Gelar Kejurnas Sprint Rally & Kejurda Slalom