Obyek Wisata Goa Petruk yang Eksotis di Kebumen

  • Bagikan
Goa petruk kebumen

Obyek wisata di kebumen memang tidak ada habisnya untuk di kunjungi. Apalagi wisata pantai dan bukit yang memanjakan mata. Selain itu, Kebumen juga memiliki keindahan di bawah tanahnya.

Tepatnya di Gombong Kebumen terdapat obyek wisata dibawah tanah yaitu Goa petruk. Nama goa ini diambil dari salah satu tokoh punakawan yang berhidung mancung. Sebab di dalam goa ini terdapat batu mirip dengan hidung petruk yang panjang.

Goa petruk sendiri dinobatkan goa ter indah se-Nusantara dan juga goa terdalam di dunia. Keindahan di goa ini tidak diragukan lagi, stalagtit dan stalagmit akan menghiasi perjalanan Kamu di dalam goa ini. Kedalaman goa petruk mencapai 2 Km atau 2000 meter. Ketika Kamu mengunjungi goa ini, akan dibagi menjadi tiga bagian.

Bagian pertama dimulut goa yang cukup luas, disini kamu akan menemukan kelewar yang berterbangan dan bergelantungan. Bau tidak sedap akan tercium di area ini, sebab saking banyaknya kotoran kelelawar.

Bagian kedua dinamakan goa semar, ketika Kamu berada di area ini Kamu akan di suguhkan dengan hiasan indah dari batu stalagtit dan stalagmit. Selain itu, di area ini Kamu akan menemukan batu yang mirip dasi dengan beragam warna.

Batuan stalaktif goa petruk

Nah untuk bagian ketiga diberi nama goa petruk. Pada area ini penerangan lampu jarang dijumpai. Sebab pakar goa dunia, Dokter Koo mengatakan ” Goa petruk merupakan goa terindah di nusantara “. Untuk itu pemerintah Kabupaten Kebumen diminta menjaga kealamian goa ini.

Kebanyakan orang yang berkunjung ke tempat ini akan berhenti di bagian satu. Sebab sudah tidak tahan dengan bau tidak sedap dari kotoran kelelawar. Padahal belum tau keindahan didalam goa petruk. Buat Kamu yang berkunjung ke tempat ini jangan berhenti di tempat ke satu jika tidak mau menyesal.

Batuan stalakmit dan stalaktif goa petruk

Tak usah khawatir gelap dan tersesat di dalam goa petruk ini. Pemandu akan siap menemani perjalanan di dalam goa ini dan memberi lampu petromax.

Di goa petruk kamu akan menemukan berbagai macam bebatuan yang beragam dan indah. Bahkan kamu enggan untuk meninggalkan goa ini.

Selain bebatuan yang beragam, didalam goa ini terdapat aliran sungai yang mengaliri lantai goa ini dan juga air terjun. Tetesan air dari bebatuan stalaktit akan menambah sunyinya goa ini.

Nah udah tau kan keindahan tersembunyi goa petruk. Kini saatnya ke lokasi.

Lokasi Goa Petruk Kebumen

Lokasi goa petruk kebumen

Goa petruk terletak di Dukuh Madayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jadi bagi Kamu nih yang berada di luar kabupaten Kebumen bisa berkunjung ke goa ini tanpa khawatir tidak tau jalan.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Petruk

Fasilitas di goa petruk

Fasilitas di goa petruk juga tidak bisa di remehkan lagi, sebab safety di goa ini utamanya. Ketika Kamu akan memasuki ke dalam goa ini, Kamu akan dibekali peralatan seperti headlamp, sepatu boot, baju tahan air, helm dan pemandu.

Selain itu, fasilitas lain yang berada diluar goa seperti mushola, warung makan, tempat parkir dan toilet yang bisa kamu gunakan. Buat Kamu yang dari luar daerah dan jauh terdapat home stay yang bisa Kamu gunakan.

Selain eksplor dalam goa petruk, di obyek wisata ini kamu bisa panjat tebing di tebing putih petruk.

Harga Tiket Masuk Goa Petruk

Harga tiket masuk goa petruk

Biasanya harga tiket masuk di tempat wisata antara hari libur dan hari biasa berbeda. Harga tiket masuk ke goa petruk Rp 8 ribu. Sedangkan hari libur juga sama 8 ribu. Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah.

Nah itulah tadi keindahan yang dimiliki oleh goa petruk kebumen. Lokasinya berada di Kecamatan Ayah Kebumen. Kamu bisa menggunakan google maps untuk menunjukan jalan ke goa petruk. Harga tiket masuk ke goa petruk 8 ribu. Fasilitas yang di sediakan juga bisa kamu pakai.

0
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x