Wisata  

Pantai Carocok Padang Paling Indah di Sumbar? Benarkah?

Avatar
Pantai Carocok Padang Paling Indah di Sumbar? Benarkah?

www.daytekno.com

Lokasi: Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan – Kota Padang, Provinsi Sumatera BaratMap: Klik DisiniHTM: Rp.5.000Buka Tutup: 24 Jam

Pantai Terindah?

Bukan hanya Bali dan Pulau Lombok saja yang kaya akan destinasi wisata pantai dan taman laut yang indah, Sumatera Barat pun memiliki wisata pantai dan pemandangan bawah laut yang tidak kalah menawan.

Objek wisata yang bernama Pantai Carocok Painan tersebut bahkan banyak disandingkan dengan Pantai Sanur yang ada di Bali serta Pantai Semenanjung Kra yang ada di Malaysia.

Keindahan Pantai Carocok Painan yang lokasinya membentang di wilayah perbatasan antara Kabupaten Pesisir Selatan atau Pessel dan Kota Padang Sumbar tersebut semakin menarik minat para wisatawan karena sejumlah fasilitas melengkapi tempat wisata ini.

Salah satu diantaranya adalah dibangunnya jembatan yang menuju Pulau Batu Kareta oleh Pemkab Pesisir Selatan, sehingga pengunjung tidak harus menunggu air laut surut untuk dapat menuju ke Pulau Batu Kareta karena sudah terhubung oleh jembatan.

Daya Tarik

Pantai Carocok Painan tidak hanya menjadi tempat wisata favorit masyarakat Sumatera Barat saja, tapi juga kerap dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru tanah air, bahkan wisatawan dari mancanegara.

Daya tarik yang dipancarkan pantai ini memang terbilang kompleks, mulai dari panorama alamnya yang indah, pemandangan bawah lautnya yang menawan, serta banyaknya aktifitas yang dapat dilakukan para wisatawan lewat berbagai wahana yang tersedia.

Keindahan panorama pantai dan pemandangan bawah laut yang terdapat di perairan Pantai Carocok tidak terlepas dari letak geografis pantai ini yang berada di kawasan Mandeh.

Tepatnya di bagian teluk Carocok – Tarusan yang memiliki sekitar 70 hektar terumbu karang yang masih terawat dan 400 hektar hutan mangrove.

Pada saat menginjakkan kaki di pasir Pantai Carocok, keindahan sudah tersaji melalui pepohonan yang menari-nari di tepi pantai, air laut yang tenang, jernih dan bersih dari sampah, serta pulau-pulau kecil yang muncul dari atas permukaan laut.

Baca Juga;  25 Tempat Wisata di Cirebon Yang Instagramable

Keindahan yang tersaji akan terlihat semakin sempurna pada sore hari, yaitu ketika matahari yang akan beranjak ke peraduan menebarkan sinarnya yang kuning keemasan.

Saat itulah waktu yang paling tepat untuk menjepretkan kamera, mengabadikan keindahan alam dalam bingkai gambar.

Jelajahi kawasan Pantai Carocok dengan berjalan melalui jembatan menuju Pulau Batu Kareta. Tuntaskan perjalanan dengan naik perahu sejauh kurang lebih 200 meter menuju Pulau Cingkuak.

Di pulau ini akan dapat Anda lihat peninggalan sejarah berupa puing-puing benteng Portugis yang dibangun saat Portugis untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Pesisir Pulau Sumatera.

Di samping benteng tersebut juga dapat dilihat sebuah prasasti untuk menandai makam dari salah seorang Portugis yang bernama Madame Van Der Kampen.

Saat berada di pulau kecil yang pantainya berpasir putih dan air lautnya jernih dan tenang ini, para wisatawan dapat melakukan berbagai macam aktifitas.

Karena memang tersedia berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, seperti Flying fox, Donat Boat, Banana Boat dan JetSki.

Bagi yang menggemari olahraga diving dan snorkeling, dapat menikmati keindahan taman bawah laut, karena terumbu karang dan biota laut yang ada di kawasan perairan ini masih terjaga keasliannya dan dapat disaksikan dengan jelas karena air lautnya yang jernih.

Fasilitas yang Tersedia

Selain sejumlah wahana permainan air, beberapa fasilitas juga tersedia bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Carocok diantaranya adalah pendopo untuk tempat beristirahat, mushollah, serta lahan parkir yang luas.

Di sekitar tempat wisata ini juga banyak ditemui warung-warung yang menjual makanan dan minuman, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan persoalan perut selama dompet masih ada isinya.

