Komunitas Pertanian Sariagri, Tempatnya Petani Indonesia Nongkrong!

Avatar
Komunitas pertanian sariagri
Komunitas pertanian sariagri

Beruntung kita tinggal di Indonesia yang letak wilayahnya beriklim tropis memungkinkan sinar matahari diterima setiap tahun. Suhu di Indonesia cocok bagi tanaman untuk berkembang biak.

Didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih. Sekarang petani Indonesia bisa membentuk kelompok di internet dan sosial media untuk menghadapi kondisi pertanian dimasa depan. Seperti komunitas pertanian sariagri yang dibentuk oleh Intisari Media Nusantara.

Yuk Nongkrong di Komunitas Pertanian Sariagri

https://youtu.be/UVd1pqO8CMA

Adanya kelompok pertanian, petani Indonesia diharapkan siap menghadapi perubahan sumber daya, perubahan perilaku, dan perubahan kondisi sosial budaya. Hasil pertanian khususnya bahan pangan akan mengalami kenaikan permintaan dari masyarakat seiring dengan meningkatnya populasi penduduk.

Komunitas pertanian sariagri

Tabel di samping merupakan harga pangan dan harga pupuk per 18 Februari 2022 versi sariagri.id.

Menggunakan metode lama atau tradisional maka permintaan pasar tidak bisa terpenuhi semuanya. Dengan lahan terbatas petani dituntut untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi. Satu-satunya cara adalah petani siap beradaptasi dengan perubahan penggunaan teknologi dimasa mendatang.

Komunitas pertanian sariagri merupakan wadah untuk mendapatkan informasi dari petani lain yang ada di Indonesia. Dengan nongkrong di forum ini, petani bisa bergabung dengan komunitas yang ada di dalamnya.

Gambar di bawah merupakan contoh komunitas yang ada di sariagri.

komunitas pertanian sariagri

Isi dari setiap komunitas tersebut untuk berdiskusi, jualan, dan melakukan kegiatan. Dengan pilihan komunitas yang banyak, diharapkan para petani bisa memilih sesuai kebutuhan. Hal ini untuk mencegah perawatan tanaman dan perawatan hewan yang asal-asalan.

Selain untuk berdiskusi antar anggota, sariagri menyediakan berita ter-update seputar pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan lainnya. Hal ini yang membuat wawasan petani bertambah terkait tips budidaya.

1. Komunitas Pertanian

Komunitas Pertanian Sariagri

Pada komunitas pertanian ada 25 anggota yang aktif. Akan terus bertambah seiring banyaknya petani di Indonesia yang bergabung di komunitas pertanian sariagri. Di dalam komunitas ini terdapat informasi yang diunggah oleh anggota. Seperti cara menanam tanaman, cara merawat sayur, cara budidaya pohon, dan lain sebagainya.

Baca Juga;  Bambu Jadi Sumber Kehidupan Pelaku UMKM di Desa Penglipuran Bali

2. Komunitas Buah warna Warni

Komunitas Buah Warna Warni

Jika komunitas pertanian berisi tentang cara merawat tanaman, berbeda dengan komunitas buah warna warni. Di dalam komunitas ini berisi seperti manfaat buah dan resep yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Komunitas Ikan Cupang Lovers

Komunitas Ikan Cupang Lovers

Dalam komunitas ini terdapat 10 anggota yang aktif. Komunitas ikan cupang lovers cocok untuk penggemar ikan cupang. Apalagi ikan cupang belakangan ini sedang trend di tengah masyarakat. Terdapat banyak sekali postingan dari anggota komunitas ini, salah satunya “ Inilah Jenis Ikan Cupang yang Bisa Merogoh Kocek Dalam “. Dalam postingan ini, harga ikan cupang per ekornya 10 juta sampai 60 juta.

4. Komunitas Pecinta Kucing

komunitas pecinta kucing

Komunitas pertanian sariagri memberikan wadah bagi pecinta kucing di Indonesia. Pada forum ini terdapat 13 anggota yang aktif berdiskusi. Disini akan ditemukan beragam tips merawat kucing, dan jenis-jenis kucing.

5. Komunits Tanaman Hias

komunitas tanaman hias

Bagi pengkoleksi tanaman hias, komunitas ini cocok untuk berdiskusi dengan 13 anggota yang tergabung.  Banyak rekomendasi tanaman hias dari para member anggota. 

Setiap postingan yang ada di komunitas pertanian sariagri bisa saling berkomentar dan saling mengajukan pertanyaan. Pada forum ini Petani Indonesia bisa mendapatkan manfaat yang baik seperti:

Mengadakan Event

Manfaat yang pertama setiap anggota bisa mengikuti acara yang diadakan oleh sariagri maupun anggota komunitas tersebut. Setiap anggota juga bisa membuat event untuk membangun relasi antar anggota dan menjalin silaturahmi.

Komunitas pertanian sariagri

Kegiatan atau acara tersebut seperti bazzar, webinar, hingga lomba. Inilah momen bagi Petani Indonesia untuk mendapatkan informasi dari anggota yang lain.

Membuat Gagasan

Keuntungan yang kedua para petani bisa menyampaikan ide atau gagasan melalui forum yang masih berkaitan dengan pertanian. Gagasan yang paling menarik akan mendapatkan hadih sebesar Rp10.000.000 dari sariagri setiap bulan.

