Wisata  

Pantai Bugel Kulon Progo, Spot Favorit Untuk Mencari Ketenangan

Avatar
Pantai Bugel Kulon Progo, Spot Favorit Untuk Mencari Ketenangan

www.daytekno.com

Alamat: Panjatan, Gumuk Waru, Bugel, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55655Map: Klik DisiniJam Buka: 06.00-18.00 WIB (Senin-Minggu)No. Telp:-

Harga Tiket Masuk

HTM: GratisParkir Motor: Rp 2.500,-Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Pantai Bugel adalah salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang bisa dinikmati dengan budget ekonomis. Karena tiket masuk Bugel Beach ini gratis, dimana para pengunjung tidak perlu membayar biaya retribusi apapun jika hendak memasuki kawasan pantai.

Paling buat yang datang menggunakan kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan tarif parkir sebesar 2.5k untuk motor dan 10ribu mobil. Sedangkan jika ingin menggunakan fasilitas toilet umum, kamu perlu juga akan dikenakan tarif sebesar 2ribu.

Rute Perjalanan

Bugel adalah salah satu Pantai Kulon Progo yang cukup favorit. Akses jalan menuju lokasi wisata ini pun cukup mudah. Jarak dari pusat Kota Jogja menuju Bugel Beach ini kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Sedangkan jika dari Kota Bantul, lebih singkat yaitu sekitar 45 menit.

Rute dari Jogja menuju Pantai Bugel yaitu dari Jalan Bantul ke Jalan Srandakan. Sesampainya di Jalan Srandakan kamu akan menemukan Jembatan Progo, lalu dari lampu merah Brosot beloklah ke arah kiri menuju Glagah, Purworejo.

Perjalanan dari Brosot menuju Glagah membutuhkan waktu sekitar 20 menit, sampai kamu menemukan sebuah papan petunjuk jalan menuju Bugel Beach. Dari papan petunjuk jalan beloklah ke arah kiri, lurus terus sampai menemukan pertigaan lalu belok kiri lagi menuju Pelelangan Ikan.

Jika merasa kesulitan mencari dimana lokasi wisata ini, kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps di Smartphonemu atau di awal artikel kami pun sudah menyertakan peta menuju lokasi Bugel Beach lho.

Baca Juga;  10 Rekomendasi Dokter Kulit di Wilayah Pati Yang Siap Mengatasi Masalah Kesehatan Kulitmu

Fasilitas Wisata

Sama halnya dengan tempat2 wisata pada umumnya, Bugel Beach ini pun memiliki fasilitas penunjang yang mampu membuat para pengunjung merasa nyaman datang kesini, Beberapa diantaranya seperti:

1. Area Parkir Kendaraan

Tak perlu khawatir jika kamu memboyong semua keluarga besarmu untuk bertandang ke Bugel Beach ini karena area Parkir kendaraan yang tersedia disini cukup luas. Setidaknya bisa menampung puluhan kendaraan seperti motor, mobil, maupun bus.

2. Mushola

Terkadang saat kita sedang bertamasya ke suatu tempat ketika hendak melalukan ibadah Shalat Lima Waktu harus terhalang karena tidak adanya fasilitas mushola yang mendukung. Namun hal tersebut tidak akan kamu temui jika datang ke kesini, karena disini sudah ada mushola dengan kondisi yang layak lengkap dengan perlengkapan shalatnya lho.

3. Kamar Mandi

Adanya fasilitas kamar mandi atau MCK juga akan memudahkan para pengunjung yang ingin membilas badan setelah bermain air. Fasilitas MCK disini cukup memadai, sehingga kamu bisa mandi dan ganti baju dengan mudah.

4. Tempat Istirahat

Berikutnya Bugel Beach juga dilengkapi dengan fasilitas tempat istirahat dimana para pengunjung bisa duduk2 santai sambil menikmati panganan yang sudah dipersiapkan dari rumah sebagai bekal piknik. Tempat istirahatnya lumayan nyaman kok, tak hanya bersantai kadang ada juga yang sampai tertidur.

5. Warung Makan

Buat kamu yang nggak sempat menyiapkan bekal makanan ataupun minuman sebelum berangkat ke lokasi wisata jangan khawatir. Karena di area wisata terdapat warung makan yang menjajakan aneka makanan, minuman, dan juga cemilan beraneka macam kok.

6. Penginapan

Nah, di area wisata juga terdapat fasilitas penginapan yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk menikmati waktu lebih lama di tempat wisata ini. Range harga sewa penginapan di kawasan Pantai Bugel ini juga masih relatif terjangkau kok.

Baca Juga;  Liburan Keluarga Seru di Jakarta, Solusinya Ya Gelanggang Samudra Ancol

Tentang Lokasi

Mungkin sebelumnya kamu belom pernah mendengar Pantai Bugel, karena tempat wisata ini memang masih jarang dijamah oleh orang2. Mungkin kamu lebih mengenal Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti yang kepopulerannya sudah tidak usah diragukan lagi.

Namun sebagian orang merasa enggan berkunjung ke pantai karena suasananya pasti sesak dan sangat ramai apalagi saat musim liburan, seperti kedua pantai yang kami sebutkan diatas pengunjungnya selalu membludak di momen2 libur panjang.

Nah, jika kamu ingin merasakan suasana lebih private dan tenang, opsi Pantai Bugel ini sangat tepat untuk dipilih. Karena suasana di Pantai ini sangat hening dan sunyi, sehingga cocok untuk dijadikan tempat relaksasi dan beranjak sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi dari Pantai Bugel sendiri diapit oleh dua pantai yakni Pantai Glagah dan Pantai Trisik. Namun di pantai ini tidak menganjurkan para pengunjungnya untuk berenang, karena ombak disini cukup tinggi.

Daya Tarik

Daya tarik dari Pantai Bugel yang tak banyak orang tau ialah suasana disini serasa sangat private, seakan hanya kamulah satu-satunya penghuni pantai ini. Lokasinya yang sunyi inilah menjadikan wisata ini menjadi spot favorit untuk menghabiskan quality time bersama orang2 terdekat.

Selain memang suasananya yang sunyi, Pantai Bugel memang belom banyak di explore oleh orang2 karena baru dibuka secara resmi pada tahun 2017. Keindahan alami , pasir yang lembut menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Bugel.

Keunikan lain dari Bugel Beach adalah tekstur pasirnya yang sedikit kasar karena mengandung besi, dulunya tempat ini pernah menjadi lokasi penambangan besi namun sekarang sudah ditutup. Meskipun pernah menjadi tempat penambangan tapi tumbuhan yang ada disini subur dan hijau lho.