Baca Juga;  10 Daftar Pilihan Bunga Terindah di Dunia Beserta Nama dan Maknanya Ini Wajib Kalian Ketahui

Bahkan Anda dapat menikmati wisata kuliner khas Painan dengan membeli menu-menu khas seperti Pepes Ikan Marang, Gulai Ikan Karang, serta beberapa jenis makanan khas lainnya yang memanjakan lidah.

Bagi yang ingin tinggal lebih lama di sekitar Pantai Carocok, tidak perlu bingung untuk mencari penginapan, karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat beberapa hotel serta losmen.

Beberapa hotel dan penginapan yang ada di kota Painan, diantaranya adalah: Langkisau Resort Hotel & Restaurant, Anak Salido Residence Syariah, Doria Homestay Pantai Carocok, Penginapan Pulau Cingkuak, Penginapan Rumah Mama, Dena Penginapan Pantai Carocok, dan Dlima Penginapan Pantai Carocok.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Carocok serta berwisata ria dengan wahana yang tersedia, Anda tidak perlu merogoh saku terlalu dalam, karena semuanya dapat ditebus dengan harga yang relatif murah.

Saat memasuki pintu gerbang, harga tiket masuk yang dikenakan hanya Rp.5.000. Selanjutnya jika perjalanan dilanjutkan menuju ke Pulau Cingkuak, dikenakan tarif sebesar Rp.10.000 ditambah ongkos perahu tempel untuk pulang pergi sebesar Rp.20.000.

Sedang untuk bersenang-senang dengan berbagai wahana yang ada, masing-masing permainan dikenakan tarif yang berbeda-beda: Banana Boat sebesar Rp.25.000 perorang, Donat Boat sebesar Rp.30.000 perorang, Jetski sebesar Rp.100.000 perorang, sedang Flying fox sebesar Rp.150.000.

Jika ingin menikmati pemandangan bawah laut, pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling dengan tarif hanya Rp.50.000.

Dengan biaya sewa yang murah tersebut, Anda tidak hanya bebas memanfaatkan peralatan snorkeling, tapi juga dipandu oleh pemiliknya, bahkan orang tersebut akan dengan senang hati membantu mengambil foto Anda pada saat melakukan aktifitas snorkeling.

Rute Menuju Lokasi

Bagi wisatawan dari luar propinsi yang ingin menuju ke Pantai Carocok yang terletak di sebelah Barat Kota Painan dengan jarak sekitar 2 km ini dapat menggunakan pesawat menuju Sumatera Barat.

Baca Juga;  10 Tempat Makan di Hotel Mulia Senayan Jakarta dan Adakah Restoran Italia Atau Jepang?

Begitu sampai di Bandara Internasional Minangkabau yang berada di Kabupaten Padang Pariaman, wisatawan dapat memilih beberapa opsi transportasi untuk menuju ke lokasi Pantai Carocok.

Opsi pertama adalah dengan menggunakan taksi argo yang langsung menuju ke lokasi dengan ongkos sekitar Rp.250.000 – Rp.300.000 untuk perjalanan sejauh 77 km yang ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Opsi kedua dengan menyewa kendaraan wisata yang akan mengantar Anda berkeliling selama satu hari penuh di beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Barat, salah satunya ke Pantai Carocok. Biaya sewa kendaraan sebesar Rp.300.000 sudah termasuk sopir, tapi tidak termasuk bahan bakar.

Untuk bahan bakar menghabiskan uang sekitar Rp.130.000 . Opsi kedua ini cocok untuk mereka yang datang bersama rombongan dan ingin menikmati beberapa tempat wisata.

Opsi ketiga sangat cocok untuk para backpacker, yaitu dengan memanfaatkan Bus Damri atau angkutan umum antar kota berupa mini bus yang menuju ke Pasar Raya Padang dengan ongkos Rp.25.000.

Setelah sampai di Pasar Raya, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan travel menuju Pantai Carocok dengan ongkos sekitar Rp.25.000 – Rp.30.000.

Tentu saja perjalanan menggunakan angkutan travel ini tidak sendiri, tapi bersama dengan wisatawan yang lain. Karena itu terkadang harus menunggu penumpang lain cukup lama, karena kendaraan tidak mau berangkat jika jumlah penumpang terlalu sedikit.

Alternatif terakhir adalah dengan menggunakan jalur laut, yaitu menyewa kapal cepat melewati Pelabuhan Teluk Bayur.

Untuk jalur laut ini, pada awal tahun 2022 yang lalu pemerintah juga telah menyediakan sarana transportasi terbaru yaitu Kapal Wisata Bintang Mandeh.

Yang menempuh jalur dari Pelabuhan Muaro Padang, menyusuri pulau-pulau serta wisata mangrove sampai dengan Pantai Carocok Painan. Biaya yang dikenakan kepada penumpang Kapal Wisata ini sebesar Rp.300.000 – Rp.350.000.