www.daytekno.com – JAKARTA – Nama Steve McQueen sangat harum di kalangan cinema Hollywood dan car and motorcycle enthusiast di seluruh dunia. Namanya diabadikan di ragam memorabilia dan produk-produk roda dua maupun roda empat.

Ternyata nama saja tidak menjadi ampuh ketika mobil Mercy miliknya dilelang. Adalah Bring a Trailer yang menyelenggarakan lelang mobil Mercedez-Benz 300SEL 6.3 milik Steve beberapa waktu lalu. Setelah melalui proses lelang, muscle car Jerman tersebut gagal terjual karena tidak memenuhi harga yang diinginkan. Harga penawaran tertinggi mentok di angka US$ 164.000 (sekitar 2,35 milyar)

Mercy 300SEL 6.3 tergolong performance car di eranya dan punya sejarah yang menarik. King of Cool membeli sedan tersebut dalam kondisi baru tahun 1972 dan ia pakai sampai Ia meninggal dunia tahun 1980. Semasa Steve masih hidup, 300SEL itu menjadi salah satu mobil favoritnya dari sekian banyak koleksi yang almarhum miliki.

Untuk mendukung keaslian kendaraan dan kepemilikan Steve McQueen, Mercy 300SEL 6.3 dilengkapi dengan dokumen-dokumen lengkap. Termasuk surat dan sejarah kendaraan.

Sedan mewah produksi Stuttgart ini masuk list Bring a Trailer tahun 2007. Pernah direstorasi di Kienle Automobiltechnik selama setahun dari 2012 sampai 2013 dengan biaya sekitar 125 ribu euro. Biaya itu untuk perbaikan mesin, restorasi eksterior, insulasi lantai plus restorasi, panel-panel, kelistrikan, lampu dan lain-lain.

Meski punya sejarah bagus dan pemilik lama pesohor, ternyata tidak menarik minat kolektor untuk menawar lebih tinggi lagi. Investasi sebesar 125 ribu euro untuk biaya restorasi, apalagi jika dikonversikan dengan nilai tukar sekarang yang mencapai US$ 137.000, belum sepadan dengan penawaran yang diberikan. Selisih yang didapat oleh pelelang terlalu sedikit, dan value mobil menjadi sangat rendah.

Baca Juga;  MG 5 GT Diuji ke Jalur Selatan Jawa Barat, Cocok Buat Tunggangan Milenial

Sedan premium ini punya kisah yang unik dari sisi line-up pabrikan. Merupakan wujud usaha pertama Mercy di dalam menghasilkan performance car dengan menjejalkan mesin monster V8 M100 6.3 liter, yang dipakai oleh limousine Mercy 600. Jadi mesin yang besar itu diusahakan ngepas dengan 300 SEL yang memiliki bodi lebih kecil. Menghasilkan tenaga 247 hp dan torsi puncak 500 Nm yang dialirkan oleh transmisi otomatis 4 percepatan ke roda belakang.

Berkat mesinnya yang bak monster, 300SEL disebut-sebut sebagai salah satu sedan empat pintu terkencang di dunia pada eranya. Stuttgart secara total memproduksi 6.526 unit Mercy 300SEL 6.3. Karena saking langkanya, mobil tersebut kini diincar oleh kalangan kolektor. Jay Leno adalah salah satu kolektor sekaligus selebritis yang punya mobil tersebut.

Mercy klasik ini menjadi template sedan-sedan sport Mercedes-Bez AMG masa kini. AMG sendiri pernah menurunkan 300 SEL 6.3 di ajang balapan dan memberi nama mobilnya Red Pig. Waktu itu AMG masih menjadi tuner independen, belum di bawah Mercy dan belum terlibat dalam pengembangan mobil-mobil performance pabrikan Jerman tersebut. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: motorauthority.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://www.daytekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://www.daytekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

0

Bagikan:
x