Baca Juga;  Peringatan Hari Ikan Nasional Ke-9 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng Jadi Tolak Ukur

Gagasan bisa berupa topik pertanian, perkebunan, UMKM, Perikanan, Peternakan, Agrowisata, dan energi baru. Perlu diingat gagasan dalam bentuk tulisan atau artikel yang dilengkapi dengan foto, grafis, dan video sesuai topik.

Komunitas pertanian sariagri

Pinjaman Modal Usaha

Komunitas pertanian sariagri

Kelebihan yang ketiga sebagai anggota komunitas pertanian sariagri bisa mendapat modal atau pembiayaan.

Cara mendapatkan modal pinjaman usaha dengan mengajukan pinjaman untuk proyek usaha sesuai jenis komoditas, pengalaman, lokasi, jumlah nominal pengajuan, kepemilikan, lama pinjaman, dan proyeksi hasil.

Tertarik untuk bergabung dengan komunitas pertanian ini? Nggak perlu waktu lama untuk daftar menjadi anggota.

Cara Mendaftar Anggota Komunitas Pertanian Sariagri

Agar bisa berinteraksi dengan anggota lain, tentu saja harus mempunyai keanggotaan sariagri. Dengan sekali mendaftar, petani bisa mengakses semua isi yang ada di web sariagri.

  1. Klik Login di pojok kanan atas, jika belum mendaftar menjadi anggota klik “ Daftar Di sini “ atau bisa klik link berikut untuk mendaftar https://sariagri.id/register
  2. Kemudian isi nama lengkap, jenis kelamin, nomor telepon/Hp, email, password, masukan kembali password, klik saya setuju, kemudian klik daftar.
  3. Buka email yang dikirim sariagri untuk konfirmasi email, lalu klik “ confirm “

Komunitas pertanian sariagri

Setelah proses pendaftaran selesai, login kembali menggunakan email dan password yang didaftarkan. Gimana gampang kan? Yuk buruan jadi anggota komunitas pertanian sariagri dan nongkrong bareng dengan Petani Indonesia.

Respon (19)

  1. Di era milenial sekarang, banyak yang nongkrong di caffe dan sebagainya. Artikel bermanfaat untuk generasi muda agar cinta pertanian. Terima kasih

  2. Waah aku baru tau ada komunitas khusus untuk petani, buah buahan dan juga untuk ikan hias, semoga bisa menjadi pengisi waktu luang yang bermanfaat

  3. wah saya baru tahu ada komunitas pertanian sariagri ini kak, orang yang jurusan pertanian bisa gabung, kebetulan saya punya beberapa teman yang lulusan pertanian

  4. Wah keren banget platformnyaa! Semoga dengan blog ini makin banyak orang-orang yang tahu dan mendaftarkan diri. Lumayan banget pastinya untuk membantu modal dan sharing antaranggota🤔

  5. Aplikasi yang keren dan bermanfaat sekali ini, bagi petani dalam meningkatkan kualitas dan wawasan mereka dalam mengelola pertaniannya.

    Apalagi banyak program seru yang dapat diikuti, makin keren aja sekarang.

    Terima Kasih Bang

  6. Wah, lengkap sekali ya kak. Para petani di desa kami sepertinya belum pada kenal komununitas-komunitas diatas. Termasuk Mil sendiri juga baru tau kak.
    Makasih yah artikelnya bermanfaat

  7. Enak banget sih gabung Komunita Pertanian Sariagri, bisa dapet banyak ilmu bermanfaat. Bisa tau cara menanam tanaman, cara merawat sayur, cara budidaya pohon, dan banyak lagi. Seru banget dan daftarnya gampang juga.

  8. wow! baru tau kalau ada aplikasi itu. keren banget!
    sekarang semuanya sudah serba digital, dan hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pekerjaan 🙂

  9. Petani zaman sekarang sudah pada canggih canggih ya. Kemarin ada Tanihub, Tanifund, dan seterusnya. Hingga sekarang ada Sariagri. Menurut saya ini gebrakan yang memang perlu digalakkan, ingat kata orang dulu “Petani Sejahtera, Negaranya Makmur”

  10. Petani saat ini membutuhkan solusi dari permasalahan mereka salah satunya dengan website komunitas ini yang mudah-mudahan bisa mengangkat harkat mereka sehingga tidak terpinggirkan.

  11. Senang mendengar ada wadah untuk para petani berkomunitas dan ternyata tidak hanya berbagi informasi seputar pertanian, ada peminjaman modal usaha juga ternyata. Keren sih Sariagri

  12. Wah informatif sekali artikelnya, saya baru tahu kalau ada situs yang mewadahi para petani. Sebab dengan komunitas seperti ini petani akan lebih mudah mendapatkan saran dan diskusi antar para petani dan menambah wawasan dalam pertanian.

  13. Lengkap banget ya kak komunitasnya, ada banyak komunitas yang menaungi hobi kayak yang suka ikan cupang dan lain lain, ada banyak ilmu pertanian yang didapat dan ada pinjaman modal usaha. One stop solution bagi para petani di era digital ini ya kak. Sukses utk komunitas pertanian sari agri

Komentar ditutup.