Wisata  

Pantai Glagah, Destinasi Wisata Pantai Favorit di Kulon Progo

Avatar
Pantai Glagah, Destinasi Wisata Pantai Favorit di Kulon Progo

www.daytekno.com – Pantai Glagah salah satu objek wisata pantai menawan di Kulon Progo, Jogja. Wisata bahari yang menawarkan beragam kegiatan menarik, seperti perahu kayu, kano dan berkeliling perairan pantai dengan sampan kecil.

Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta memang selalu punya hal untuk dibanggakan. Salah satunya adalah objek wisata alam yang memukau, sebut saja Pantai Glagah, wisata bahari yang satu ini menyajikan pesona eksotis yang layak untuk dijelajahi saat liburan. Selain itu, masih ada banyak sekali keistimewaan yang dimiliki pantai cantik ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Glagah

Suguhan pertama yang akan Anda dapatkan saat mengunjungi Pantai Glagah adalah dermaga tetrapod yang berjejeran di sisi barat. Dermaga tetrapod yang berjajar ini merupakan ikon utama pantai ini. Fungsinya adalah untuk memecah besarnya ombak pantai selatan agar terhindar dari abrasi atau pengikisan bibir pantai.

Dermaga tetrapod menjadi lokasi paling favorit bagi pemilik hobi memancing. Pasalnya, di dermaga tersebut, pengunjung bisa memancing aneka jenis ikan dengan mudah. Untuk bisa ke dermaga, para pengunjung bisa melewati jalan setapak yang ada di antara jajaran tetrapod. Menjelang sore hari, kawasan ini akan dipadati pengunjung.

Selain keberadaan dermaga tetrapod, hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di Pantai Glagah Kulon Progo ini adalah laguna pantai. Laguna atau lagoon merupakan sebuah cekungan berisi air asin yang keberadaannya terpisah dari laut. Cekungan ini terbentuk secara alami dengan sekatan pasir dan batu karang di sekelilingnya.

Laguna di pantai terisi oleh air pantai yang tenang dan tidak memiliki ombak. Para wisatawan biasanya memanfaatkan laguna ini untuk bermain air dan pasir bersama keluarga. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru seperti menyewa kayuh, sampan, atau kano untuk mengelilingi luas laguna di pantai ini.

Tak jarang dari wisatawan yang berburu berbagai biota laut mulai dari kerang, terumbu karang, dan kepiting di laguna tersebut. Airnya yang tenang dan jauh dari terpaan ombak menjadikan lagoon Glagah ini sebagai area aman untuk anak anak yang bermain air. Anda dapat mengelilingi laguna ini dengan kano atau sampan yang disediakan pihak pengelola.

Tak hanya wisata alam bahari yang bisa Anda nikmati, di pantai cantik Kulon Progo, terdapat sebuah situs bersejarah yang dinamakan sebagai Stupa Cagar Budaya. Stupa Glagah ini ialah peninggalan Kerajaan Cangak Mengeng, Kadipaten Sios. Menurut penduduk setempat, cagar budaya ini sudah ada sejak abad ke-6 Masehi.

Masyarakat sekitar juga percaya jika stupa yang ada di Pantai Glagah merupakan tempat bertapa anak sang Bupati yang bernama Nyi Sekar Kenanga. Di sisi lainnya, terdapat pula peninggalan bersejarah berupa batu yang diduga sebuah gon berbentuk Lingga dan Yoni. Lingga dan Yoni sendiri merupakan sebuah simbol kesuburan wanita dan pria.

Baca Juga;  Svargabumi Borobudur, Spot Foto Kekinian Berlatar Candi Borobudur di Magelang

Sembari menikmati indahnya pantai, Anda bisa menelusuri peninggalan bersejarah yang ada di sekitar lokasi. Jadi, Anda bisa belajar sejarah sembari berlibur di kawasan pantai ini. Menyusuri wisata bersejarah di area pantai sambil diiringi dengan panorama matahari tenggelam akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Apalagi, wisata pantai hits di Kulon Progo ini diklaim sebagai tempat terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan matahari tenggelam. Di sepanjang horison pantai, Anda dapat melihat pemandangan senja yang mempesona. Saking indahnya, banyak pencinta fotografi yang rela jauh jauh datang untuk mengabadikan senja di Pantai Glagah ini.

