Modifikasi Motor Bebek yang Sesuai Dengan Peraturan

Modifikasi Motor Bebek yang Sesuai Dengan Peraturan

Modifikasi motor bebek paling sering dilakukan di Indonesia. Motor bebek merupakan jenis motor yang paling sering digunakan, selain motor beat dan sport. Modifikasi dari jenis motor ini juga banyak ditemui di berbagai tempat.

Modifikasi dari motor ini memiliki tujuannya sendiri. Misalnya saja meningkatkan performa. Sama seperti yang sering diterapkan di berbagai modifikasi motor drag atau modifikasi motor sport. Motor bebek Anda pastinya akan semakin keren dan memiliki tenaga lebih dari motor bebek biasanya.

Selain itu, melakukan modifikasi juga bisa bertujuan  untuk merubah tampilan, mengikuti tren, dan menambah kapasitas penumpang. Nah, kali ini kami akan memberikan cara modifikasi motor yang mudah untuk Anda.

Modifikasi Motor Bebek yang Sesuai Dengan Peraturan

Berbagai Cara Modifikasi Motor Bebek

Ada banyak kendaraan yang bisa dimodifikasi, seperti modifikasi mobil, modifikasi motor Vixion, dan berbagai modifikasi kendaraan lainnya. Salah satunya adalah modifikasi motor bebek. Ada banyak penggemar yang menyukai modifikasi motor ini.

Di Indonesia, memang sudah banyak peraturan pembatasan modifikasi motor bebek atau motor lainnya. Aturan ini ditulis dalam UU no.22/2009 pasal 277 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Bila melanggar, maka akan dikenai denda 24 juta atau 1 tahun penjara.

Namun, pelanggaran ini digunakan untuk kendaraan dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Karena itu, agar Anda tidak terkena pasal, sebaiknya Anda mengikuti cara modifikasi motor bebek yang sudah kami sediakan ini.

Rangka

Banyak sekali bengkel yang menyediakan jasa rangka motor bebek rakitan. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak mengikuti gaya atau aliran tertentu. Sebab ada banyak geng motor yang memiliki modifikasi tertentu sebagai ciri khasnya.

Tentunya nomor rangka kendaraan sesuai dengan yang tertera di STNK. Jika Anda ingin memotong rangka, maka Anda harus mengikuti dan mendapatkan izin dari kepolisian. Apalagi kepolisian tersebut sudah mengganggu ergonomi riding, bisa saja faktor keamanan Anda akan berkurang.

Padahal menggunakan modifikasi motor bebek ini tidak boleh sampai mengganggu lalu lintas bahkan membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lain.

Dimensi

Dimensi merupakan panjang, lebar, dan tinggi motor. Anda bisa mengganti dimensi sesuai dengan keinginan Anda. Namun tetap harus mematuhi pasal 131 PP 55/2021, boleh memperpanjang dan tinggi kendaraan namun tidak merubah jarak sumbu dan konstruksi kendaraan.

Masalahnya, di dalam STNK sendiri sudah tercantum berapa dimensi resmi yang akan dikeluarkan oleh pabrik. Jika Anda ingin mengganti dimensi motor, maka Anda harus mengurus surat ganti dimensi agar aman dari tilang.

Daya Angkut

Mengubah daya angkut berarti memperbesar pengangkut kendaraan. Misalnya, seperti menambah kereta gandengan atau menempatkan tempat seperti becak. Dengan menambahkan bagian, Anda bisa merubah dimensi ruangnya.

Sehingga Anda bisa membawa penumpang dengan jumlah yang lebih banyak dari jumlah normalnya. Agar bisa merubahnya, maka Anda membutuhkan material sama sehingga bisa sesuai dengan daya dukung yang dilewati.

Mesin

Modifikasi mesin ini juga bisa diterapkan pada motor bebek. Sebenarnya, modifikasi ini sering digunakan pada motor drag atau sport. Biasanya, bertujuan untuk meningkatkan performa mesin atau merubah kapasitas mesinnya.

Namun, modifikasi ini akan merugikan. Sebab mesin motor sudah dirancang khusus dan tidak perlu dirubah. Jika dipaksa dirubah, bisa saja malah membahayakan Anda nantinya. Umur mesin menjadi cepat pendek sebab komponennya mudah aus.

Ban

Biasanya modifikasi motor sering menggunakan ban cacing atau ban kecil. Biasanya juga kebanyakan bengkel modifikasi akan menambahkan pelek berukuran lebar.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dengan menggunakan ban cacing, maka berat kendaraan bisa berkurang dan mempercepat laju kendaraan. Kendaraan dengan jenis modifikasi seperti ini banyak digunakan untuk kontes.

Namun, kendaraan yang menggunakan ban seperti ini tidak cocok untuk kendaraan sehari-hari. Masalahnya ban yang kecil memiliki daya cengkram yang minim pula pada aspal. Apalagi jalan raya di Indonesia banyak yang berlubang, akibatnya akan sangat berbahaya.

Lampu

Modifikasi motor bebek juga bisa dilakukan pada bagian lampunya. Lampu merupakan komponen yang penting dalam kendaraan. Ketentuan tentang lampu pun juga sudah diterangkan dalam PP no.55/2012.

Intinya suatu kendaraan harus memiliki lampu, baik itu sein lampu depan maupun belakang serta lampu rem. Daya pancar lampunya pun tak kalah penting. Sehingga Anda tidak boleh mengganti warna lampu di luar standar.

Warna Dasar

Mengganti warna kendaraan sebenarnya sudah banyak disediakan di berbagai bengkel. Namun, perlu diperhatikan kembali, warna kendaraan sudah ditetapkan dalam STNK. Bila Anda ingin merubahnya, maka Anda harus mengurus suratnya di kepolisian terlebih dahulu.

Modifikasi motor bebek juga bisa dilakukan pada bagian lain seperti knalpot, plat, dan komponen lainnya. Namun, Anda perlu memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini tentunya juga untuk keselamatan Anda sendiri. Keselamatan terjamin dan tetap meningkatkan penampilan motor bebek.

Harga Sepeda Gunung di Barito Timur Terbaru 2021! Merek…

Harga Sepeda Gunung di Barito Timur 2021 – Sepeda gunung saat ini jadi incaran hampir semua goweser. Selain harga yang murah, sepeda gunung mudah...
Daytekno.com
3 min read

Harga Sepeda Gunung di Barito Selatan Terbaru 2021! Merek…

Harga Sepeda Gunung di Barito Selatan 2021 – Sepeda gunung saat ini jadi incaran para goweser. Selain harga yang murah, sepeda gunung fleksibel digunakan...
Daytekno.com
3 min read

Harga Sepeda Gunung di Barito Kuala Terbaru 2021! Merek…

Harga Sepeda Gunung di Barito Kuala 2021 – Sepeda gunung sekarang ini jadi incaran para goweser. Selain harga yang ramah dompet, sepeda gunung fleksibel...
Daytekno.com
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x