Daya tarik pantai ini tidak berhenti di situ saja, di lokasi tersebut Anda juga dapat berkunjung ke kebun buah naga Agrowisata Kusumo Wanadir. Lahan yang mulanya ditumbuhi semak belukar ini disulap menjadi kebun buah naga yang elok. Di sana, Anda dapat belajar banyak tentang buah naga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Glagah

Pantai cantik ini terletak di Desa Glagah, Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. Pantai ini berjarak kurang lebih 43 km dari pusat Kota Jogja. Sementara dari pusat kabupaten kulon Progo, pantai ini berjarak sekitar 15 km. Sebagai informasi, Kulon Progo adalah sebuah kabupaten yang merupakan perbatasan antara Jogja-Purworejo.

Untuk yang tertarik mengunjungi Pantai Glagah, dapat memilih dua alternatif atau rute yang sama sama mudah untuk dilalui. Anda hanya butuh waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam untuk bisa tiba di wisata bahari yang elok ini. Adapun rute pertama yakni dari Kota Yogyakarta. Anda dapat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi hingga menuju Kota Bantul.

Setibanya di Bantul, lanjutkan perjalanan menuju Srandakan hingga tiba di sebuah jembatan. Di sana, Anda akan menemukan lampu merah yang akan menjadi indikasi rute menuju ke arah Pantai Glagah. Jalur ini sangat cocok jika ditempuh bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi.

Jalur yang kedua yakni melalui Jalan Wates-Purworejo. Jika Anda sudah sampai di Kota Purworejo, maka Anda akan melihat papan penunjuk jalan yang mengarahkan ke lokasi wisata pantai. Rute tersebut bisa Anda pilih karena keduanya sama sama mudah diakses. Perjalanan yang Anda butuhkan mungkin akan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah Kulon Progo

Untuk bisa masuk ke Pantai Glagah, Anda hanya perlu membayar tarif retribusi sebesar Rp 4 ribuan saja per orang. Pemberlakuan tiket ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat dan pihak pengelola terhadap kelestarian pantai yang masih terbilang perawan ini. Dana dari pengunjung nantinya akan digunakan untuk perbaikan wilayah pantai.

Baca Juga;  10 Oleh-Oleh Khas Kuningan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Untuk tarif parkir kendaraan, Anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 3 ribu per unit sepeda motor. Sementara untuk mobil dan kendaraan roda empat lainnya, akan ditarik sebesar Rp 10 ribu per unit. Perlu Anda ingat, tarif parkir ini akan berubah ubah tergantung dengan kondisi jumlah wisatawan yang datang ke Pantai Glagah.

Wisatawan dapat menikmati serunya bermain perahu dan kano dengan tarif sewa yang cukup murah. Untuk perahu, Anda cukup keluarkan kocek sebesar Rp 5 ribuan saja untuk sekali jalan. Sedangkan tarif sewa kano dibanderol dengan harga sebesar Rp 20 ribu per jam. Jika ingin mencoba berlayar dengan perahu nelayan, biasanya akan diminta tarif sebesar Rp 5 ribuan saja.

Teruntuk Anda yang ingin bermalam di sekitar lokasi pantai, dapat bermalam di hotel atau penginapan yang ada di wilayah tersebut. Tarif yang ditawarkan pun cukup beragam. Mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu per malamnya. Umumnya, tarif hotel tersebut dibanderol berdasarkan kelengkapan fasilitas yang ada di dalamnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Glagah

1. Mengelilingi Laguna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Glagah Kulon Progo mempunyai lagoona yang menakjubkan dan layak untuk dinikmati keindahannya. Para wisatawan dapat menyewa sampan, perahu, atau kano untuk mengelilingi luas laguna. Mengelilingi laguna bersama orang terkasih akan memberi pengalaman yang terlupakan.

Apalagi saat suasana senja turut menghias pemandangan laguna yang sangat eksotis. Dijamin liburan Anda makin berkesan. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen di pantai ini sebagai bentuk kenang kenangan kunjungan. Bawa serta kamera Anda agar hasil potretan lebih menakjubkan.

2. Mengelilingi Dermaga

Perlu Anda ketahui, dermaga tetrapod yang berada di Pantai Glagah berukuran cukup luas dan panjang. Tak sedikit wisatawan yang merasa lelah saat berjalan kaki menyusuri dermaga. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan motorcross atau ATV yang tersedia di sekitar lokasi.

Pada dasarnya, mengendarai ATV dibutuhkan keberanian yang cukup tinggi. Dengan demikian, tidak semua orang bisa mengendarainya. Meski demikian, Anda tetap bisa menyusuri dan mengelilingi dermaga dengan sepeda. Pihak pengelola juga turut menyediakan fasilitas sewa sepeda yang bisa digunakan untuk mengelilingi dermaga.

3. Berkunjung ke Kebun Buah

Saat berlibur ke pantai ini, Anda juga bisa mengunjungi kebun buah naga yang bernama Kusuma Wandri. Di kebun buah ini, ada beberapa jenis yang bisa Anda temukan. Mulai dari melon, semangka, hingga buah naga bisa Anda petik di kebun tersebut. Buah yang sedang panen bahkan dapat dijadikan buah tangan saat Anda pulang.

Baca Juga;  10 Gambar Atlantic Dreamland Cirikas Salatiga, Harga Tiket Masuk, Losaki Alamat, Fasilitas + Jam Buka

Teruntuk Anda yang ingin berkunjung ke wisata pantai ini dan membawa buah di daerah tersebut, sebaiknya pilihlah pada saat musim panen. Saat musim panen, Anda berkesempatan untuk mencicipi beberapa jenis buah secara cuma cuma. Jadi, sembari menikmati indahnya pantai Anda bisa mencicipi buah segar yang dijamin memuaskan dahaga.

4. Berburu Foto

Kegiatan yang satu ini menjadi hal yang tak boleh dilewatkan saat berada di Pantai Glagah Kulon Progo. Di setiap titik pantai ini menawarkan pesona yang wajib untuk diabadikan dengan kamera yang Anda bawa. Anda juga bisa berswafoto dengan latar belakang dermaga, gardu pandang, laguna, agar hasilnya lebih menarik.

5. Wisata Kuliner

Puas menikmati setiap sudut keindahan yang tersaji di pantai ini, kini saatnya mengisi perut yang mulai keroncongan dengan mencicipi lezatnya kuliner di sekitar lokasi. Beberapa gerai yang ada di sekitar pantai cantik ini menjajakan menu olahan hasil laut yang dijamin menggoyang lidah. Harga yang terjangkau juga semakin meriahkan momen bersantap.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Glagah Kulon Progo

Meski tergolong sebagai tempat wisata yang cukup murah, Pantai Glagah memiliki sejumlah fasilitas yang dijamin memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya. Bahkan, bisa dikatakan pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang bisa digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya penggunaannya.

Adapun beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan meliputi area parkir yang sangat luas, toilet atau kamar mandi bersih, warung makan, mushola, tempat beristirahat, persewaan sampan, kano, ATV, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas tersebut diberikan oleh pihak pengelola sebagai tanda bahwa kenyamanan pengunjung akan terjamin di tempat ini.

Bagi Anda yang datang dari luar kota dan ingin berada di Pantai Glagah lebih lama, maka bisa menginap di beberapa hotel dan villa di sekitar area pantai. Soal harga, tak perlu risau. Beberapa penginapan di sekitar area pantai merupakan milik penduduk setempat. Jadi, Anda tak perlu membayar mahal untuk bisa bermalam di hotel atau penginapan tersebut.

Penginapan yang tersedia di sekitaran lokasi pantai umumnya memiliki kelebihan dan keunikannya tersendiri. Mulai dari fasilitas, bentuk penginapan, hingga pelayanannya. Anda hanya perlu mencari penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki beserta keinginan masing masing.

Selagi menapakkan kaki di Yogyakarta, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk mengunjungi Pantai Glagah di Kulon Progo. Bukan semata pantai, wisata alam ini juga memiliki tempat bersejarah, perkebunan, dan laguna yang layak untuk dieksplorasi. Saat berada di Pantai Glagah, Anda dapat memperkaya wawasan sejarah dan mengenal jenis buah secara bersamaan.